Jumat, 24 Agustus 2007

Interior Rumah Minimalis dalam Arsitektur

Bagi seorang eksekutif muda, rumah bukan hanya sebagai tempat berteduh tetapi juga sebagai tempat untuk memperoleh inspirasi dalam upaya menjalan bisnis. Hal ini yang terlihat pada rumah milik Ir.Arief Sugijono yang berlokasi di kompleks perumahan Jakarta Barat. Sang arsitek, Danny Lumanto mendesain rumah Ir.Arif Sugijono dengan membuat ruang-ruang yang nyaman tetapi tetap mempertimbangkan ciri, karakter dan kebiasaan para penghuni rumah.

Secara keseluruhan rumah ini dideasin dengan konsep minimalis, praktis, tidak ekstrem dan menonjolkan pewarnaan monokromatik di ruang publik. Pewarnaan ruang-ruang privat bergantung pada selera setiap penghuni kamar.

Rumah yang dibangun atas dasar hasil diskusi antara arsitek dengan pemilik rumah ini menerapkan konsep split level, terdiri dari tiga lantai dengan empat level yang fungsinya berbeda. Penerapan konsep split level ini dipakai arsitek karena pemilik rumah ingin meninggikan level terbawah rumah ini dari level jalan.

Layaknya sebuah benteng, untuk menuju ke halaman dalam rumah ini kita dapat melalui pintu gerbang yang terbuat dari besi berwarna hitam. Selanjutnya, pintu gerbang tersebut kita bisa langsung ke garasi privat. Akan tetapi untuk tamu diarahkan ke arah kiri menuju level atas melalui jalan berundak yang lantainya terbuat dari batu berwarna hitam. Di daerah ini terdapat pohon-pohon cemara yang seolah-olah menyambut para tamu yang datang. Kemudian sebelum memasuki ruang tamu, kita akan menjumpai taman bergaya minimalis yang hanya dihampari rumput hijau yang segar.

Dari pintu unik dekoratif bermotif geometris terlihat ruang tamu yang terbagi atas dua ruangan. Ruangan pertama berupa ruang perantara yang diisi dengan seperangkat sofa dan meja. Setelah itu terdapat ruang tamu yang ukurannya lebih besar, diperuntukkan bagi tamu yang sudah akrab dengan penghuni.

Biasanya penghuni rumah sering berada di ruangan ini di siang hari, sedangkan pada malam hari aktivitas penghuni pindah ke ruangan keluarga yang nyaman di level atas yang dilengkapi dengan seperangkat furnitur modern dan sebuah TV besar. Dinding runag keluarga tersebut terbuat dari kaca yang besar sehingga cahaya dapat masuk dengan leluasa. Adapun ruang kerja berada di samping ruang ini.

Ruangan tidur utama dan ruangan makan terletak di split atas. Ruang makan ini menyatu dengan pantry yang dilengkapi dengan island. Ruangan tersebut berhubungan dengan teras samping. Dari sini kita dapat melihat pemandangan langsung kearah kolam samping.

Penataan antar ruang pada bangunan seluas 750 m2 yang berdiri di atas lahan 440 m2 ini,diatur sedemikian rupa sehingga memudahkan sirkulasi lalu lintas penghuni dari ruang servis di lantai terbawah menuju ruang-ruang privat yang letaknya di lantai teratas. Dalam setiap rancangannya arsitek selalu memperhatikan kelancaran sirkulasi udara dan pencahayaan. Hal ini ditunjang dengan adanya plafon yang diolah setinggi 3 meter sampai 5 meter serta adanya bukaan-bukaan besar berupa kaca jendela, sehingga cahaya dan udara dapat leluasa masuk.

Penerapan material bangunan alami seperti batu paras Yogya pada dinding dan papan kayu merbau pada anak tangga, merupakan upaya arsitek untuk mengurangi kesan kaku dan monoton yang biasanya terdapat pada bentuk desain minimalis.

Lantai granit pearl white dipakai sebagai penutup pada lantai-lantai di level publik dan semipublik. Untuk lantai-lantai semiprivat dan lantai privat seluruhnya dipakai bahan parket kayu solid sebagai upaya untuk memberikan suasana yang lebih hangat dan nyaman.

Secara keseluruhan rumah yang tampak anggun dan berwibawa ini cukup mengekspresikan kepribadian penghuninya yang ramah dan terbuka. Setiap sudut dirancang dengan cermat. Kekuatan desainnya justru tampak dari kesederhanaan yang dipancarkan melalui pemilihan perabot modern yang muncul di antara warna-warna monokromatik. Rumah ini merupakan sebuah rancangan interior rumah tinggal inspiratif yang cukup berhasil. Suasana ruang-ruang yang ada memberikan kenyamanan serta ketenangan jiwa pada penghuninya.
Jasa Online Desain dan Pemborong Rumah 021-73888872

Tidak ada komentar:

Posting Komentar