Kamis, 23 Agustus 2007

Biaya rumah minimalis

Biaya Rumah Minimalis


Assalamualaikum Wr. Wb.

Saya mau menanyakan berapa kira-kira biaya maksimal yang harus saya sediakan untuk membuat suatu model rumah minimalis, apabila luas tanah yang saya miliki 100 meter dan apakah dengan luas tanah tersebut saya bisa memiliki 3 buah kamar tidur dan garasi mobil, atas bantuannya saya ucapkan terima kasih.

Wassalam.

Eddy
eddie at eramuslim.com
Jawaban

Assalaamu'alaikum wr wb

Pak Eddy yang saya hormati,

Dengan luas tanah 100 m2, paling tidak luas bangunannya 70 m2. Atau bisa juga 80 m2. Jadi maksud saya kita harus tetap menyisakan sisa tanah yang bukan bangunan guna dibuat taman.

Ruang tidur biasanya memang menjadi patokan. Mari sama-sama kita hitung. Ruang tidur biasanya berukuran 3 x 3 m. Jika ada 3 maka menjadi 27 m2. Untuk ruang tamu, ruang keluarga & ruang makan bisa kita buat menyatu dengan ukuran 3 x 6 m. Jadi ruangan ini adalah 18 m2. Untuk dapur cukup dengan 3 x 3 m. Lalu kamar mandi 1, 5 x 1, 5 m. Jika WC-nya ada 2 maka luasnya adalah 4, 5 m2.

Jadi total luas bangunan adalah 58, 5 m2. Kita bulatkan menjadi 60 m2. Sementara itu dalam disain biasanya harus ada alur sirkulasi yang menghubungkan satu ruang dengan ruang yang lain. Kita ambil saja persentasi yang paling besar. 20% dari luas bangunan tersebut adalah areal sirkulasi seperti jalan menuju kamar mandi, areal penghubung dapur dan ruang makan dll. 20% x 60 = 12 m2.

Bisa kita bulatkan saja menjadi 10 m2. Hingga kita bisa peroleh luas bangunan tersebut adalah 60 m2 tambah 10 m2 = 70 m2. Sisanya bisa teras depan atau teras belakang yang menyatu dengan taman. Bisa juga digunakan sebagai carport bagi 1 mobil. Yang penting porsi taman masih tetap lapang.

Saya tidak suka membeda-bedakan bangunan yang bermodel minimalis atau tidak. Karena itu hanya bedak saja. Yang saya lebih suka membedakan adalah spesifikasi dari bahan bangunannya. Misal: Bata merah diganti batako. Atap genteng diganti asbes, dll.

Jika kita ambil harga rata-rata bangunan sekarang 1, 5 juta rupiah per m2 maka harga bangunan tersebut adalah Rp 105 Juta. Belum termasuk harga teras, carport, taman dan pagar.

Bila kita ingin berhemat tentu saja kita buat bertahap. Dana yang kita pakai juga harus dirinci dengan baik. Lalu down grade seperti yang saya maksudkan tadi. Lantainya tidak perlu di-keramik dulu. Cukup dengan aci-an halus semen. Plafond tidak perlu pakai lis profil. Lantai tidak perlu pakai plint keramik. Ini yang membuat bangunan menjadi murah.

Demikian Pak Eddy. Semoga bermanfaat. Dan semoga subuh kita pagi hari ini berkah. Karena kita sholat berjamaah di Masjid. Seperti saat saya menulis sekarang. Sepulang dari masjid, saya bersyukur pada Allah. Jamaah subuh kali ini sampai 2 shaf pria dan 1 shof wanita. Padahal komplek perumahan saya kecil. Alhamdulillah.

Ya Allah, semoga Pondok Gede tempat hamba tinggal menjadi barokah. Semoga Indonesia tempat kita bermukim menjadi aman dan damai. Dan semoga saudara-saudara kita di belahan bumi yang lain diberi naungan rahmat-Mu. Dan semoga kita semua mendapatmaghfiroh dari Allah karena kita berusaha untuk tetap istiqomah di jalan Al-Islam yang kita cintai ini.

Aamin ya Robbal 'alamiin. Akhirul kalam,

Wassalaamu'alaikum wr wb

Ir. Andan Nadriasta
021-73888872

Jasa Online Desain dan Pemborong Rumah 021-73888872

Tidak ada komentar:

Posting Komentar