Jumat, 24 Agustus 2007

Mewujudkan Interior Rumah Gayaku

Mewujudkan Interior Rumah Gayaku

seri interior rumah

MEWUJUDKAN penataan interior rumah idaman itu bisa dikatakan gampang-gampang susah, karena banyak faktor yang berkaitan. Anda mesti membuat rencana yang saksama, teliti, dan punya kesabaran untuk merinci satu demi satu mebel dan pernak-pernik lain yang akan Anda letakkan di ruang ini atau ruang yang itu. Setelah semua rencana pasti dan terasa memuaskan, Anda mesti rajin mendatangi satu demi satu toko mebel untuk mendapatkan barang seperti yang Anda inginkan.

NAMUN, belakangan ini mencari mebel yang kira-kira sesuai dengan apa yang kita inginkan, tidaklah sesulit seperti sekitar 15 tahun yang lalu. Sekarang ini begitu banyak pilihan toko mebel dengan berbagai gaya masing-masing. Kalau dulu, untuk mendapatkan kain penutup kursi yang bagus seperti dalam foto majalah interior asing misalnya, Anda tak mungkin mendapatkannya di Jakarta, sekarang hal itu menjadi mungkin.

Anda tinggal mencari toko mebel yang kira-kira sesuai dengan selera dan gaya Anda, entah itu produk impor atau produk lokal, dalam hitungan hari barang yang diinginkan sudah pindah ke rumah Anda. Meski mebel buatan Indonesia sudah diekspor ke berbagai negara, namun Anda malah menginginkan produk impor, Anda juga bisa menempuh "jalan mudah", buka Internet dan carilah barang yang Anda inginkan lewat monitor komputer.

Bahkan, untuk masa sekarang ini, Anda yang tak mau repot dan hanya mempunyai sedikit waktu luang untuk melihat-lihat mebel, bisa mendatangi toko mebel yang sudah menyediakan semua barang yang Anda perlukan. Sepanjang selera dan gaya Anda bisa “masuk" ke gaya mebel yang ditawarkan, maka Anda pun tak perlu repot lagi. Biasanya toko mebel seperti ini–sering kali disebut sebagai one stop shopping –terdapat di mal-mal, pusat furnitur, atau di kawasan toko-toko mebel.

Toko-toko mebel semacam itu ada yang mempunyai ruang pamer luas, namun ada pula yang hanya memajang sebagian dari barangnya saja. Barang selebihnya, mereka tampilkan lewat foto-foto, contoh materialnya, maupun warna-warna yang mereka miliki. Toko yang luas biasanya menjual semua perabotan rumah, mulai dari teras, ruang tamu, kamar tidur, ruang kerja, sampai ruang keluarga dan dapur.

Gaya yang ditampilkan masing-masing toko juga bisa berbeda-beda, ada yang memilih gaya Amerika, gaya mebel Eropa dan sebagainya. Oleh karena toko semacam ini biasanya sangat luas, maka Anda bisa memuaskan rasa ingin tahu dengan berkeliling ke seluruh ruangan yang ditata sesuai dengan jenis mebel di setiap ruang dalam rumah.

Di sini, Anda bisa mendapatkan mebel plus tatanannya sekaligus. Misalnya, untuk ruang makan, mereka memajang meja dan kursi makan, bufet untuk menyimpan piring dan sendok-garpu, bahkan bisa sampai ke penataan meja makannya sekalian. Toko mebel seperti ini biasanya juga menyediakan jasa konsultasi tanpa biaya. Berbelanja mebel dengan cara ini tak perlu waktu lama, Anda pun relatif tidak repot.

ADA pula toko yang menjual perabotan dan aksesori rumah tanpa menghadirkan gaya interior tertentu. Biasanya di toko semacam ini, Anda bisa mendapatkan berbagai macam jenis barang dan gaya mebel. Kalau Anda hanya ingin sedikit perubahan dalam tatanan interior rumah, maka toko seperti ini bisa jadi pilihan.

Namun, kalau Anda tipe orang yang ingin mempunyai gaya interior lebih "khas", pilihlah toko mebel yang menjual barangnya dengan konsep tata ruang total. Biasanya toko mebel semacam ini hanya memiliki satu atau dua gaya penataan yang tak terlalu jauh satu sama lainnya. Misalnya, mebel gaya minimalis dipadu dengan gaya modern, atau gaya etnik dipadu dengan gaya primitif.

Ciri toko mebel dengan konsep penataan interior total ini antara lain bisa dilihat dari penataan toko yang artistik dan terasa lebih personal. Mebel dipilih dan ditempatkan dengan "hati-hati", karena pemilik atau desainer interiornya ingin menciptakan keharmonisan. Permainan gradasi warnanya, pemilihan karpet, bantal, tirai, perpaduan warna kain antara sofa dan kap lampunya, sampai penutup tempat tidur sedemikian rupa, hingga mencerminkan gaya pribadinya, gaya hidupnya.

Anda juga bisa memakai jasa desainer interior untuk menata rumah Anda. Tak semua desainer interior menetapkan biaya jasa yang mahal, dan tak ada keharusan pula bagi Anda untuk memakai jasa mereka bila kemudian merasa kurang cocok. Namun, bila gaya penataan interior, waktu pengerjaan, anggaran, dan biaya bisa disepakati, maka seorang desainer interior yang baik akan peka dengan keinginan Anda, sekaligus bisa menuangkan ide-idenya dalam merancang penataan interior rumah Anda. Inilah yang disebut kolaborasi interior. Artinya, kalau Anda pulang ke rumah, memang itulah "rumah" Anda, bukan "rumah" si desainer interiornya.

Pengerjaan interior rumah dengan menggunakan jasa desainer interior biasanya memerlukan waktu yang relatif lebih lama, namun hasilnya Anda bisa mendapatkan tatanan interior yang sesuai dengan kepribadian Anda dan keluarga. Desainer interior-lah yang bertanggung jawab untuk mencari atau membuat mebel sesuai desain yang telah disepakati. Dia juga mesti memikirkan segi kenyamanan dan ketahanan mebelnya, sampai pencahayaan, vas bunga atau lukisan yang cocok untuk tiap ruangan.

Apa pun cara yang Anda pilih untuk mewujudkan tata interior rumah Anda, ada satu hal yang mesti disadari. Jangan terkecoh dengan foto penataan interior di majalah atau tabloid. Penataan ruang pada media itu tampak bagus karena banyak cara yang digunakan untuk mendapatkan efek tersebut. Makanya, jangan berkecil hati kalau hasil tata ruang Anda tak seperti foto di majalah, yang penting Anda puas ….

Roland Adam desainer interior
Jasa Online Desain dan Pemborong Rumah 021-73888872

Tidak ada komentar:

Posting Komentar