Sabtu, 22 September 2007

Harga Memanfaatkan Jasa Arsitek Murah atau Mahal ?

Memanfaatkan Jasa Arsitek

Risiko membangun rumah dengan denah yang salah bisa membuat suasana rumah tak nyaman. Misalnya, membangun rumah tanpa perhitungan aliran udara keluar dan masuk. ''Akibatnya, di dalam rumah terasa panas,'' kata Eddy W Utoyo, ketua bidang Pengabdian Masyarakat IAI Pusat. Bila kondisi ini menahun bisa membuat penghuni rumah penyakitan.

Karena itu, Eddy mengakui banyak orang yang enggan berkonsultasi ke arsitek lantaran faktor biaya. ''Takut mahal? Hanya lima persen biaya pembangunan,'' ujarnya.

Menurut Direktur Utama Jakarta Design Center ini, membangun rumah memanfaatkan jasa arsitek lebih ekonomis. Ekonomis yang dimaksudnya, menempatkan barang yang tepat sehingga akan membuat rumah menjadi mahal nilainya. ''Barang yang murah ditempatkan secara tepat akan bernilai tinggi.''

Bila Anda memutuskan membangun rumah dengan memanfaatkan arsitek, datanglah ke biro konsultan. Ceritakan tentang kondisi dan luas tanah berikut rencana rumah yang akan dibangun. ''Saat mendengarkan, arsitek sudah membayangkan bagaimana sirkulasi udara dan pencahayaannya,'' jelas Eddy.

Kemudian, diperhitungkan berapa biaya pembangunan rumah. IAI mempunyai harga patokan biaya pembangunan per meter perseginya berdasarkan bahan-bahan bangunan yang akan digunakan.

Arsitek membuat prarencana denah dengan harga bangunan. Kemudian ditetapkan persentase untuk jasa arsitek. Pada rumah yang luasnya di bawah 36 meter persegi, konsultasi diberikan gratis. Lebih dari 50 meter persegi biayanya 5-8 persen biaya pembangunan rumah. Biaya jasa arsitek itu sudah termasuk pengawasan pembangunan secara berkala.

Bila prarencana denah itu disetujui, dibuatlah gambar kerja yang menyangkut gambar pemasangan fondasi hingga instalasi listrik. Total gambar yang diterima calon pemilik rumah sekitar 15 buah. ''Gambar ini siap dibawa ke kontraktor,'' jelas Eddy. poy

Jasa Online Desain dan Pemborong Rumah 021-73888872

Desain Rumah Minimalis Design Interior Eksterior Jasa Renovasi Bangunan Arsitektur Moderen Gambar 3D Animasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar