Jumat, 24 Agustus 2007

3 in One Bangunan Rumah

HUNIAN MODERN THREE IN ONE INTERIOR RUMAH MINIMALIS

Three in one ('3 in 1') tidak saja berlaku untuk lalu lintas, tetapi dapat juga diterapkan pada hunian lebih dari satu massa (bangunan rumah). Dengan demikian, terjadi "komunikasi" yang lebih baik antarmassa itu, maupun bagi penghuninya sendiri,

Ruang foyer ini merupakan daerah transit sebelum masuk ke ruang keluarga yang sekaligus sebagai ruang penerima tamu. Sebagai ruang transisi, dipilihlah meja dan kursi dengan desain minimalis dan simpel supaya tidak berkesan "berat"

Ruang keluarga yang serba terbuka dan luas ini juga sebagai ruang untuk menerima tamu. Pemilihan sofa besar 3 dudukan dengan warna hitam dan cokelat tua, menjadi satu kesatuan dengan ruangan yang berlantai granit hitam. Sebuah lukisan besar karya seniman muda asal Bandung, Deden Sambas menghiasi ruang keluarga. Ruang ini terbuka ke arah halaman belakang yang luas.

Rumah ini terletak di kawasan, Bintaro Jakarta Selatan. Bangunannya memang tidak terlihat langsung dari arah jalan utama, sehingga kita tidak begitu sadar bahwa desain arsitektur rumah ini sangatlah istimewa. Anda akan kami ajak "menikmati"nya, karena hunian ini memang layak disimak lebih jauh. Siapa tahu Anda mendapat sejuta ide setelah melihat "kulit" dan "isi" rumah ini.

Rumah tinggal pasangan muda ini, sangatlah sederhana dan praktis sebenarnya. Walaupun, kesan pertama yang timbul adalah keanekaragaman bentuk yang kaya pada setiap struktur bangunan dan detail nya.

Hunian yang dirancang oleh seorang arsitek Ir.Sardjono Sani,M.Arch. ini mempunyai teras depan yang terlihat sangat sederhana, bahkan halaman depannya sangat minimalis dalam desain maupun jumlah tanaman. Sebuah ruang penerima (foyer), menjadi sambutan selamat datang, ketika masuk melalui pintu utama bangunan. Foyer ini berfungsi sebagai area transisi sebelum menuju ruang penerima tamu yang sekaligus sebagai ruang keluarga. Empat buah kursi tanpa sandaran dan sebuah meja persegi bergaya minimalis modern, menghiasi area tersebut. Selain itu, di sana ada sebuah tangga sebagai poros sirkulasi vertikal menuju ruang lain di lantai bawah dan di lantai atas. Sebagai pengikat ketiga massa, tangga ini sangat menonjol keberadaannya.

MASSA PERTAMA : BENTUK KUBUS
Di dalamnya terdapat ruang keluarga yang sekaligus sebagai ruang untuk menerima tamu. Ruang makan menempati area yang sama. Akses menuju ruang ini adalah tangga dari area foyer tadi. Seperangkat sofa besar 3 dudukan dengan kombinasi warna hitam dan cokelat sangat sesuai dengan lantai granitnya yang berwarna hitam. Ruang ini mempunyai ketinggian plafon sekitar 6m dari lantai. Cukup tinggi, sehingga sirkulasi udaranya sangat bagus.
Ruang yang diapit oleh halaman belakang rumah dan taman kecil di tengah area service ini rupanya menjadi tempat favorit bagi anggota keluarga. Dari ruang ini "komunikasi" dengan anggota keluarga terutama anak, terjalin dengan baik. Karena beberapa ruang, fokusnya ke arah ini. Seperti dari balkon kamar tidur utama, dinding dan lantai ruang kerja, serta bordes tangga, semuanya menghadap ke arah ruang keluarga ini. Suasananya amat nyaman berkat udara bebas yang mengalir di setiap sudut ruang. Hunian ini juga dilengkapi dengan kolam renang di halaman belakang yang luas.

MASSA KEDUA : BENTUK SILINDER
Ruang foyer, kamar tidur utama di lantai atas dan ruang musik berada di dalam satu massa ini. Ruang musik berdekatan dengan ruang keluarga di dalam satu lantai paling dasar. Batas antara ruang ini ditandai dengan kaca tembus pandang, sehingga seolah-olah menjadi satu kesatuan yang harmonis. Ruang musik ini juga menghadap ke salah satu sisi kolam renang.

MASSA KETIGA : BENTUK KIPAS
Di dalamnya terdapat dua kamar tidur anak di lantai atas dengan koridor melengkung ke arah luar bangunan. Di samping itu terdapat ruang bermain anak dan ruang-ruang service di bawahnya seperti pantry dan dapur kotor. Meja untuk sarapan pagi juga terdapat di area ini, berdekatan dengan pantry.

Akses dari ruang ke ruang antara bangunan satu dengan lainnya sangat mudah dicapai dan tidak ruwet. Dengan kemudahan ini, penghuninya dapat berkomunikasi secara lancar.

Ketiga massa di atas, disatukan dengan tangga utama sebagai pengikat antarbangunan.
Di samping itu, penerapan bias cahaya matahari cukup menonjol pada beberapa ruang, seperti ruang keluarga, koridor kamar anak dan pada bukaan yang memakai kaca.

PADUAN UNSUR ALAM DAN UNSUR MODERN
Dalam pemilihan peranti interior rumah tinggalnya, pasangan muda ini banyak memakai furnitur dengan gaya simpel dan modern. Hal ini terlihat dari desainnya yang serba praktis dan minimalis. Kombinasi warnanya juga sangat elegant, antara hitam, putih, cokelat, abu-abu, hijau dan biru.

Kesan bangunan modern juga dapat dilihat pada pemakaian materialnya, seperti kaca, aluminium dan besi. Unsur alam seperti kayu dan batu alam juga dipakai pada beberapa ruang, sekaligus sebagai aksen yang natural. Padu padan material modern dan alami ini tampak serasi dan saling melengkapi sebagai unsur fungsional dan estetika bangunan.

Demikianlah, keseluruhan bangunan rumah ini memiliki bentuk tipikal sebuah bangunan modern tetapi manusiawi dan tidak berkesan kaku. Bagi pemiliknya, dengan bentuk bangunan seperti ini, kemudahan komunikasi sangatlah penting. Sardjono dianggap berhasil oleh pemilik dalam merancang rumah ini. Menurut nyonya rumah, Sardjono mampu merefleksikan jiwa pasangan ini ke dalam sebuah ide rancangan. Semua kebutuhan dan keinginan mereka terakomodasi di dalam rumah yang mempunyai lebih dari satu massa ini.

"Mereka memang menginginkan rumah yang serba terbuka sekaligus berkarakter sesuai dengan pribadi dan gaya hidup mereka. Mereka ingin segala sesuatunya mudah dan praktis" ujar Sardjono .

Kita dapat menyimpulkan bahwa, rumah "3 in 1" ini adalah milik pribadi sepenuhnya yang merupakan refleksi kehidupan penghuni rumah. (Yuli Andyono).
Jasa Online Desain dan Pemborong Rumah 021-73888872

Tidak ada komentar:

Posting Komentar