Kamis, 20 September 2007

Kehangatan Lantai Kayu

Kehangatan Lantai Kayu



Tak hanya sebagai pendukung estetika bergaya alam, tapi lantai parket memiliki kemampuan untuk menghangatkan rumah Anda. Lantai merupakan bagian yang tak terpisahkan dari sebuah rumah. Bagian ini ikut juga menentukan nyaman tidaknya rumah yang Anda tempati. Satu dari sekian banyak jenis lantai yang bisa dipilih adalah lantai kayu atau parket. Jenis lantai ini banyak dipilih untuk mendukung gaya rumah yang berorientasi pada alam atau tampak natural.

Beragam lantai parket mulai buatan lokal sampai impor pun ditawarkan. Setiap merek menjanjikan kelebihan. Biasanya, setiap produk menawarkan kenyamanan dan keindahan tekstur dan warna kayu. Ada pula yang menjanjikan lantai kayu tersebut mampu menyerap panas dan meredam suara. Serat kayu dan aneka warna yang disajikan menjadi salah satu keunggulan yang ditawarkan setiap produk. Banyak pula yang menawarkan lantai parket lewat kemampuannya menghangatkan ruangan. Dengan menggunakan lantai kayu si pemilik rumah bisa dengan nyaman berbaring di atasnya.

Tak bisa di tempat lembab
Menurut arsitek Adi Purnomo, sebenarnya fungsi lantai parket hampir sama dengan lantai umum lainnya. Namun, lantai parket memiliki spesifikasi berbeda, yaitu hanya bisa dipakai di tempat atau ruang tertentu saja. ''Lantai parket tak bisa dipasang pada tempat yang lembab,'' terangnya.

Ia memaparkan, bila dipasang pada tempat yang lembab bisa merusak kayu dan mengeluarkan bau. Tapi, tetap ada cara untuk menyiasatinya dengan treatment sebelum melakukan finishing saat memasang lantai kayu tersebut. Salah satunya dengan menggunakan stereoform. Tak heran bila banyak yang menggunakan lantai kayu di lantai atas saja.

Kelebihan lantai parket pada umumnya adalah mampu menyerap panas sehingga bisa mengurangi rasa dingin dalam ruang. Dengan memakai lantai kayu Anda bisa bertelanjang kaki saat berada di rumah. ''Penggunaan lantai parket ini memang sangat lebih cocok bila digunakan di ruma-rumah yang masih berhawa dingin,'' ujar Adi.

Sementara sebagian kalangan sangat menggandrungi lantai parket, ada anggapan yang menyebutkan jenis lantai ini terbilang kurang multi guna. ''Sebab lantai seperti ini hanya bisa digunakan pada tempat-tempat tertentu saja,'' kata Adi. Ruang yang paling cocok dipasangi lantai kayu adalah kamar tidur. ''Sebab lantai jenis ini tak terlalu tahan terhadap goresan dan terlalu sensitif. Sedangkan, aktivitas di kamar tidur tak terlalu tinggi dan bukan ruang publik,'' sambungnya.

Meski begitu ada pula yang memakai lantai kayu di ruang makan, ruang keluarga, ruang duduk hingga dapur. Sehingga, kata Adi, lantai ini tak bisa digunakan pada ruang publik. Namun, sebagian penata interior menyarankan agar di ruangan yang memungkinkan terjadinya aktivitas yang tinggi dan dipakai oleh orang banyak lebih baik menggunakan lantai keras.

Perawatan
Ada pula yang menolak menggunakan lantai parket karena alasan peduli lingkungan. Adi sendiri mengaku tak terlalu banyak menggunakan lantai kayu pada desain arsitekturnya. ''Saya selalu menghindari untuk menggunakan lantai kayu, karena berapa banyak hutan yang akan habis,'' tuturnya. Selain itu, sambungnya, pembuatan dan pemasangan lantai parket banyak memakai zat kimia.

Menurutnya, lantai kayu yang paling aman adalah dari kayu yang utuh. ''Sebab tak ada proses penambahan berbagi zat kimia,'' katanya. Adi menyarankan, untuk memilih lantai kayu yang dalam proses pembuatannya tak menggunakan bahan kimia yang berlebihan. ''Sebab kehidupan Anda sehari-hari akan sangat dekat dengan lantai,'' jelasnya.

Saat ini di pasar terdapat beberapa jenis lantai parket. Ada yang dibuat dari kayu keras yang berbentuk keping-keping. Ada pula yang terbuat dari kayu lapis keras yang dilapisi veneer (lapisan tipis dari kayu asli yang dipilih penampilan permukaannya). Jenis pertama menawarkan keaslian, sedangkan lantai parket yang kedua menawarkan kepraktisan pemasangan.

Setelah Anda memutuskan untuk menggunakan lantai parket hal yang paling utama adalah merawatnya dengan baik. Ada banyak produk lantai parket yang menjanjikan tahan gores karena telah dilapisi anti gores. Namun, tetap saja saat merawatnya perlu dilakukan dengan baik. Merawat lantai kayu perlu dilakukan dengan hati-hati. Itu dilakukan agar keindahan lantai parket bisa tetap terjaga. Saat membersihkan lantai kayu gunakan sapu yang lembut berbahan bulu. Ini penting agar permukaan kayu tidak tergores.

Sedangkan, untuk menjaga keawetan, hindarkan penggunaan air berlebihan pada lantai kayu. Untuk itu gunakan lap kering agar air tak merembes ke dalam pori-pori kayu. Meski demikian banyak pula produk lantai paket yang menjanjikan tahan gores dan tak bisa dirembesi air. Agar lantai kayu tetap tampak indah, poleslah dengan minyak lemon satu bulan sekali. Minyak jenis ini dianggap aman bagi aktivitas keluarga. Di antara kelebihan dan kekurangan yang dimiliki lantai kayu, bisa menjadi pertimbangan saat Anda akan memilih jenis lantai.


Jasa Online Desain dan Pemborong Rumah 021-73888872

Desain Rumah Minimalis Design Interior Eksterior Jasa Renovasi Bangunan Arsitektur Moderen Gambar 3D Animasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar