Kamis, 31 Januari 2008

Kredenza, Furnitur Mini yang Multifungsi

Kredenza, Furnitur Mini yang Multifungsi


MELETAKKAN pernak-pernik atau hiasan di atas kredenza tidak bisa asal asalan. Perlu trik agar penghias interior rumah ini terlihat cantik dan menawan. Banyak orang yang kurang akrab dengan sebutan kredenza pada penamaan sebuah furnitur.

Padahal, sebagian besar ruangan di setiap rumah terdapat kredenza sebagai elemen interior ruangannya. Walau furnitur mini ini sering luput dari perhatian orang, penataannya tetap harus diperhatikan. Sebenarnya jenis furnitur yang satu ini biasa ada di ruangan pada rumah Anda. Peran kredenza yang sangat fungsional membuat furnitur ini menjadi salah satu item yang harus Anda miliki dalam rumah. Kredenza mempunyai beberapa fungsi yang dapat Anda manfaatkan.

”Kredenza berfungsi sebagai tempat penyimpanan sekaligus menjadi dekorasi sebuah ruangan,” sebut desainer interior Timothy Iddo Malachi. Hal senada juga diutarakan desainer interior Erfiena.” Selain sebagai tempat penyimpanan (storage), kredenza juga dapat menjadi aksen atau pemanis sebuah ruangan dan tempat meletakkan pajangan,”ucapnya. Dalam sebuah rumah, kredenza sangat diandalkan untuk menaruh dan menyimpan berbagai jenis barang. Baik itu hanya benda-benda kecil (pernak-pernik) maupun barang-barang yang penting dan berukuran besar, misalnya televisi.

Kredenza sangat sesuai diletakkan di ruang keluarga atau di ruang makan berukuran luas.Sebenarnya,furnitur mini ini dapat diletakkan di ruangan apa saja. ”Tapi, penempatannya di ruang mana tergantung dari model dan desain kredenza itu sendiri seperti apa,”papar Erfiena dari Celta Ferer Interior Design & Furniture. Dilihat sekilas, kredenza memiliki bentuk yang sama dengan lemari pakaian. Namun, ukuran kredenza jauh lebih kecil daripada lemari.

”Rata-rata ukuran kredenza itu tingginya sekitar satu meter dengan dua sampai empat pintu,” kata Timothy yang akrab dipanggil Timmy. Menurut Timmy yang mengelola blog igloodesigndecor. multiply.com, fungsi kredenza yang diletakkan di ruang makan tak jauh beda dengan fungsi kredenza di ruangan lain.Fungsinya adalah untuk menyimpan peralatan makan atau bisa juga menjadi tempat menaruh hidangan saat acara jamuan makan. Kredenza juga klop diletakkan di ruang foyer, area khusus dalam rumah yang berfungsi sebagai ruang transisi sebelum memasuki ruang tamu.

Di sinilah kredenza menjadi point of interestsebu interestsebuah ruangan. Karena itulah harus ditata seapik mungkin mengingat letak foyer berada di urutan pertama di dalam rumah. Walaupun bentuk dan tingginya itu termasuk ”mini”, ukuran kredenza tersebut berbanding terbalik dengan perannya yang besar. Lagi pula kehidupan rumah tangga pasti memerlukan sebuah benda yang dapat menyimpan berbagai macam barang. Kredenza itu penting tidak penting karena kembali lagi ke kebutuhan penghuninya.

Meski begitu,tak bisa dimungkiri kalau setiap penghuni rumah memang memerlukan kredenza karena multifungsi,” kata Erfiena yang sudah bergabung di Celta Ferer selama tiga tahun. Berbagai macam ukuran panjang bisa disesuaikan dengan ukuran ruangan yang akan ditempati kredenza. Sebaiknya Anda meletakkan kredenza menempel dengan dinding sebuah ruangan. Dengan begitu, ukuran panjang kredenza tak jadi soal dengan luas ruangannya.

Namun, tak ada salahnya jika Anda memosisikan kredenza di tengah ruangan. Selain berfungsi sebagai tempat penyimpanan, kredenza pun berperan ganda yakni menjadi pembatas antara ruang satu dan ruang lainnya. ”Sangat bagus jika Anda menaruh kredenza dengan model dua muka, jadi bagian depan belakang terlihat sa- ma,” saran Timmy, alumnus Universitas Trisakti. Timmy mencontohkan, misalnya ruang keluarga dan ruang makan yang berdekatan dapat ”dipisahkan” dengan kredenza dua muka tersebut. Hasilnya pasti akan lebih optimal dan efisien. (wida/MG14) okezone

Jasa Online Desain dan Pemborong Rumah 021-73888872

Desain Rumah Minimalis Design Interior Eksterior Jasa Renovasi Bangunan Arsitektur Moderen Gambar 3D Animasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar