Rabu, 19 September 2007

Ruang Tidur Cermin Diri Anda

Ruang Tidur Cermin Diri

Untuk apa menata ruang tidur kalau tempat ini hanya menjadi tempat istirahat dan merebahkan tubuh? Pertanyaan ini kerap mengemuka dari orang yang memandang ruang tidur hanya untuk tidur, tidak ada fungsi lain.

Pandangan tersebut tidak sepenuhnya keliru karena pada pokoknya ruang tidur memang untuk tidur. Sepanjang ruang itu menjamin terjaganya wilayah pribadi, hal itu cukup.

Akan tetapi, bagi warga beradab, yang mempunyai selera bagus dan ditopang kemampuan finansial, ruang tidur menjadi mahkota ruang, tempat paling nyaman, dan paling luks. Segala kreasi dikerahkan untuk membuat ruang itu aman, sehat, dan sangat nyaman.

Para pekerja keras yang berduit kerap berpendapat bahwa mereka layak menempati ruang tidur bagus. Mereka letih bekerja, lelah mengarungi lalu lintas macet di Jakarta, pantaslah kalau beristirahat di ruang yang sepenuhnya memberi suasana rileks. Di ruang itu, orang yang letih dapat meraih kembali segala energi, spirit, dan kreativitasnya untuk bekerja keras lagi pada keesokan hari.

Kesadaran akan pemahaman ini sudah ada sejak berabad- abad lalu. Datanglah, misalnya, ke rumah-rumah tua di sejumlah negara Eropa yang dibangun pada abad ke-14 hingga abad ke-19. Ruang tidurnya pasti besar, aksesorinya keren, dan perabotnya terbuat dari kayu oak. Sirkulasi udara bagus karena plafonnya mencapai lima sampai tujuh meter. Banyak pula lubang angin dan jendela. Inilah yang akan menunjang kesehatan dan keceriaan pemilik kamar.

Pada zaman sekarang, ketika udara terasa lebih panas, warga dunia justru membuat ruang tidur dengan plafon hanya 3,5 meter sampai 4 meter. Orang kini mengandalkan AC dan jendela yang bisa dibuka. Namun, ruang tidur ditata dengan sofistikasi tinggi. Warga yang kaya raya bisa meminta ahli desain interior menata rumahnya sedemikian rupa agar nyaman ditempati. Bayaran untuk desainer interior kelas satu (lokal) bisa mencapai minimal Rp 150 juta.

Lalu, apa saja yang dikerjakan desainer interior kamar tidur ini? Ia mendesain letak pintu masuk, daun jendela, dan kamar mandi. Pintu masuk dari bahan apa, menggunakan kaca atau tidak, pintu solid atau tidak, digariskan oleh desain interior tersebut. Demikian halnya dengan jendela: menggunakan kaca atau tidak, gorden atau kawat kasa atau tidak, ditentukan oleh desainer interior.

Ahli penata ruang ini juga menentukan interior dan peralatan kamar mandi agar keren. Ia menata letak kasur, menentukan dari bahan apa kasur itu, dipannya: kayu jati atau bangkerai. Warna apa kasurnya, bercorak apa seprai dan bantalnya. Ahli penata ruang ini juga menggariskan warna dinding, aksesori, televisi, perangkat musik, dan kursi meja sebaiknya diletakkan di mana. Pokoknya, ia dibayar mahal untuk mengerjakan ruang istirahat itu sebagus mungkin.

Seorang manajer sebuah perusahaan penambangan minyak menyatakan, ia bisa menghabiskan anggaran sebesar Rp 800 juta untuk penataan dan perangkat ruang tidurnya. Ini menjadi mahal karena ia menggunakan semua perabot kelas satu.

Sederhana

Warga yang uangnya pas-pasan tidak perlu terusik oleh gaya hidup orang-orang kaya seperti ini. Anda ingin yang sederhana dan tidak mengetuk anggaran besar juga oke. Tak perlu pakai bahan serba mahal dan mewah. Cukup dengan perabot sederhana, kokoh, dan menjamin terjaganya semua wilayah pribadi.

Sekalipun menempuh jalan sederhana, perhatikan juga hal-hal yang tidak boleh ditawar-tawar, misalnya Anda tidak dibolehkan acak-acakan. Kasur jangan sampai terburai isinya. Bantal, sarung bantal, dan seprai jangan sampai bulukan.

Dinding jangan biarkan berlumut. Genteng jangan bocor. Pintu, jendela, meja, kursi, dan plafon tidak boleh dibiarkan dimakan rayap. Lemari kayu yang sudah pupus warnanya dipelitur. Harga pelitur toh murah meriah. Kalau dibeli, kiranya tidak sampai mengganggu stabilitas moneter rumah tangga Anda. Kesimpulannya, semuanya harus rapi, termasuk lantainya, mesti bebas dari sampah, debu, dan pasir.

Ini perlu digarisbawahi karena orang kerap menyepelekan ruang tidur. Seprai dan sarung bantal tidak dicuci sebulan juga tidak apa-apa. Ruang tidur kerap didatangi kecoak dan tikus juga tak soal. Padahal, ruang tidur selalu menjadi cermin diri. Ruang tidur kumal dan pengap menjadi refleksi dari pemilik kamar. (Abun Sanda)


Jasa Online Desain dan Pemborong Rumah 021-73888872

Desain Rumah Minimalis Design Interior Eksterior Jasa Renovasi Bangunan Arsitektur Moderen Gambar 3D Animasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar