Minggu, 19 Agustus 2007

Merencanakan Renovasi Rumah

Merencanakan Renovasi Rumah

Wah, rumah mulai terasa sempit dan pengap? Ruang keluarga terasa kurang luas? Mungkin ini saatnya Anda melakukan renovasi rumah. Tapi apa yang perlu dilakukan sebelum renovasi?

Pemahaman renovasi rumah sendiri bisa berbeda- beda. Pada dasarnya, renovasi bertujuan memperbaiki bagian rumah yang rusak, mengembalikan atau mengubah, dan atau menambah fungsi semula ruangan atau rumah secara keseluruhan.

Perubahan atau penambahan pada bagian rumah membutuhkan pekerjaan renovasi rumah. Pada saat pengambilan keputusan renovasi, sebaiknya melibatkan usulan dan masukan dari seluruh anggota keluarga secara musyawarah. Keterlibatan mereka semua setidaknya merupakan bukti pengakuan keberadaan mereka semua sebagai penghuni rumah.

Renovasi harus disesuaikan dengan kebutuhan masing- masing anggota keluarga. Keterbatasan lahan dan ketersediaan lahan yang sempit membuat rencana renovasi rumah harus disesuaikan dengan kebutuhan mendesak masing-masing anggota keluarga.

Jika Anda keluarga muda, yang dibutuhkan adalah ruang bermain yang lapang bagi balita dan anak-anak. Penyatuan ruang tamu, ruang keluarga, dan ruang makan akan memberikan ruang bermain yang lapang dan aman. Apalagi jika di depan rumah atau di dalam kompleks perumahan tidak tersedia taman bermain atau kondisi lingkungan jalan yang kurang aman untuk bermain anak-anak.

Alokasi anggaran renovasi rumah yang tersedia biasanya terbatas, sehingga segala sesuatunya harus hemat, efisien, dan optimal. Langkah taktis berikutnya ialah buat prioritas apa yang akan direnovasi lebih dulu dan apa alasannya. Mulai dari kerusakan parah bagian rumah seperti atap bocor atau dinding retak, kebutuhan mendesak akan ruang bagi anggota keluarga, sampai dengan hanya ingin mengganti suasana rumah (cat, keramik, dan perabot) yang dianggap mulai membosankan.

Pilih gaya rumah yang akan digunakan. Ada rumah berkonsep alami, modern, kontemporer, mediterania, futuristik, dan lain-lain. Penetapan gaya yang akan diambil jelas akan mempengaruhi suasana apa yang kelak tercipta setelah renovasi. Ini pun mempengaruhi jenis bahan material bangunan, mulai dari cat, keramik, tirai jendela, dan perabotannya, serta tanaman apa yang akan dibeli.

Pemilihan gaya juga harus realistis dengan anggaran renovasi yang disediakan. Berdasarkan pengalaman, tren gaya biasanya tidak akan bertahan lama, masyarakat mudah jenuh. Renovasi gonta-ganti gaya suasana rumah juga akan lebih memboroskan kocek keluarga. Pemilihan suasana rumah bergaya alami terbukti lebih bertahan lama.

Berapa lama waktu pekerjaan renovasi akan diperlukan? Pekerjaan renovasi pada hampir seluruh rumah maupun hanya sebagian rumah jelas akan mengganggu kegiatan penghuni, seperti suara bising dan debu, terutama jika ada anggota keluarga balita atau alergi debu. Pikirkan juga kemungkinan anggota keluarga untuk sementara pindah rumah, mengungsi di rumah orang tua, kerabat, atau mengontrak di sekitar rumah.

Berapa tenaga kerja yang dibutuhkan untuk renovasi? Ini berhubungan dengan faktor biaya dan kecepatan kerja renovasi. Renovasi sederhana dapat melibatkan seluruh anggota keluarga, sekaligus melatih kekompakan keluarga. Apa pun yang dipilih, jaminan kualitas hasil renovasi harus sesuai dengan biaya yang telah dikeluarkan.

Jangan lupa, sebagai warga yang baik dan toleran sebaiknya Anda meminta ijin kepada dinas terkait dan ketua RT jika akan melakukan renovasi besar seperti meningkat atau membongkar rumah. Namun jika hanya berupa renovasi kecil, ada baiknya juga memberitahukan kepada tetangga sekitar, sebelah kiri, kanan depan dan belakang rumah. Sebab, bagaimanapun renovasi akan menimbulkan efek negatif bagi tetangga sekitar rumah Anda, seperti suara bising, debu, dan penimbunan material.

Renovasi horizontal rumah lebih menekankan pada penambahan bangunan baru yang biasanya mengambil lahan jatah taman.

Efisiensi pembagian dapat dilakukan melalui penyatuan multi fungsi ruang, dapat berupa penyatuan garasi, teras depan, ruang tamu dengan taman depan; ruang tamu keluarga, ruang keluarga, ruang makan dengan ruang dapur bersih; serta dapur kotor, ruang cuci dan jemur, taman belakang dengan kamar pembantu (jika ada). Jika tetap ingin mempertahankan privasi, penghuni masih dapat menyekat ruang dengan lemari.

Renovasi atap dengan penghilangan eternit akan memberikan ruang dalam yang lebih lega, ventilasi udara yang lebih lancar, dan penerangan alami dari sinar matahari yang lebih terang, serta dapat menekan pemakaian AC (air conditioner), dan lampu di siang hari. Hasil renovasi, rumah anda menjadi lebih hemat listrik dan ramah lingkungan.

Renovasi vertikal rumah, yaitu peningkatan atau penambahan ruang atas merupakan pilihan alternatif terakhir. Pembongkaran atap atas merupakan kegiatan yang memerlukan biaya yang cukup besar, waktu cukup lama, dan tenaga kerja yang relatif tidak sedikit

Jasa Online Desain dan Pemborong Rumah 021-73888872

Tidak ada komentar:

Posting Komentar