Jumat, 24 Agustus 2007

Desain Interior Gaya Glamor

Sesuatu yang berbeda telah hadir dalam desain interior masa kini. Dengan wujud elemen yang masih modern, tren interior cenderung menghadirkan kemewahan dalam kemasan baru seperti aplikasi material yang bersifat reflektif, warna-warna bold dan vibrant serta motif flora dan fauna berukuran besar.

Perubahan yang terjadi pada desain interior memang selalu menjadi bahasan yang menarik saat ini. Rancangan yang serba minimalis kini mulai ditinggalkan dan beralih ke gaya glamor yang atraktif dan serba gemerlap. Hal ini terlihat dalam desain interior unit contoh apartemen Regatta di Pantai Mutiara, Jakarta Utara yang dirancang oleh konsultan interior Wilson & Associates dari Singapura. Unit apartemen seluas 206 m2 dengan tiga buah kamar tidur ini bukan sekadar tempat tinggal tetapi juga lebih merupakan simbol kemewahan dan eksklusif sesuai dengan karakter pemiliknya yang mapan dan memiliki cita rasa tinggi terhadap desain dan karya seni.

Dalam hal pembagian ruang, apartemen ini didesain terbuka khususnya pada ruangan makan dan ruangan duduk yang berada dalam satu ruangan tanpa dinding penyekat sehingga memberi kesan lapang. Ruang utama ini dikelilingi oleh jendela lebar dari lantai hingga plafon agar dapat memaksimalkan pemandangan ke arah laut. Untuk ruangan yang tidak mendapat pemandangan ke arah luar, desainer menggunakan bahan bersifat reflektif dan transparan supaya ruangan tidak terasa sempit. Bahan yang permukaannya mengkilap ini memberi kesan mewah, canggih dan atraktif asal jumlahnya tidak berlebihan.

Mengenai aplikasinya dapat berupa satu bidang dinding dan sebagian plafon di kamar tidur dilapisi oleh cermin yang cukup lebar. Aplikasi lainnya dapat berupa aluminium atau stainless steel sebagai kaki maupun kerangka meja dan kursi atau berupa permukaan wallpaper yang sedikit mengkilap. alternatif lainnya adalah dengan memberi sentuhan glossy pada aksesori interior seperti finishing warna perak atau emas pada bingkai atau pada lampu chandelier dari kristal. Aplikasi bahan bersifat transparan juga memberi efek “ringan” dan luas seperti pemakaian kaca bening atau kaca sandblast sebagai dinding penyekat tanpa bingkai. Selain itu, furnitur dan aksesori dari bahan akrilik atau plastik juga memberi kesan yang serupa.

Pendekatan desain yang baru juga terlihat pada wujud furnitur yang tidak lagi didominasi oleh bentuk kotak-kotak tetapi ada sedikit sentuhan melengkung atau ornamen dekoratif yang eksentrik. Hal ini terlihat pada bentuk sofa dan kursi tanpa lengan di ruangan keluarga sehingga sering disebut dengan istilah fashionable furniture. Meskipun furniturnya masih didominasi oleh bentuk geometris yang simpel, tetapi warna-warna yang bold dan vibrant seperti merah marun dan shocking pink bisa menjadi latar belakang yang dapat diterapkan pada permukaan bidang yang luas. Tujuannya adalah menciptakan suasana yang lebih hangat dan homey seperti yang telihat pada wallpaper, gorden dan serat kayu.

Berbeda dengan gaya minimalis yang cenderung polos atau didominasi oleh komposisi garis-garis, pendekatan baru dalam desain interior mulai “melirik” pula flora dan fauna berukuran besar dan bahan bertekstur khas seperti damask dan sutra. Hal ini berbeda dengan prinsip gaya klasik Eropa dan justru menunjukkan pengaruh gaya baroque yang pernah berjaya di abad ke-19 sebagaimana terlihat pada pilihan motif dan bahan untuk wallpaper dan bedcover di apartemen ini. Aplikasi terdapat pada permainan tata cahaya yang lebih mengandalkan pencahayaan tidak langsung untuk menciptakan suasana tertentu pada ruangan, disamping pemakaian lampu jenis downlight dengan dimmer untuk penerangan utama.

Jenis lampu T-5 yang disembunyikan di bawah ambalan dan di dalam langit-langit gantung (dropped down ceiling) juga menjadi pilihan favorit desainer interior. Selain itu, jenis lampu dekoratif juga memegang peranan penting seperti terlihat di sudut ruangan keluarga. Kombinasi yang kontras dan berani menjadi tetap indah untuk dinikmati karena memberi kesegaran dalam interior. (IM)

Desainer interior : Wilson & Associates, Singapura
Desain arsitektur : Atkins Design and Engineering Solutions, Inggris
Pengelola : Badan Kerjasama Mutiara Buana

Jasa Online Desain dan Pemborong Rumah 021-73888872

Tidak ada komentar:

Posting Komentar