Selasa, 22 Januari 2008

Sudut-sudut Nyaman di Rumah Tinggal

Sudut-sudut Nyaman di Rumah Tinggal

MASIH adakah sudut-sudut di rumah Anda yang belum termanfaatkan? Atau, serambi-serambi di sisi rumah yang masih bisa diolah menjadi sudut-sudut santai yang cantik dan manis?

Bila rumah sudah dihuni lebih dari sepuluh tahun, biasanya rutinitas perawatan rumah sudah seperti robot. Penghuni pun sudah tidak punya waktu khusus lagi memperhatikan setiap sudut rumah, maka keindahan dan kenyamanan sudah tidak terperhatikan lagi.

Semua diserahkan kepada “tukang kebun” dengan instruksi agar halaman, taman dan sudut-sudut rumah selalu harus rapi, bersih terawat. Begitu, kan?

Bahwa area-area tersebut perlu penyegaran dan perubahan, mungkin tidak terpikirkan. Padahal dengan aktivitas keseharian anggota keluarga yang begitu tinggi, pada saat tertentu seringkali kita membutuhkan tempat untuk berkumpul seluruh keluarga dalam suasana mesra.

Sekadar melampiaskan rindu sambil memanjakan keluarga dengan tempat yang santai, ramah, hangat, kursi yang empuk, pemandangan yang menyenangkan.Terlebih bila dilengkapi dengan hidangan teh atau kopi panas, cemilan kesukaan keluarga, bersama seluruh anggota keluarga dengan penuh keakraban. Wowww!

Apakah untuk mendapatkan suasana seperti itu kita harus selalu pergi ke suatu tempat khusus yang jauh dari rumah?

Untuk menghilangkan kejenuhan di rumah, sekali-sekali sih boleh-boleh saja. Tapi, tidak ada salahnya juga bila tempat-tempat seperti itu kita ciptakan sendiri di rumah.

Memang, menciptakan area seperti yang diinginkan membutuhkan lahan yang relatif agak luas. Tapi bukan berarti harus dibuat mewah dan mahal loh. Yang penting di sini, ada niat, sedikit kreativitas dan usaha yang sungguh-sungguh dalam mewujudkannya.

Area ini bisa berada di beranda, bisa juga di area khusus sejenis gazebo atau saung atau bisa pula di sudut halaman belakang yang rindang.

Yang harus diperhatikan mungkin perangkat duduk. Perangkat duduk tidak perlu mencari bentuk-bentuk yang terlalu serius, malah kalau memungkinkan, bisa mencari barang-barang di gudang yang sudah lama tidak terpakai, seperti kursi kayu atau bale-bale atau mungkin tempat tidur tempo dulu dengan tiang-tiang kelambu di setiap sudutnya.

Coba keluarkan semua barang-barang tersebut dari ruang penyimpanan barang bekas, dibersihkan, diperbaiki bentuknya, di warnai ulang atau dipolitur ulang, rasa-rasanya bentuk lama akan kembali utuh dan menarik.

Kursi makan tempo dulu yang terbuat dari kayu bisa kita buat menjadi kursi taman dengan memotong sedikit kaki-kakinya ( kurang lebih 5 cm, karena tinggi kursi makan rata-rata 45 cm, sementara kursi taman sebaiknya dibuat agak lebih rendah agar lebih santai). Bila sudah diperbaiki dan kembali terlihat menarik bisa diletakkan di satu sudut halaman dengan penataan yang berbeda. Area lantai mungkin akan lebih menarik bila dilapisi dengan paving blok atau batu kali pipih bertekstur halus agar perangkat kursi tidak berhubungan langsung dengan rumput atau tanah. Selain itu juga mempermudah perawatannya. Kalau memungkinkan, lengkapi juga dengan bale-bale atau bangku panjang agar lebih berkesan hangat.

Di sudut lain, untuk membuat tempat tidur lama atau bale-bale nyaman diduduki, hamparkan semacam kasur tipis. Lapisi kasur dengan kain pelapis berwarna cerah dan lembut berbahan katun agar tidak kaku dan nyaman ketika bersentuhan dengan kulit. Lengkapi juga dengan bantal-bantal hias sebagai pelengkap.

Agar tempat tidur bekas ini (atau bale-bale atau saung mungil) terlihat lebih cantik, mengapa tidak kita gantung kelambu atau semacam tirai tipis dengan warna-warna lembut bak sebuah peraduan putri di taman istana?

Yang lebih penting lagi, tanaman-tanaman hias yang terawat baik dan sehat, juga pepohonan rindang dan sejuk di sekitar area ini akan membuat tempat bersantai kita tidak kalah dengan tempat-tempat rekreasi di hotel-hotel mewah.

Kadang-kadang, hanya beberapa langkah yang kita lakukan, namun dampaknya sangat luar biasa, baik terhadap diri kita sendiri maupun bagi anggota keluarga penghuni rumah secara fisik juga psikis.

Jadi, jangan pernah memandang remeh perabotan bekas yang selama ini menjadi penghuni gudang di rumah Anda


Jasa Online Desain dan Pemborong Rumah 021-73888872

Desain Rumah Minimalis Design Interior Eksterior Jasa Renovasi Bangunan Arsitektur Moderen Gambar 3D Animasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar