Selasa, 14 Agustus 2007

Jakarta Tak Punya Air Bersih

JAKARTA-- Sumber air baku minum Jakarta belum memenuhi kebutuhan air bersih secara kualitas dan kuantitas. Air bawah tanah pun sudah berkurang jumlahnya. Kualitasnya tercemar bakteri dan detergen.

''Masyarakat Jakarta mengambil air tanah lebih dari 251 juta meter kubik per tahun,'' kata Daniel Abbas, kepala Bidang Pengendalian Kerusakan Lingkungan Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) DKI Jakarta kepada Republika kemarin.

Menurut Daniel, air tanah yang boleh diambil tidak boleh melebihi 186,2 juta meter kubik per tahun. Pasalnya air tanah yang boleh diambil untuk dipergunakan masyarakat adalah 30-40 persen dari jumlah total. Sedangkan volume air tanah di Jakarta hanya berkisar 532 juta meter kubik per tahun.

Air bawah tanah di Jakarta diperoleh dari air hujan dan air serapan dari Bogor. Dari 2.000 juta meter kubik hanya dapat menampung 532 juta meter kubik per tahun. Sedangkan 37 juta meter kubik per tahun diberikan oleh Bogor.

Dari data BPLHD pada 2005, kebutuhan air penduduk Jakarta mencapai 547,5 juta meter kubik per tahun. Padahal PDAM hanya sanggup memenuhi kebutuhan ini hingga 54 peren saja, yaitu 295,6 meter kubik per tahun. Mau tidak mau masyarakat mengambil air tanah untuk memenuhi kebutuhan keseharian mereka. Akibatnya terjadi kelebihan pengambilan air tanah dari batas aman. Kelebihan ini mencapai 66,6 juta meter kubik per tahun.

Selain volume yang makin menipis, kondisi air pun tidak memenuhi syarat. Hampir seluruh air tanah di wilayah Jakarta terkena pencemaran. Menurut Daniel, rumah tangga pun melakukan pencemaran air tanah. ''Orang suka bangga tidak melakukan penyedotan septic tank. Padahal seharusnya mereka waspada,''katanya.

Septic tank, imbuhnya terkadang tidak dibangun dengan menggunakan beton, hanya tumpukan batu bata. Pergeseran tanah atau gempa dapat menyebabkan perubahan struktur. Rembesan air dan kotoran di dalam septic tank dapat mengotori air tanah atau air sumur yang ada di bawahnya. Tidak heran jika pada air tanah atau sumur ditemukan bakteri e coli. Itu sebabnya septic tank harus rutin disedot untuk mengurangi pencemaran air tanah.

Begitu juga dengan penggunaan detergen. Busa yang sulit diuraikan menjadikan air tanah tercemar dan sulit dibersihkan.

Air sungai pun demikian. Sebanyak 70 persen air sungai di Jakarta telah melebihi baku mutu dan selebihnya berada di bawah baku mutu. Bahkan jika dilihat dari pencemarannya, 77 persen berada dalam kondisi tercemar berat, 18 persen tercemar sedang, dan 5 persen tercemar ringan.


Tanggulangi Pencemaran Air

Dalam kurun waktu 15 tahun, DKI Jakarta menargetkan kualitas airnya menjadi kelas II. Pada saat itu, di Kota Depok, Kota Bogor, dan Kabupaten Bogor, kualitas airnya sudah mencapai kelas I.

Air di Jakarta saat imi belum memasuki kategori kelas mana pun. Pasalnya tingkat pencemaran air di Jakarta sudah parah. Namun menurut Daniel Abbas, kepala Bidang Pengendalian Kerusakan Lingkungan Badan Pengelola Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) DKI Jakarta, hal ini baru dapat dilakukan setelah disetujui draf pemulihan kondisi kualitas air kepada pemerintah. Kualitas air kelas I adalah kualitas air baku air minum dimulai dari hulu hingga hilir.

Sedangkan Wakil Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta Mukhayar RM menilai, tidak perlu menunggu lagi. Alasannya sudah ada Peraturan Pemerintah Nomor 20 Tahun 1990 tentang Pengendalian Pencemaran Air. Yang penting, kata dia, harus kemauan untuk membersihkan pencemaran air. Target 15 tahun ke depan dapat tercapai. ''Kalau dilakukan secara bertahap bisa berjalan,'' katanya kepadaRepublika, Ahad (12/2).

Proses pembersihan ini, tambah Mukhayar, dapat dimulai dari pengolahan limbah domestik atau rumah tangga. Air limbah ini mengalir di sungai-sungai kemudian bermuara ke laut. Jika dari sungai sudah bersih, tentunya air laut pun tidak akan tercemar.


Didukung Ahli dan Tukang Berpengalaman Kami Menawarkan Jasa pembuatan sumur bor untuk beragam keperluan baik perumahan dan Industri.Pengeboran Dilakukan dengan Mesin Bor Khusus yang relatif lebih cepat dan memiliki kemampuan yang cukup untuk memperoleh kedalaman sesuai dengan sumber air yang ada. 30 -200 meter Hubungi 021-73888872


Cara dan Tips Membuat Sumur Air / Sumur Bor pada Air Tanah yang Baik

Untuk membuat sumur air yang baik perlu diperhatikan hal-hal berikut ini agar tidak menciptakan masalah pencemaran lingkungan sekitar kita :

A. Pemilihan lokasi sumur yang baik
Tidak berdekatan dengan wc / toilet / kamar mandi agar tidak terjadi kontaminasi saluran pembuangan dengan jaringan sumur air tanah. Jarak yang tepat untuk memisahkan antara lubang sumur air yang akan dibuat dengan toilet yang terdekat adalah minimal 5 meter jika tanah di sekitar lokasi adalah tanah liat dan minimal 7,5 meter jika tanahnya berpasir.

B. Konstruksi sumur air yang sesuai standar
1. Membuat dinding tembok bagian atas pada jarak 3 meter dari permukaan tanah agar tidak terjadi perembesan air dari permukaan tanah yang akan merusak dan mengkontaminasi kualitas air bersih.
2. Pada bagian atas sumur air / sumur bor diberi tutup supaya tidak kemasukan kotoran yang bisa merusak air yang bersih menjadi kotor.
3. Gunakan kaporit sebagai disinfektan dengan takaran dosis 1 gram per 100 liter untuk membunuh kuman dan bakteri yang merugikan kesehatan tubuh kita jika menggunakan ember atau timba.

STANDART HARGA

Harga untuk Jasa yang kami tawarkan adalah:
Kemampuan untuk melakukan pengeboran sampai dengan 200 meter.

Pengeboran dengan Diameter Pipa 4” adalah sebesar Rp 125.000,- / meter
Pengeboran dengan Diameter Pipa 5” adalah sebesar Rp 175.000,- / meter
Pengeboran dengan Diameter Pipa 6” adalah sebesar Rp 225.000,- / meter

- Harga tersebut berlaku untuk pengeboran di Lokasi DKI Jakarta saja.
- Harga tersebut belum termasuk Pompa, Pipa dan sambungan
- Harga belum termasuk Ppn & Pph Jasa

Untuk harga Bahan yang dibutuhkan Seperti Pompa, Pipa PVC ataupun Pipa Besi Mengikuti harga pricelist dari distributor produk tersebut.

PRODUK DAN JASA YANG KAMI TAWARKAN ADALAH :

Jasa Pembuatan Sumur bor

- Jasa pembuatan sumur bor untuk beragam keperluan baik perumahan dan Industri
Pengeboran Dilakukan dengan Mesin Bor Khusus yang relatif lebih cepat dan memiliki kemampuan yang cukup untuk memperoleh kedalaman sesuai dengan sumber air yang ada.

- Jasa Pembuatan Sumur bor Jetpump 25 m s/d 60m
Diameter jambang Pipa maksimum 4 Inch dan Pompa Yang digunakan dapat menggunakan Jetpump

- Jasa Pembuatan Sumur bor Semi Artesis 40 s/d 100
Diameter jambang pipa maksimum 5” dan dapat menggunakan Pompa submersible 1 – 1,5 HP.

- Jasa Pembuatan Sumur Artesis 60 m s/d 200 m
Diameter jambang pipa maksimum 6” dan dapat menggunakan Pompa Submersible 2-5 HP

- Jasa Service/perbaikan/penggantian Berbagai macam pompa air
Layanan ini adalah perbaikan baik Suku cadang, maupun gangguan yang diakibatkan oleh sumur yang bermasalah maupun gangguan lainnya.

- Jasa Service/perbaikan Plumbing (saluran air) yang diakibatkan Mampet dll.
Layanan ini adalah layanan untuk mengatasi gangguan plumbing(saluran air) baik diakibatkan oleh kotoran di saluran air, dengan menggunakan bahan kimia khusus untuk mengatasi gangguan pada saluran air, Saluran dapat lancar kembali tanpa harus merusak saluran yang ada.

Kami perusahaan yang bergerak khusus dibidang kontraktor Pengeboran untuk kebutuhan air bersih Rumah – Hotel – Apartment – Industri dan komersial lainnya.

Dengan Management dan SDM yang ada Kami terus meningkatkan kinerja dan juga menambah berbagai layanan untuk meningkatkan mutu pelayanan kami kepada para pelanggan yang telah dibina sejak 1972.

Saat ini Kami didukung oleh 20 Orang tenaga Ahli yang telah berpengalaman Dalam pembuatan Sumur bor Dalam, Service Pompa Air baik Jetpump maupun Pompa Submersible. Dan juga pekerjaan dibidang Mechanical engineering, Sipil maupun konstruksi.


Jasa Online Desain dan Pemborong Rumah 021-73888872
(c34 )
Jasa Online Desain dan Pemborong Rumah 021-73888872

Tidak ada komentar:

Posting Komentar