Kamis, 06 September 2007

Berapa sih harga bangun rumah ?

Biaya Pembangunan Rumah


Assalamu alaikum

Setelah membaca beberapa artikel di rubrik ini, saya tertarik untuk menanyakan langsung ke bapak mengenai rencana pembangunan rumah.

Saat ini saya memiliki lahan seluas 135 m2. Jika ingin membangun rumah 2 lantai, berapakah kira-kira dana yang harus saya siapkan?

Apakah Bapak menyediakan jasa pembangunan rumah (mulai dari desain sampai rumah selesai)? Bagaimana caranya menggunakan jasa Bapak?

Terima kasih. Wassalamu alaikum wr. wb.

Yanti
Jawaban


Biaya membangun rumah hari ini bisa berkisar antara 1,5 juta hingga 2,5 juta rupiah per meter persegi bangunan. Nah, tinggal dikalikan dengan luas bangunannya saja. Kenapa angkanya naik turun?

Ia lebih dikarenakan bahan bangunan yang akan dipakai sangat menentukan harga rumah tersebut. Jika lantainya marmer akan sangat mahal sekali. Atau bahkan jika lantainya hanya di aci halus tanpa keramik (toh bisa bagus juga, karena di aci halus lalu di-finishing dengan cat semprot) hasilnya akan sangat murah sekali.

Jika atapya genteng keramik berglazur juga akan mahal sekali. Lantas sebaliknya, jika menggunakan asbes akan menjadi murah sekali.

Jangan khawatir jadinya jelek. Karena salah satu tugas arsitek adalah membuat rumah dengan bahan bangunan murah dapat tampil tidak murahan.

Jika dana terbatas, rumah dapat dibangun secara bertahap. Rumah tumbuh. Namun disainnya sudah selesai semua, hanya membangunnya tergantung prioritas dan need-nya. Di situ pula letak peranan arsitek. Mengatur penggunaan dana owner se-efektif mungkin.


Akhirul kalam,semoga bermanfaat.

Wassalaamu'alaikum wr wb

Ir. Andan Nadriasta




Jasa Online Desain dan Pemborong Rumah 021-73888872

Tidak ada komentar:

Posting Komentar