Kamis, 10 Januari 2008

"Dining Room" yang Membangkitkan Selera

"Dining Room" yang Membangkitkan Selera

"DINING room" atau ruang makan dalam sebuah rumah merupakan salah satu tempat yang sentral. Penataan ruang makan yang cantik akan mampu membangkitkan selera makan. Ruang makan bergaya modern yang dikombinasikan dengan gaya klasik, misalnya, memberi kesan anggun dan romantis

SEDANGKAN ruang makan bergaya klasik Inggris dengan kursi bergaya Prancis, dan warna dinding yang lebih cerah, mengesankan sebuah kesegaran. Penataan kedua ruang makan itu setidaknya mampu membangkitkan selera makan penghuni rumah.

Pada dining room bergaya modern, kata Rini I Sukasdewo, arsitek lulusan Universitas Indonesia (UI), tampak pada model furnitur yang digunakan, serta tidak adanya profil pada list plafon. Furniturnya simpel dengan kaki kursi yang ramping, tapi tekstur kain pelapis kursi merupakan fabrikan sehingga kesan kombinasi dengan gaya klasik sangat terasa.

Pengolahan pada dinding dibuat berkotak-kotak, sedangkan gerbang pemisah ruangan (architrave) digunakan marmer. "Ini merupakan aksen agar terkesan lebih mewah," kata Rini dalam percakapan dengan Kompas, Selasa (22/4). Meja kecil panjang (console) yang terbuat dari batu granit hitam memberi kesan simpel dan itu salah satu ciri gaya modern. Plafonnya sengaja dibuat tinggi sehingga terkesan lebih luas.

Permainan lighting juga sangat penting. Penggunaan indirect lighting memberi kesan romantis dan anggun, sebab lampu tidak langsung menyinari seluruh ruang makan, akan tetapi hanya pada bagian-bagian tertentu saja. Aksesori pemanis seperti vas bunga dan pot bunga di meja makan menambah kesan tersebut.

Gaya modern dining room ini dikombinasikan dengan gaya klasik, yang terlihat jelas pada penggunaan chandelier (lampu gantung) dan wall lamp (lampu dinding), serta pada mirror (kaca) yang dipasang di dinding ruang makan. Adapun lantai ruang makan berpola diagonal dengan border agar terkesan seperti ada frame.

Sementara pada dining room bergaya klasik Inggris, menurut Rini, ditonjolkan warna cerah agar muncul kesan segar. English dining room ini dipadu dengan beberapa elemen, seperti kursi makan bergaya khas Perancis dan meja makan bergaya mediterania yang terbuat dari batu granit. Pemberian warna cerah di sekitar ruang makan, mengesankan adanya kesegaran. Apalagi ada bunga-bunga di vas dan jendela yang memungkinkan udara segar masuk ke ruangan.

Lantai di ruang makan ini tidak berpola (pattern), menggunakan kayu (parquete) dengan pilihan warna terang, coklat muda. Supaya kesannya lega, dipasang kaca yang ditanam di dinding. Plafonnya juga dibuat tinggi sehingga terkesan lebih lapang. Pada list plafon ada profil. Lampu yang digunakan bergaya klasik Eropa.

Ruang makan ini terkesan indah, terutama pemiliknya memasang gorden yang mengikuti bentuk pintu yang melengkung agar kemegahan pintu tetap terlihat makin indah.

Arsitek Rini berpendapat, sebuah dining room harus memperhatikan pencahayaan agar tercipta suasana romantis dan kesegaran yang mampu membangkitkan selera makan. Peran lampu gantung di atas meja makan-apakah itu gaya modern atau klasik-dianggap penting. Agar sebuah ruang makan terkesan luas dan lapang, sebaiknya plafon dibuat lebih tinggi.

Pada rumah yang ukurannya lebih luas dan besar, biasanya pemiliknya membedakan antara ruang makan keluarga sehari-hari dan ruang makan formal untuk menjamu tamu. Namun pada rumah-rumah yang sedang dan kecil, dining room sebaiknya ditata sebaik mungkin, diciptakan untuk membangkitkan selera makan. (KSP)

Jasa Online Desain dan Pemborong Rumah 021-73888872

Desain Rumah Minimalis Design Interior Eksterior Jasa Renovasi Bangunan Arsitektur Moderen Gambar 3D Animasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar