Selasa, 14 Agustus 2007

Tahun Baru, Suasana Baru

Menjelang pergantian tahun, biasanya kita sudah mulai memikirkan sesuatu yang baru yang akan diterapkan di rumah, mulai dari pernak-pernik rumah sampai penataan interior. Dalam hal ini mungkin terjadi perubahan dalam gaya, motif maupun warna, karena kita cenderung bosan dengan gaya yang itu-itu saja. Agar rumah tetap segar dan ceria, ada baiknya kita mulai menata ulang interior rumah sekaligus pernak-pernik yang menunjang kecantikan rumah. Semua ini dapat Anda kerjakan sendiri, tanpa harus meminta bantuan desainer atau arsitek, asalkan, Anda jeli untuk melihat bagian mana dari rumah yang harus diubah, sehingga terasa manfaatnya.

Gaya modern, masih banyak digemari oleh sebagian besar masyarakat. Pada dasarnya, gaya interior dewasa ini, dipengaruhi oleh kecenderungan masyarakat untuk lebih mengekspresikan kepribadiannya melalui kebebasan memilih, baik bentuk furnitur, warna dan corak maupun elemen interior lain sesuai dengan keinginannya.

Menurut Roland Adam, seorang desainer interior, secara umum masyarakat Indonesia mulai menyukai gaya modern,disamping masih banyak pula penggemar gaya Indonesia klasik. "Gaya modern sekarang dan yang akan digemari nanti tidak lagi modern minimalis, melainkan cenderung menyukai gaya modern kontemporer. Bentuk, warna maupun corak akan lebih bervariasi dan elemen penunjang interiornya lebih beragam. Kesan minimalis agak berkurang, tetapi tetap bergaya modern", ujar Roland. Jadi, Anda tidak usah khawatir untuk menambah aksesori ruang sebagai penunjang interior, karena kesan "sepi" pada desain gaya modern minimalis akan lebih "ramai" dengan adanya tambahan elemen interior lain.

"Lain lagi dengan gaya Indonesia klasik. Gaya ini tidak bisa mengikuti mode yang sedang digemari. Bentuk furnitur dan desainnya dari dulu sampai sekarang tetap sama. Yang berkembang hanya corak dan warna pada elemen penunjang interior, seperti bantal, lampu dan taplak meja. Sebab itu kita menyebutnya Indonesia klasik", ujar Roland selanjutnya.

Gaya apapun yang akan Anda pilih, Griya Asri akan memberikan contoh gaya modern dengan menampilkan gaya sebelumnya dan gaya setelah dilakukan beberapa perubahan.

Penataan Ruang
Hal pertama yang dilakukan adalah menentukan ruang mana yang akan diadakan perubahan, misalnya, ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan atau kamar tidur. Setelah itu, terhadap ruang per ruang Anda tetapkan dahulu tema atau gaya apa yang ingin Anda hadirkan. Kemudian, barulah Anda dapat memikirkan perubahan pada setiap detail, misalnya perubahan pada bentuk, warna atau motif. Dapat juga Anda melakukan mix and match pada perabotan Anda yang sudah ada, agar lebih ekonomis.

Untuk mempermudah Anda melakukan perubahan suasana, kami hadirkan beberapa contoh ilustrasi sebagai panduan dari gaya yang lama menuju gaya yang baru.

RUANG TAMU / RUANG KELUARGA




Gaya modern, dapat dilihat pada bentuk, warna dan material yang digunakan. Bentuk gaya modern, biasanya simpel dan praktis. Warna yang digunakan, tidak jauh dari warna-warna unsur tanah misalnya abu-abu, putih, cokelat, hitam dan warna metal.
Anda dapat mengganti bentuk maupun warna sofa serta warna bantal-bantal yang lebih bervariasi dan cerah. Penambahan dua bench mungil yang rendah, dapat menggantikan sofa satu dudukan agar lebih praktis.


RUANG MAKAN
Gaya modern yang simpel dan minimalis dapat dilihat pada desain meja makan dan gaya penataan aksesori meja makan. Anda jangan ragu untuk melengkapi peralatan meja makan Anda dengan warna-warna yang mencolok. Meja makan Anda akan terlihat lebih "hangat" dan ceria.






KAMAR TIDUR





Tempat tidur modern, mempunyai bentuk yang sederhana dan berkesan ringan. Jika sebelumnya tempat tidur Anda tidak dilengkapi dengan bed sheet tambahan yang dapat juga digunakan sebagai selimut, sekarang dapat ditambah dengan warna yang Anda inginkan. Warna hitam juga tidak tabu untuk bed sheet dan sarung bantal, asalkan dikombinasikan dengan warna lain yang lebih muda atau lebih terang.(Yuli Andyono)
Jasa Online Desain dan Pemborong Rumah 021-73888872

Tidak ada komentar:

Posting Komentar