Sabtu, 22 September 2007

Cat Tembok Eksterior dan Interior

Cat Tembok Eksterior dan Interior


Assalamu 'alaikum wr wb

Pak Andan, saya membeli rumah minimalis KPR type 42/91 dan telah saya renovasi. Sekarang seluruh dinding sudah saya plamir putih.

Saya masih bingung padanan warna yang saya gunakan untuk mengecat dinding interior, eksterior dan pilar dll. Sementara pagar besi dan genteng sudah dicat dengan warna hijau tau (daun mangga).

Mohon pencerahan dari Pak Andan, paduan warna apa yang tepat untuk rumah saya tersebut. Saya menginginkan rumah yang berkesan familiar, hangat, smart, dan simple. Terima kasih.

Wassalamu 'alaikum wr wb.

Kusuma Indrajaya
kusuma.indrajaya@pajak.go.id at eramuslim.com
Jawaban

Assalaamu'alaikum wr wb

Bapak Kusuma Indrajaya yang saya hormati,

Jika seluruh tembok sudah diplamir berarti ia sudah siap di cat. Asalkan jangan tembok luar juga ikut diplamir. Karena nanti akan terkelupas cat nya bila terkena hujan.

Saat ini anda sudah mencat genteng dan pagar dengan hijau tua. Untuk padanan yang serasi maka sebaiknya cat kusen, pintu dan jendela hijau tua juga. Lalu temboknya hijau muda. Hingga nuansa rumah tersebut ke arah hijau. Selain cantik dan asri, ia kesannya alami dan sejuk.

Namun warna hijau ini agak sulit dipadukan dengan warna lain. Harus berhati-hati. Jadi jika ingin semuanya bernuansa hijau, harus ditentukan dari sekarang. Agar tidak terjadi tabrakan warna.

Jika ingin netral pilih saja warna coklat tua untuk kusen, jendela dan pintu. Kesannya juga alami. Karena warna coklat mengesankan kulit pohon yang memang senada dengan sifat bahan kayu kusen dan pintu.

Bisa juga menggunakan warna putih pada kusen dan pintu. Istilah saya dulu waktu kecil 'rumahnya dokter'. Karena kesan rumah sakit yang dingin, bersih dan kaku akan tampil. Warna ini juga masuk. Namun kelak agak sulit memilih warna cat dindingnya. karena warna putih yang pucat tidak boleh tenggelam dan kalah akan warna dinding yang terlalu kuat. Jadi pilihan paling mudah adalah gunakan warna putih juga untuk cat dindingnya. Hanya arah semburat warnanya saja yang ditentukan. Istilah cat-nya ada putih melati, putih mawar dll.

Untuk interior sebaiknya anda mencari warna dasar dulu. Misal: seluruh ruagan akan diwarnai dengan warna krem (warna netral yang mudah di padankan dengan warna lain). Lalu tinggal menentukan spot dinding mana saja yang akan diwarnai dengan warna khusus. Seprti ruang keluarga, areal tempat dinding sandaran tv diberi warna coklat tua. Lalu ruang tamu, areal dinding tempat gantungan lukisan atau kaligrafi diberi warna merah bata. Kemudian ruang makan, areal tempat dinding pantry atau rak makan diberi warna hijau tua atau biru tua. Nah, keadaan ini tetap tidak merubah keseluruhan warna dasar yang krem tadi. Hanya ada beberapa spot warna di dinding tertentu.

Selebihnya bisa dipilih warna sendiri yang terpisah. Atau mau disamakan dengan warna dasar juga boleh. Ruang tidur utama di cat dengan nuansa coklat muda yang lembut. kamar tidur anak laki-laki diwarnai biru. Kamar tidur anak perempuan pink. Dapur dengan warna kuning muda.

Demikian Pak Kusuma Indrajaya. Semoga bermanfaat keterangan dari saya. Selamat menikmati rumah barunya dan cat yang baru pula. Semoga rumahnya menjadi berkah. Penghuninya diliputi suasana mawaddah, sakinah wa rahmah. Aamiin ya robbal 'alamiin.

Wassalaamu'alaikum wr wb


Jasa Online Desain dan Pemborong Rumah 021-73888872

Desain Rumah Minimalis Design Interior Eksterior Jasa Renovasi Bangunan Arsitektur Moderen Gambar 3D Animasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar