Jumat, 24 Agustus 2007

Memindahkan Suasana Alam ke Rumah

Memindahkan Suasana Alam ke Rumah

Interior Kamar

Back to Nature. Saat ini jargon itu kembali santer dikumandangkan. Trend gaya hidup kembali ke alam kini sudah jadi bagian dari gaya hidup metropolis. Setelah seharian penuh suntuk berkutat dengan rutinitas pekerjaan dan hiruk-pikuk kota yang serbapadat dan bikin stres, tentunya kita mengharapkan dapat bersantai dan menenangkan pikiran.

Harapan itu bisa terwujud dengan kembali kepada suasana alam pedesaan yang asri nan menenteramkan. Ketenangan dengan kembali kepada suasana alam. Untuk menikmati suasana alam itu, kita tidak perlu berlibur ke pedesaan yang tentu menghabiskan waktu dan biaya. Sebab, nuansa alam itu sejatinya bisa dipindahkan ke rumah tinggal Anda.

Semua itu bisa diwujudkan dengan penataan interior ruangan yang memberikan kesan alami. Ada beberapa alternatif desain yang mengarah ke alam. Benda-benda alam berkaitan dengan benda-benda yang bukan buatan, namun terjadi karena proses natural alam seperti batu-batuan, kayu pohon, tumbuh-tumbuhan, dedaunan dan akar-akaran bisa dijadikan elemen utama penunjang interior rumah.

Ruangan yang sering dituju begitu pulang dari tempat kerja adalah kamar tidur dan kamar mandi. Anda dapat menyulap kedua ruangan itu sebagai ruang alami tempat ''berlibur'' dan menenteramkan diri guna menetralisasi kejenuhan kerja.

Ada baiknya Anda menempatkan kamar tidur di lantai dasar jika ingin memindahkan suasana alam itu ke kamar tidur.

Dengan begitu, memudahkan Anda membuat kebun kecil untuk menunjang suasana di sekitar kamar tidur berkesan lebih alami. Waktu membuka jendela, Anda merasa sedang berada di alam terbuka. Bukan berada di tengah kota yang hiruk-pikuk. Lantas, bagaimana jika kamar tidur Anda berada di lantai atas? Jangan berkecil hati, Anda bisa menyiasatinya dengan menggantung sejumlah tanaman pot yang rimbun.

Syarat utama untuk merancang ruang alami adalah melupakan keteraturan yang baku. Bayangkanlah diri Anda tidak sedang berada di sebuah ruangan, tetapi berada di alam terbuka.

Jika kamar tidur Anda cukup luas, Anda bisa membuat semacam pondok kecil di dalam ruang. Pemilihan konsep ini menciptakan efek rasa bahwa Anda tengah berteduh di sebuah pondok kecil di tengah hutan. Guna memperkuat kesan alaminya, Anda bisa menyusun kayu-kayu pohon sebagai penutup tempat tidur.


Jika tak mau kehilangan kenyamanan saat tidur, sah-sah saja Anda menggunakan springbed sebagai alas tidur. Sinar matahari yang masuk menyinari kayu-kayu di interior kamar tidur Anda serta aroma kayu-kayu yang khas dan alami, membuat Anda akan lupa sejenak tengah berada di tengah kota dengan segala kebisingannya. Agar kesan alami lebih mencuat, dinding-dinding kamar sebaiknya dilapisi dengan kayu yang diikat jerami dan sudah dilapisi dengan antingengat.

Jika Anda tidak mau menggunakan lantai kayu karena perawatannya merepotkan, lantai keramik pun sejatinya tetap mampu menghadirkan nuansa alami. Saat ini, sudah banyak lantai keramik yang motifnya menyerupai serat-serat kayu. Pilihan warnanya juga bisa disesuaikan dengan warna alami kayu. Apabila untuk dipan Anda merasa lebih nyaman menggunakan springbed, kesan ''kaku'' pada piranti ini bisa disiasati dengan menggunakan penutup bermotif flora.

Bidang Pembentuk Interior

Dalam menata interior kamar tidur bernuansa alami, bidang-bidang pembentuk interior merupakan elemen penting yang tidak bisa diabaikan. Elemen-elemen pembentuk interior ini bisa diolah secara kreatif untuk menghasilkan bentuk-bentuk yang unik. Namun, tekstur alami dari material yang digunakan harus tetap dipertahankan.


Sedapat mungkin, gunakanlah material-material alami seperti batu-batuan dan kayu atau material sintetis yang mirip alami. Hindarilah penggunaan material sintetis berbahan baku plastik yang berwarna terang lantaran bisa ''merusak'' tema alami yang hendak ditonjolkan. Pilihlah bentuk-bentuk organis karena pilihan ini akan menguatkan kesan alami penampilan akhir ruangan Anda.


Sirkulasi udara juga tidak bisa dikesampingkan dalam penataan interior bergaya back to nature. Begitu pula dengan pencahayaan alami merupakan hal yang mutlak. Guna kepentingan itu, bukaan jendela harus cukup luas sebagai sarana memasukkan pencahayaan dan penghawaan alami. Guna menghindari serangan serangga, bisa digunakan kasa nyamuk. Jika sinar matahari terlalu terang, dapat digunakan tirai. Tirai berbahan baku bambu bisa dipilih karena pilihan itu akan menguatkan kesan alami.


Kamar Mandi Alami

Guna mengentalkan kesan alami di rumah Anda, jangan abaikan penataan kamar mandi. Ruangan untuk bersih-bersih ini pun bisa dibuat matching dengan tema back to nature yang Anda terapkan dalam penataan interior kamar tidur Anda. Kamar tidur bernuansa alami akan membantu perasaan Anda dalam melepaskan kelelahan serta mengembalikan keseimbangan tubuh dengan aktivitas mandi yang Anda lakukan.

Seringkali, luasan kamar mandi diabaikan oleh pemilik rumah. Pasalnya, aktivitas mandi dianggap kegiatan rutin semata-mata sehingga tak perlu diistimewakan. Barang-barang yang mengisi kamar mandi pun biasanya bersifat ''tetap''. Hanya berisi bak mandi, closet dan washtafel. Sangat jarang yang mau memberikan perhatian khusus pada kamar mandi untuk menciptakan suasana berbeda.


Kelengkapan sanitari yang standar itu belum menjamin kualitas dari aktivitas mandi Anda. Padahal, dengan sedikit ''sentuhan'' kreasi bercitarasa alami, aktivitas mandi itu bisa memberikan ketengan emosi.


Guna menguatkan kesan alami, alat-alat sanitari dapat dipilih yang menampilkan warna lam atau motif alam seperti coklat kayu, hijau daun, putih kekuningan seperti warna pasir. Akan lebih pas lagi jika alat-alat sanitari itu benar-benar didesain dengan motif alam. Peletakan sejumlah tanaman hijau di dalam kamar mandi juga sangat mendukung penciptaan nuansa alami.


Untuk elemen-elemen beserta aksesoris kamar mandi, pilihlah bahan-bahan yang terbuat dari alam. Misalnya, penggantung handuk dapat dipilih dari bahan kayu. Kesan alami juga bisa diciptakan dengan meletakkan pernik-pernik batu alam. Kepalang tanggung, anda juga bisa memodifikasi shower dengan buluh bambu yang dibentuk menyerupai pancuran. Selama "memindahkan" alam ke rumah Anda! (ian, berbagai sumber)
Jasa Online Desain dan Pemborong Rumah 021-73888872

Tidak ada komentar:

Posting Komentar