Jumat, 17 Agustus 2007

Ragam Minimalis yang Tak Terhingga

Ragam Minimalis yang Tak Terhingga

Meski disebut sebagai interior minimalis, tetapi jangan diartikan minim di sini sebagai sesuatu yang sangat terbatas.

Pilihan pada ragam mebel bergaya minimalis amat banyak. Gaya modern minimalis, yang berarti sesedikit mungkin ornamen dan mendasarkan diri pada fungsi, justru membuat para desainer interior semakin kreatif mengembangkan karakter pada bahan baku.

Yani Alif Sumarto dari Index Furnishings menyebutkan, justru gaya minimalis ini semakin hari semakin banyak dicari orang. Perusahaan yang produknya sebagian besar bergaya modern minimalis ini bahkan sampai membuka ruang pamer tersendiri di beberapa tempat.

”Semakin banyaknya apartemen membuat peluang bisnis kami jadi semakin terbuka. Dari tahun ke tahun produk kami tumbuh dalam kisaran antara lima sampai delapan persen,” kata Yani tentang produksi Index Furnishings selama lima tahun ini.

Konsep modern minimalis dipilih sebab keterbatasan ruang semakin menjadi pertimbangan para pemilik rumah. Apalagi sekarang ini, bagi sebagian orang, interior tak lagi dianggap sebagai simbol status sosial ekonominya. Orang tak lagi dinilai dari kerumitan dan ornamen mebel yang dimilikinya. Dulu, orang beranggapan, semakin banyak ornamen artinya mebel itu semakin mahal harganya.

Kini, meski desainnya relatif sederhana, harganya belum tentu murah. Interior bergaya modern minimalis, seperti kata Jamaludin, pengajar pada Jurusan Desain Interior Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Nasional, Bandung, lebih menampilkan aksentuasi dari elemen bahan baku, kenyamanan pemakai, serta fungsinya.

Kayu yang luwes

Bahan baku yang semakin beragam dan meningkat kualitasnya menjadi ”barang” yang menarik bagi para desainer interior untuk dieksplorasi lebih jauh. Kemasifan kayu, misalnya, tak dibiarkan berkesan kaku dan berat. Agar kesan alami tak hilang, kayu bisa dibuat dengan penyelesaian perbedaan gradasi warna coklatnya. Dua gradasi warna coklat kayu yang muncul menjadikannya elemen estetik, tanpa ornamen yang rumit.

Gaya modern minimalis yang cenderung berupa garis-garis lurus pun bisa diberi elemen pemanis sekaligus fungsional. Bagian sandaran kursi kayu, misalnya, bisa diberi lubang horizontal maupun vertikal. Meski tetap berupa garis lurus, lubang pada sandaran kursi kayu memberi tampilan yang berbeda, di samping tetap berfungsi sebagai sandaran yang nyaman.

Kayu juga bukan menjadi satu-satunya bahan baku untuk mebel modern minimalis. Orang bisa menggunakan rotan, bambu, aluminium, stainless steel, dan juga plastik. ”Mungkin karena hidup semakin ruwet, maka untuk rumah, orang lebih suka memilih mebel yang desainnya simpel, praktis, dan fungsional saja,” tutur Yani.

Berbagai gradasi warna coklat sejauh ini memang masih menjadi pilihan banyak orang. Namun, untuk memberi pilihan lain sesuai dengan karakter orang yang berbeda-beda, Index, misalnya, juga membuat mebel minimalis berbahan plastik dengan warna-warna ”berani”, seperti merah, oranye, hijau, dan biru.

Pilihan warna-warna terang dan berani itu bisa menjadi aksen dalam sebuah ruang berinterior minimalis. Sebagian orang memilih warna ”berani” dan bukan warna natural untuk kamar anak atau ruang keluarga.

Meski interior minimalis biasanya menggunakan warna-warna senada, elemen estetik bisa tetap dimunculkan. ”Kalau kursi atau mejanya berdesain sederhana dan warnanya natural, maka untuk ornamen ruangan, orang bisa memasang foto berbingkai kayu di dinding. Orang juga bisa memilih elemen lain yang dekat dengan alam, seperti hijaunya tanaman atau warna hitam batu-batuan yang berbeda-beda,” tutur Jamaludin.

Di Indonesia, interior minimalis juga bisa dipadu dengan bahan baku yang berasal dari alam, seperti rotan dan bambu. Selain bisa menjadi bahan baku utama pembuatan meja dan kursi, bambu juga bisa diolah sedemikian rupa sehingga tampil sebagai mebel dengan karakter khas. Bambu yang dipres membuat gurat-gurat kulitnya muncul ke permukaan, menjadi elemen yang tak kalah menarik dari tekstur kayu.

Kain pelapis bantal untuk sofa juga bisa menjadi elemen dekoratif pada ruang minimalis. Demikian pula dengan pemasangan panel-panel pada dinding yang biasanya dicat warna natural, seperti krem atau broken white. (USH/CP/GUN)

Jasa Online Desain dan Pemborong Rumah 021-73888872

Tidak ada komentar:

Posting Komentar