Kamis, 20 September 2007

Pesona Lantai Parket

Pesona Lantai Parket

Jakarta, Kompas


Kirim Teman | Print Artikel

SETELAH marmer dan keramik, kini para pemilik rumah mengincar parket sebagai finish lantainya. Apa kelebihan lantai parket dari lantai-lantai lainnya?Tentu saja keindahannya yang disertai kenyamanannya. Keindahannya adalah keindahan kayu, yaitu warna dan serat- serat alami yang terbentuk sepanjang masa tumbuh pohonnya.

Dan kenyamanan kayu, yaitu kemampuan kayu menyerap panas dan meredam pantulan suara. Anda bisa langsung berbaring semalaman dengan nyaman di atas lantai parket tanpa alas apa pun juga. Hal yang kurang menyenangkan apabila dilakukan pada lantai jenis lain.

Lantai parket sejak lama dan di mana pun di dunia ini, bisa dikatakan lantai paling diminati dan paling menawan yang pernah ada. Meskipun sebenarnya dalam istilah bahan bangunan tidak ada apa yang disebut bahan bangunan terpopuler atau paling indah. Karena semua bahan finish merupakan khazanah (repertoire) yang bisa dipergunakan menurut kebutuhan desain masing-masing ruang.

Lantai parket merupakan lantai khusus yang juga membawa beberapa keterbatasannya sehingga kalau di rumah tinggal hanya cocok digunakan di ruang tidur, makan, ruang keluarga, ruang duduk mungkin juga dapur. Untuk ruang luar atau daerah basah, Anda harus memakai lantai kayu utuh nonparket.

Saat ini lantai parket untuk rumah tinggal yang ada di pasaran tersedia dalam dua jenis, yakni pertama, jenis konvensional yang dibuat dari kayu keras lantak/solid berbentuk keping-keping berukuran kecil dan berukuran sedang dari kayu lantak dengan ketebalan antara 0,5-1 cm.

Kemudian keping-keping tersebut disusun membentuk semacam mosaik yang didesain dalam beberapa pilihan pola. Umumnya lantai parket jenis ini dibuat dari kayu jati. Namun beberapa jenis kayu keras lainnya dalam beberapa warna yang lebih terang tengah dalam eksplorasi untuk digunakan.

Kedua, jenis lainnya adalah lantai parket yang terbuat dari kayu lapis keras atau particle board yang dilapisi oleh veneer (lapisan tipis dari kayu asli yang dipilih penampilan permukaannya). Jenis ini diciptakan untuk kemudahan dan kecepatan pemasangan.

Bagi pencinta kayu sejati tentu akan memilih jenis parket pertama. Untuk yang mencintai keindahan namun bersikap praktis tentu akan memilih jenis veneer.

Keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing- masing yang bisa dijadikan acuan dalam menentukan pilihan pemakaiannya.

Lantai parket solid tentu mempunyai sifat alamiah yang lebih kuat. Akan bertambah pesonanya seiring dengan tambahnya usia. Akan tetapi, kekurangannya adalah pemasangannya yang memerlukan tenaga ahli dan peralatan khusus, sehingga memerlukan biaya yang lebih tinggi. Dan jenis maupun warna pilihannya saat ini masih terbatas, kecuali kalau Anda bersedia susah payah mencarinya di pasaran luar negeri.

Jenis kayu solid akan bertahan dan bahkan bertambah baik penampilannya sepanjang umur bangunan rumah tinggal Anda.

Adapun jenis lantai parket veneer terbuat dari lapisan tipis kayu asli penampilan yang ditempelkan di atas kayu lapis (multipleks) keras atau particleboard. Hasilnya adalah keping-keping kayu yang sama indahnya namun tersedia dalam harga yang relatif lebih murah. Dan lebih lagi, pilihan jenis kayu, warna, tekstur, dan pola serat kayu, tersedia dalam yang amat luas.

Karena tersedia dalam keadaan selesai di-finish, jenis ini amat mudah dipasang maupun dilepas kembali. Jadi tak heran di luar rumah tinggal, parket jenis ini amat populer bagi ruang-ruang komersial yang membutuhkan pergantian desain secara periodik.

Pemeliharaan

Tidak seperti yang dikhawatirkan oleh banyak orang, lantai kayu amat mudah dirawat dan dibersihkan. Berkat finish pelindung yang kuat, pembersihan dan perawatan lantai parket sama mudahnya dengan lantai keramik. Kalaupun tergores misalnya, lantai kayu amat mudah diperbaiki. Kalau goresannya ringan, perbaikannya hanya dengan pengamplasan dan memfinish ulang hanya di bagian yang rusak saja. Kalau goresannya terlalu dalam atau terkena noda yang sulit dihilangkan, keping yang cacat itu dengan mudah dapat diganti.

Para calon pengguna pertama lantai parket umumnya mengkhawatirkan juga soal ketahanan terhadap serangan rayap. Bisa dijelaskan di sini bahwa rayap menyerang kayu dengan cara perlahan-lahan dan dalam jangka waktu yang lama. Karena itu, bagian bangunan dari kayu yang diserang rayap sampai rusak umumnya adalah daerah tersembunyi seperti rangka atap yang tertutup oleh plafon. Sementara lantai parket, karena terpapar luas di bawah, hampir selalu terlihat di semua bagian. Apabila terjadi juga serangan rayap pada tahap awal, dengan mudah dapat diatasi. Selain itu, tentu saja pada proses produksinya, lantai parket baik dari jenis lantak maupun dari jenis veneer telah dibubuhi bahan-bahan antirayap.

Walaupun bahan baku lantai parket relatif murah, namun karena proses pembuatannya dan finish-nya memerlukan biaya tinggi, lantai parket termasuk lantai yang cukup mahal. Rentangan harganya, dari yang paling murah sampai yang paling mahal, kira-kira sebanding dengan harga marmer produk dalam negeri.

Bagi yang mempunyai anggaran terbatas, yang mengidamkan lantai parket, bisa mulai dengan ruang tertentu saja dari rumah tinggalnya, seperti kamar tidur atau ruang lainnya yang paling sering Anda tempati bersama keluarga Anda, sehingga biaya yang diperlukan bisa terjangkau dan bisa dinikmati secara maksimal.

Di luar rumah tinggal lantai parket banyak digunakan bagi ruangan-ruangan besar. Karena sifat-sifat khususnya terutama sifat akustiknya yang amat baik, parket digunakan untuk ruang publik yang pada umumnya, karena luas dan diisi oleh banyak orang, amat memerlukan tingkat akustik yang baik.

Umumnya ruang-ruang tersebut adalah ruang yang ada kaitannya dengan kegiatan budaya, seperti panggung teater atau konser; ruang display museum dan bahkan ruang studio rekaman musik. Oleh karena itu, keindahan, kenyamanan, dan mahalnya lantai parket, apabila di pasang di rumah tinggal biasa, bisa memberi tambahan nilai prestisius tersendiri.

Saptono Istiawan Arsitek, tinggal di Jakarta

Jasa Online Desain dan Pemborong Rumah 021-73888872

Desain Rumah Minimalis Design Interior Eksterior Jasa Renovasi Bangunan Arsitektur Moderen Gambar 3D Animasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar