Rabu, 26 September 2007

Kredit Rumah Murah Sulit Terwujud

Tanpa UU Sekuritas, Kredit Rumah Murah Sulit Terwujud

Bandung, Kompas - Keinginan masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah untuk mendapatkan kredit rumah murah terus meningkat. Namun, keinginan itu sulit dipenuhi karena lembaga pembiayaan perumahan jangka panjang yang memberikan kredit dengan bunga rendah belum terbentuk. Hal itu disebabkan ketiadaan payung hukum, terutama Undang-Undang Sekuritas.

Demikian Menteri Permukiman dan Prasarana Wilayah (Menkimpraswil) Soenarno di Bandung, Jumat (23/5).

Menurut Soenarno, rencana pembentukan Undang-Undang (UU) Sekuritas sudah lama digulirkan. Sebagai tindak lanjut, Departemen Keuangan telah membentuk sejumlah kelompok kerja (pokja) dengan melibatkan beberapa instansi terkait untuk dilakukan pengkajian dan perumusan Rancangan UU (RUU) Sekuritas.

Namun, hingga kini pokja belum berhasil merumuskan RUU. Padahal, sangat diharapkan paling lambat akhir 2003, RUU tersebut selesai dibahas dan ditetapkan jadi UU. Pada awal 2004 sudah dapat dibuat sistem dan lembaga pembiayaan perumahan jangka panjang.

Modal kerja lembaga itu direncanakan diambil dari aset properti yang ada di Badan Penyehatan Perbankan Nasional, seperti tanah dan bangunan. Nilainya sekitar Rp 20 triliun. "Dari itu, Depkimpraswil menginginkan Rp 5 triliun di antaranya dijadikan sebagai modal kerja lembaga perumahan jangka panjang. Dananya disimpan di bank dan bunganya dipakai untuk KPR (kredit pemilikan rumah)," katanya.

Jika sampai waktu yang ditentukan UU itu belum terbentuk, otomatis kredit rumah murah pun sulit terwujud. "Jalan keluar yang ditempuh adalah memperpanjang program subsidi KPR pada tahun 2005," ujar Soenarno.

Memang, subsidi KPR termasuk program yang efektif untuk memenuhi permintaan KPR. Hanya saja, suku bunga kredit yang dibebankan kepada konsumen masih cukup tinggi, yakni 12 persen. Sisanya sebesar enam persen ditanggung pemerintah dalam bentuk subsidi selisih bunga. (JA


Jasa Online Desain dan Pemborong Rumah 021-73888872

Desain Rumah Minimalis Design Interior Eksterior Jasa Renovasi Bangunan Arsitektur Moderen Gambar 3D Animasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar