Senin, 06 Agustus 2007

Alami dan Tropis di Hunian Moderen

Konsep desain bergaya tropis kontemporer bukan hanya sekadar menampilkan dominasi material alami, wujud bangunan yang simpel dan ventilasi terbuka tetapi juga memperhatikan sistem keseimbangan dan bangunan yang menghadirkan keteraturan serta kesinambungan antarruang.

Gagasan desain seperti ini bertitik tolak dari keinginan pemilik rumah yang diliput Griya Asri. Dia ingin mewujudkan suasana alami dan kasual dalam hunian modern sekaligus mendayagunakan potensi lahan. Sebagai gambaran, kondisi tapak yang berlokasi di kompleks perumahan elite di Bogor, Jawa Barat ini bentuknya meluas ke arah belakang (bentuk ngantong). Bagian belakang kavling seluas 1000 m2 ini menghadap ke arah danau dan deretan pepohonan besar yang hijau dan rindang. Adapun, peraturan di kawasan ini menetapkan bahwa setiap hunian tidak boleh dipagari masif sehingga faktor keamanan dan privasi perlu perhatian ekstra.

Menyikapi kondisi seperti ini, pemilik bersama dengan Setiadi Sopandi, Supantah dan Ita Burhan dari tim konsultan Indra Tata Adilaras berupaya memanfaatkan ruang luar secara visual agar penghuni dapat menikmati dan mengendalikan lingkungan di sekitar rumah sambil bersantai. Pemilik dan tim konsultan menerapkan prinsip rumah tropis diantaranya menghadirkan atap pelana yang dominan, teritis penahan panas matahari dan plafon yang tinggi di setiap lantainya. Desain ini berhasil memaksimalkan sirkulasi udara segar dan masuknya cahaya alami serta membuat sejuk ruang dalam rumah.

Tim konsultan juga merancang bukaan lebar berupa jendela mati dan pintu lipat-geser dari lantai hingga plafon terlihat pada dinding belakang dan setiap kamar tidur. Setiap ruang didesain dengan berorientasi ke arah luar dan memiliki area transisi berupa teras dan balkon. Desain bukaan ini berhasil ”memasukkan” ruang luar ke dalam rumah sekaligus memaksimalkan pemandangan ke arah lingkungan sekitar. Perletakkan fungsi kamar tidur sendiri mengacu oleh perhitungan fengshui yang ditentukan pada proses dini perancangan.

Oleh karena itu tim konsultan mengembangkan rancangan sesuai dengan prinsip tersebut sehingga melahirkan konsep arsitektur dan mempertegas identitas desain. Layout ruang ditata simetris dengan satu sumbu maya yang menjadi poros sedangkan ruang-ruang lainnya disusun dengan pengulangan modul yang teratur dan berhierarki. Lantai bawah hunian disusun untuk foyer, ruang tamu, ruang makan, pantry, area tangga, kamar tidur tamu dan ruangan hiburan sedangkan lantai atas untuk kamar tidur utama, ruangan menonton tv, balkon untuk area makan pagi, dua buah kamar tidur anak dan sebuah studio.

Hierarki ruang dan fokus pandangan juga menjadi perhatian tim konsultan misalnya berupa area transisi dari luar ke dalam bangunan, perbedaan ketinggian lantai, pilihan material dan finishing yang digunakan. Hal ini terlihat pada area teras, foyer dan ruang dalam yaitu ketika memasuki bangunan, tamu “digiring” untuk melihat langsung ke halaman belakang tempat terdapat reflecting pool yang bersebelahan dengan teras dan taman belakang. Prinsip desain menegaskan ciri tropis kontemporer sekaligus mengekspresikan karakter pemilik dalam hunian.

Konsep tropis kontemporer juga diwujudkan pada pemilihan bentuk furnitur dan aksesori yang didominasi oleh komposisi garis-garis yang tegas / clean lines dan dominasi kotak-kotak geometris. Pengolahan finishing-nya juga menonjolkan karakter setiap material yang meliputi tekstur, warna dan motif serta ditunjang oleh tata pencahayaan yang tepat seperti seperangkat sofa dari jalinan rotan di teras belakang. Bahan ini dikombinasikan dengan material yang kontras seperti kulit dan kain sebagai pelapis sofa. Pemakaian elemen soft furnishing seperti karpet juga memberi kesan lembut dan nyaman pada ruangan. Sebagai eye catcher, dinding area tangga ditutup dengan marmer berlubang jenis travertine warna cokelat sedangkan area pantry dengan marmer jenis statuario berwarna putih keabu-abuan. Khusus di ruangan hiburan, seluruh dindingnya dipasangi material kedap suara untuk menghasilkan akustik ruangan yang berkualitas kemudian dilapisi oleh plywood zebra warna cokelat gelap. Untuk elemen dekoratif, tim konsultan mengombinasikan kerajinan tangan bergaya etnik modern dengan tanaman dalam ruang dan rangkaian bunga yang eksotis sehingga mempertegas suasana tropis dalam interior hunian. (Imelda Anwar)

Jasa Online Desain dan Pemborong Rumah 021-73888872

Tidak ada komentar:

Posting Komentar