Kamis, 03 Januari 2008

Bisnis Rumah Kost Dari Pembiayaan

Usaha dan Bisnis Rumah Kost Dari Pembiayaan

Saya ingin berbisnis rumah kost. Namun, modal yang saya punya sepertinya belum cukup untuk mendirikan rumah kost dengan sepuluh kamar. Saya mohon saran, bagaimana cara terbaik untuk mendapatkan pembiayaan? Jika pembiayaan dari bank, bagaimana syaratnya? Terima kasih.

Ade, Medan


Jawaban:

Pak Ade, senang mendapatkan e-mail dari Anda. Saya akan membantu memberikan jalan keluar kepada Anda. Ide Anda sangat luar biasa, Pak. Dengan mendirikan rumah kost, tentu yang Anda harapkan adalah pemasukan rutin dari pembayaran sewa para penghuni yang menempatinya. Bagaimana Pak dengan lokasinya, apakah di tempat yang cukup strategis, dalam arti lokasinya dekat dengan suatu keramaian seperti perkantoran, pabrik atau universitas? Saya rasa Anda lebih pandai menetapkan lokasinya ya Pak. Karena biasanya semakin dekat dengan pusat bisnis atau industri maka Anda tidak perlu pusing-pusing memasarkannya. Merekalah yang akan datang dengan sendirinya untuk menyewa rumah kost Anda sebagai tempat berteduh.

Saya tidak bisa memberikan saran secara tepat saat ini, karena Anda tidak menyebutkan besaran jumlah dana yang dibutuhkan. Apabila memang sekiranya dana yang Anda butuhkan nilainya tidak terlampau besar, kira-kira dibawah Rp 50 juta, saran saya sih coba saja Anda pinjam kepada keluarga atau kerabat dekat terlebih dahulu. Mengapa? Sebab, bank biasanya sulit menyalurkan dana dalam jumlah yang terlalu kecil. Dan apabila Anda meminjam atau mencari pembiayaan kepada saudara atau sahabat, mereka akan lebih fleksibel dalam segala hal, baik dari tingkat bunganya (bahkan banyak yang tidak mengenakan bunga) sampai pada waktu peminjamannya. Namun perlu diketahui, Anda perlu membuat perjanjian di atas kertas terkait pembiayaan tersebut dan tentunya Anda perlu menepatinya agar tidak mengganggu hubungan baik yang selama ini telah terjalin.

Sedangkan apabila dana yang Anda butuhkan nilainya memang cukup besar atau di atas Rp 50 juta, maka sepertinya cara paling baik yang dapat Anda lakukan adalah dengan memanfaatkan jasa perbankan. Saat ini, banyak sekali bank yang menawarkan kepada masyarakat kredit pinjaman untuk keperluan produktif maupun konsumtif, di mana pihak bank akan memberikan pinjaman sejumlah dana yang dibutuhkan oleh masyarakat untuk berbagai kebutuhan. Tapi ada satu produk yang tepat untuk digunakan yaitu dengan melalui Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Dengan KPR ini, Anda akan mendapatkan dana untuk membangun rumah kost yang tentunya dengan mengagunkan sertifikat tanah tersebut.

Untuk prosesnya tidak akan memakan waktu terlalu lama, selama syarat dan ketentuan yang mereka tetapkan Anda penuhi dengan segera. Mengenai bunga yang dikenakan pun cukup kompetitif. Dan yang enaknya lagi, jangka waktu KPR pun cukup lama, maksimal sampai 15 bahkan ada yang 20 tahun. Nah, untuk mudahnya lebih baik Anda datang saja langsung ke beberapa bank terdekat di kota Anda yang menawarkan KPR, lalu buatlah perbandingan mana yang cocok untuk Anda karena setiap bank yang menawarkan KPR pasti ada lebih dan kurangnya. Yang perlu diketahui adalah cicilan, yang sebaiknya tidak melebihi 30 persen dari penghasilan yang Anda terima setiap bulannya. Apabila melebihi nilai tersebut, dikhawatirkan akan mengganggu pos-pos pengeluaran lainnya.

Salam,
Ahmad Gozali
Perencana Keuangan


Jasa Online Desain dan Pemborong Rumah 021-73888872

Desain Rumah Minimalis Design Interior Eksterior Jasa Renovasi Bangunan Arsitektur Moderen Gambar 3D Animasi

1 komentar: