Senin, 06 Agustus 2007

"Skylight", Gaya Lain untuk Kualitas Sebuah Rumah Tinggal

SKYLIGHT adalah ventilasi cahaya pada bidang langit-langit rumah/gedung sebagai upaya meningkatkan intensitas pencahayaan ataupun untuk menghadirkan pemandangan alam langit ke dalam rumah tinggal/gedung secara langsung.

Skylight suatu terobosan sederhana dalam dunia arsitektur yang sesungguhnya sangat inovatif dan dapat meningkatkan kualitas sebuah rumah tinggal, tetapi pada kenyataannya masih sangat jarang diterapkan di Indonesia. Hal ini terutama karena skylight merupakan suatu desain yang jarang diaplikasikan sehingga menimbulkan keragu-raguan bagi masyarakat umum dalam pelaksanaannya.

Langit-langit

Karena tujuannya untuk "memindahkan" suasana langit ke dalam rumah secara vertikal, skylight memang mutlak ditempatkan di langit-langit ruangan. Rancangannya dibuat sedemikian rupa sehingga menembus plafon sampai ke atap rumah.

Selain itu, dianjurkan penempatannya pada ruang khusus di bagian lantai atas rumah untuk menghindarkan berbagai upaya kriminal (misalnya sebagai akses pencuri masuk ke dalam rumah).

Skylight pada langit-langit rumah ada yang dibuat secara permanen dan ada pula yang bukaan menyerupai jendela.

Pada sebuah rumah tinggal yang area (bawah) rangka atapnya dimanfaatkan pula (semisal sebagai kamar bermain anak), pembuatan skylight berupa jendela pada dasarnya memang mengacu kepada ventilasi udara. Toh, dalam hal ini sasaran pembuatan sebuah skylight pun dapat diperoleh secara penuh.

Hal yang riskan dari skylight berbentuk jendela ini dibandingkan dengan skylight permanen ialah masalah kebocoran. Adanya bukaan (jendela) memberikan peluang bagi air hujan untuk menerobos celah-celah sekecil apa pun. Oleh karena itu diperlukan upaya pengedapan yang baik dan sempurna.

Material yang paling pas untuk skylight ialah lempengan kaca ataupun material lain yang bening. Hal itu dimaksudkan agar tujuan menghadirkan pemandangan alam langit atau (setidaknya) intensitas cahaya secara total tercapai.

Beberapa jenis material yang dapat menunjang tujuan tersebut, antara lain, lembaran serat fiber, seng plastik, dan polikarbonat. Namun, kualitas beberapa jenis material ini dapat berubah akibat pengaruh cuaca setelah beberapa waktu lamanya.

Kaca merupakan material yang paling resisten terhadap hantaman cuaca seperti panas dan hujan. Namun, pemasangannya harus cermat karena riskan dengan kebocoran oleh air hujan. Sangat perlu diperhatikan pengaliran air yang baik untuk mencegah penumpukan volume air yang pasti banyak di langit-langit (skylight) tersebut yang mungkin dapat meluap ke dalam rumah.

Skylight biasanya dibuat mengikuti bentuk atap, baik yang horizontal ataupun yang miring. Ini adalah bentuk skylight yang sederhana, tetapi tidak mengurangi fungsi sebenarnya.

Ada juga yang dibuat khusus berupa kubah berbentuk setengah bulatan. Untuk desain bentuk kubah ini diperlukan material (kaca) yang dipesan secara khusus. Dalam kasus ini dibutuhkan biaya besar, khususnya untuk pemesanan lempengan kaca berbentuk bulatan tersebut.

Bahan kaca untuk skylight bentuk kubah biasanya berupa kaca yang berornamen atau telah tersentuh desain-desain khusus. Sebagian berupa kaca warna- warni hasil patri, lukis, dan sebagainya. Sebagian lainnya berupa kaca bening yang didesain lewat karya seni patri, bevel, grafir, sandblast, dan sebagainya.

Ornamental atau polos

Kaca dengan tambahan ornamen tertentu (dan apalagi colorful) menghasilkan nuansa yang diinginkan desainernya. Ditujukan terutama untuk mendapatkan efek yang optimal dari tumpahan cahaya matahari di langit-langit rumah.

Di lain pihak kaca polos baik juga untuk menikmati keindahan langit, khususnya di malam hari (awan, bintang dan bulan). Akan tetapi, semburat awan di langit pada pagi dan sore hari pun merupakan keindahan alam yang cukup memesona.

Menghadirkan intensitas cahaya alami yang lebih ke dalam rumah sangat baik bagi kualitas sebuah rumah tinggal dan kehidupan para penghuninya. Sebaliknya, dibutuhkan pula kecermatan dan perhitungan tertentu, tidak sembrono-sembronoan.

Yoppy OL Pemerhati Rumah

Jasa Online Desain dan Pemborong Rumah 021-73888872

Tidak ada komentar:

Posting Komentar