Jumat, 24 Agustus 2007

Renovasi Bergaya Modern Tropis

Renovasi Bergaya Modern Tropis

Pendekatan desain bergaya modern tropis banyak diminati oleh masyarakat urban karena gaya ini menciptakan penampilan yang lebih segar dan menciptakan pula suasana homey. Hal ini tampak pada sebuah hunian yang berlokasi di Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Hunian ini merupakan hasil renovasi dari bangunan dua lantai seluas 320 m2. Dulu, layout rumah lama dibagi oleh dinding-dinding penyekat dan terdapat “permainan” naik turun ketinggian lantai sehingga kurang efisien dan berkesan umpek. Kediaman dengan lahan seluas 360 m2 ini terletak di ujung jalan dan bersebelahan dengan taman kompleks perumahan. Seiring dengan berjalannya waktu, penghuni membutuhkan tambahan ruangan sehingga pemilik memutuskan untuk mengubah wujud hunian menjadi lebih lega. Di samping itu diupayakan pula penampilan yang modern namun tidak kaku, penerapan material yang mudah perawatannya dan penataan ruangan sesuai dengan kebiasaan penghuni.

Untuk desain dan pelaksanaan renovasi hunian ini, pemilik mempercayakannya kepada tim konsultan je_feriasthama. Menurut tim arsitek yang terdiri dari Yose Ferdian, Ario Wiastomo dan Jemmy Sikumbang, rancangan hunian ini mengacu pada kaidah arsitektur modern tropis yang menonjolkan permainan kotak-kotak geometris dan garis-garis yang simpel. Sebagai langkah awal, arsitek merancang penahan panas berupa atap pelana dengan kerangka baja di samping juga memasang kanopi baik dari aluminium maupun dari beton. Kanopi di muka rumah cukup unik karena sengaja dipasang miring menyerupai kanopi model tahun 60-an. Pergola dan portico yang sederhana menandai area parkir dan pintu masuk.

Sebidang dinding luar yang menghadap sisi barat dibuat solid dan dicat warna abu-abu untuk meredam panasnya matahari sore dan mengurangi bising di sekitar rumah. Arsitek juga mendesain jendela yang lebar dan dinding transparan berupa glassblock di area tangga untuk memaksimalkan sirkulasi udara segar dan masuknya cahaya matahari. Semua kusen, kanopi dan pergola terbuat dari bahan yang tahan karat yang dicat warna putih sedangkan sebagian dinding muka dan pagar dilapisi oleh batu andesit. Selanjutnya, arsitek membenahi layout dengan membongkar dinding penyekat yang tidak perlu agar interior menjadi terbuka, ringan dan lapang tanpa mengubah posisi dan fungsi ruang.

Misalnya, antara ruang tamu dengan ruang makan dan ruang keluarga hanya disekat sebagian dengan panel kayu rendah sehingga penghuni atau tamu dapat melihat langsung ke semua sudut rumah. Ruangan keluarga menyatu dengan ruang belajar anak dan teras samping sehingga ruangan ini cukup luas untuk menampung berbagai acara bersama yang kerap dilakukan oleh keluarga pemilik. Naik ke lantai atas, terdapat ruang kerja baru yang terpisah dari kamar tidur utama sedangkan interior kamar tidur anak diolah khusus sesuai dengan karakter anak yang ceria.

Untuk mendukung konsep arsitektur hunian ini, desainer interior Yose Ferdian dan Nurul Wulansari juga merancang lemari built-in yang berfungsi menyimpan, memajang sekaligus menjadi bidang penyekat, di samping juga sebagai ambalan diantara ruang tamu dan ruang makan. Lemari unik lain berada di ruang belajar anak yang mejanya dilengkapi oleh roda sehingga bisa dipindah-pindah sesuai dengan kebutuhan. Desainer interior juga membuat elemen dekoratif menarik berupa ambalan dan permainan pencahayaan tidak langsung yang sekilas menyerupai salib di ruangan keluarga. Secara keseluruhan, interior rumah ini didominasi oleh warna cokelat yang bergradasi sehingga menciptakan kesan homey, hangat dan alami.

Lemari-lemari di lantai bawah sengaja diberi finishing warna cokelat muda sedangkan lemari di lantai atas seperti di kamar tidur berwarna cokelat tua. Untuk loose furnitur, desainer lebih memilih sofa berwarna gelap dengan pelapis dari kulit sintetik dan fabric. Aplikasi soft furnishing seperti kepala ranjang yang dilapisi kain suade juga memberi kesan lembut dalam ruang. Secara keseluruhan, desain renovasi hunian ini dapat memenuhi keinginan pemilik.
Jasa Online Desain dan Pemborong Rumah 021-73888872

Tidak ada komentar:

Posting Komentar