Sabtu, 22 September 2007

Rumah Modern Minimalis

Rumah Modern Minimalis



Walau banyak menggunakan bahan artifisial, rumah modern minimalis tetap dekat alam dengan membiarkan lingkungan sekitarnya tetap hijau. Rumah modern ternyata tak harus kehilangan nuansa ramah lingkungan. Konsep tak melawan lingkungan itu begitu kental terlihat dengan tebaran pohon besar yang dibiarkan tumbuh di sekeliling rumah. Ada pohon kelapa, palem, hingga pete. Rumah yang terletak di kawasan jalan Golf Barat, Bandung, ini awalnya adalah rumah tua yang lantas disulap menjadi bergaya modern minimalis.

''Wilayah Arcamanik Bandung ini kan masih banyak tanaman, jadi pas kita bangun rumah pohon-pohon itu tetap dibiarkan,'' kata sang pemilik rumah, Chairil Sani. Rumah tersebut dibangun di atas lahan seluas 700 meter persegi. ''Namun, yang kita isi bangun hanya 200 meter persegi,'' sambung suami dari Dewi Yunianita ini. Sisa lahan tetap dibiarkan ditumbuhi berbagai pohon besar. ''Agar nuansa alam tetap bisa mewarnai rumah kami,'' imbuh Chairil.

Hanya saja nuansa alami yang biasanya dilakukan dengan pemilihan kayu sebagai dominasi tampilan rumah tak diikuti sama sekali oleh Chairil. Seluruh penampakkan rumahnya justru sangat mengedepankan unsur modern, seperti beton, alumunium dan kaca. Sikapnya mendukung kelestarian alam justru dilakukannya dengan tak memilih kayu sebagai material rumahnya.

''Berapa hektar hutan harus ditebang hanya untuk membangun rumah ini kalau pakai kayu,'' Chairil berkelakar. Untuk bahan pintunya, ia menggunakan kaca. Sehingga, tetap dapat melihat pemandangan di luar rumah dari ruang makan.

Rumah multifungsi
Rumah berluas bangunan mencapai 400 meter persegi ini terdiri dari dua lantai. Selain sebagai tempat tinggal, Chairil mengungkapkan, suatu saat ia juga menginginkan rumahnya tersebut juga bisa digunakan sebagai kantor. ''Dengan begitu saya bisa menjalankan bisnis di rumah,'' ujarnya.

Pembangunan rumah tersebut hampir memakan waktu selama satu tahun. Rumah tersebut memiliki dua muka. Satu sisi menghadap ke Selatan dan satu sisi menghadap ke arah Timur. ''Banyak orang yang bilang, rumah saya ini mirip hotel atau kafe,'' ujar pengusaha di bidang telekomunikasi ini. Untuk membangun rumah tersebut, kata Chairil, komponen yang paling banyak dihabiskan adalah beton dan alumunium. Dana yang dihabiskannya untuk proses pembangunan rumah tersebut hingga selesai mencapai Rp 700 juta.

Ruangan dalam rumah tersebut dibangun tanpa sekat. Sehingga, rumah itu dibiarkan terbuka. Di lantai pertama terdapat ruang utama, ruang tamu, ruang keluarga, ruang pembantu, ruang makan dan dapur. Sedangkan, di lantai dua terdiri dari tiga kamar tidur dan ruang keluarga.

Ruang keluarga di lanatai dua merupakan tempat favorit Chairil dan keluarganya. Di ruang tersebut, ia mengaku bisa menikmati panorama Gunung Manglayang yang terletak di sebelah utara Arcamanik. Cahaya dan sirkulasi udara masuk dari berbagai penjuru rumah. ''Rumah saya tak menggunakan Air Conditioner, apalagi udara di sekitar rumah masih terbilang sangat segar,'' kata ayah tigak anak ini. Namun, bila perlu pakai AC hanya tinggal ditutup saja jendelanya.

Model rumah didapatkan Chairul dari berbagai bentuk rumah yang pernah dilihatnya. ''Tapi, saya lebih mengutamakan rumah dengan model multifungsi,'' ujarnya. Seperti, ruang kamar yang bisa juga disulap sebagai kantor atau ruang kerja.

Kaligrafi
Warna-warna cerah dipilih Chairil untuk membalut rumah tersebut agar tampak lebih segar. Mebeler yang mengisi rumah pun dipesan khusus agar sesuai dengan bentuk dan ruangan yang ada, yaitu modern minimalis. Istimewanya, di bagian depan rumah Chairil memasang gravir kaligrafi bertuliskan Allah dan Muhammad. ''Itu saya sengaja. Saya takut rumah saya dibilang gereja,'' katanya. Di dalam rumah juga terdapat sebuah taman. ''Supaya kesan alami tetap ada walau di dalam rumah beton,'' ujar Chairil.

Ia menyebutkan, pagar yang mengelilingi rumah berasal dari bahan besi lama. ''Habis, kalau beli pagar baru bisa menghabiskan uang Rp 45 juta,'' katanya. Dengan daur ulang dan mendesain besi yang lama, pagar rumah hanya menghabiskan dana Rp 4,5 juta.

Jasa Online Desain dan Pemborong Rumah 021-73888872

Desain Rumah Minimalis Design Interior Eksterior Jasa Renovasi Bangunan Arsitektur Moderen Gambar 3D Animasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar