Minggu, 27 April 2008

Menata Ruang Keluarga



Jasa Online Desain dan Pemborong Rumah 021-73888872

Desain Rumah Minimalis Design Interior Eksterior Jasa Renovasi Bangunan Arsitektur Moderen Gambar 3D Animasi

Menata Ruang Keluarga
Ada tiga benda yang tak boleh absen dari ruang ini: tempat duduk, televisi, dan meja jamuan.

Ruang keluarga (living room) merupakan jantung dari sebuah hunian. Di ruang inilah seluruh anggota keluarga berkumpul, bersantai, ngobrol, menonton televisi dan beragam aktivitas lain yang dilakukan bersama.

Fungsinya yang sangat penting dan kenyamanan yang ditawarkannya, membuat banyak keluarga memfavoritkan ruang ini. Sebagai tempat favorit, tak berlebihan jika ruang keluarga mendapat perhatian lebih untuk ditata.

Jadikanlah ruang yang biasanya berada di tengah-tengah rumah ini terasa nyaman dan hangat. Maka, Anda dan keluarga pun akan betah berlama-lama di sini.

Penulis bidang arsitektur dan interior, Imelda Akmal, mengatakan, ada tiga hal yang tidak boleh absen dari ruang keluarga yakni tempat duduk, televisi dan meja jamuan.

Untuk tempat duduk, carilah yang senyaman mungkin. Pilihannya adalah sofa dengan bahan lembut, empuk dan enak di badan. Akan makin nyaman jika sofa dilengkapi dengan bantal-bantal empuk dan hangat. Sebagai penutup lantai, bentangkan karpet hangat bertekstur bulu. Jika sudah begini, fungsi sofa pun bisa merangkap menjadi tempat rebahan. ''Jangan heran jika ruang ini seringkali berubah fungsi menjadi tempat istirahat bagi penghuninya,'' kata Imelda yang sejak 1996 telah menerbitkan puluhan buku interior dan arsitektur, salah satunya yang terbaru Living Rooms.

Jangan lupakan pula televisi, sebab ruang ini menjadi tempat berkumpul sekaligus menikmati hiburan. Acara favorit di televisi bisa ditonton bersama. Sesekali bisa juga memutar film (VCD/DVD) favorit keluarga. Pada ruang keluarga yang hanya memiliki satu sofa panjang, maka lemari atau rak televisi sebaiknya diletakkan lurus di depan sofa.

Tak lengkap rasanya bercengkerama di ruang keluarga tanpa makanan dan minuman. Karena itu, sarjana arsitektur dari Universitas Trisakti Jakarta ini mengingatkan, perlunya meletakkan meja (coffee table). di ruang keluarga. Letakkan coffee table bentuk persegi atau oval dalam satu garis lurus di antara rak televisi dan sofa. Jika yang digunakan meja sudut, taruh saja di samping sofa sehingga antara rak televisi dengan sofa tersedia ruang yang lebih lapang. ''Karena itu hindari menaruh hal-hal yang tidak perlu di ruang keluarga. Sebab, ruang keluarga harus terkesan luas. Jika terlalu banyak barang, ruang berkumpul ini menjadi sempit dan tidak nyaman lagi bagi penghuninya,'' papar wanita yang pernah mempelajari dekorasi interior pada Royal Melbourne Institute of Technology, Australia ini.

Kesan luas pun bisa diwujudkan dengan langit-langit tinggi dan memoles warna terang di ruang keluarga. Perhatikan pula pencahayaan. Cahaya yang cukup terang akan menumbuhkan kesan luas pada ruangan.

Tak perlu ruang tamu
Kesibukan di kota besar, seperti Jakarta, menuntut warganya menghabiskan banyak waktu di luar rumah. Dengan aktivitas yang begitu banyak setiap hari, maka saat-saat di rumah lebih diinginkan sebagai saat-saat untuk bersantai bersama keluarga dan kerabat dekat saja. Jika pun menerima tamu, biasanya hal itu terjadinya pada akhir pekan dan hari libur. Tamu yang datang pun biasanya sosok-sosok yang sudah familiar.

''Jika jarang menerima tamu, untuk apa ada ruang tamu?'' tambah Imelda yang belum lama ini meluncurkan empat buku sekaligus yang tergabung dalam seri New Indonesian Design Inspirations. Dalam pengamatan Imelda, saat ini banyak pemilik rumah yang merasa tidak perlu memiliki ruang tamu. Mereka pun menjadikan ruang keluarga sebagai area menerima tamu juga.

Sebagai gantinya, banyakhunian yang memiliki //foyer// mungil sebagai ruang penerima tamu. Dan ruang keluarga menjadi ruang yang lebih luas dan terbuka untuk keluarga dan kerabat.

Walau tak ada aturan baku tentang gaya atau tatanan untuk ruang keluarga, namun banyak pilihan yang bisa dijadikan rujukan. Anda yang berjiwa modern, bisa menata ruang keluarga bernuansa modern dengan pilihan gradasi warna krem muda pada sofa dan karpet. Atau jika Anda ingin menampilkan ruang keluarga yang maskulin, tegas dan kokoh, pilihlah warna-warna gelap dikombinasikan dengan material alam.

Anda yang menyukai seni, bisa memajang koleksi benda-benda antik untuk mempercantik ruang keluarga. Penyuka batik pun dapat mendesain ruang keluarga dengan beragam aksesori bernuansa batik. Sarung bantal dan tirai batik plus furnitur (tempat duduk, lemari, meja) dari kayu ukir, akan membuat ruang keluarga Anda tampil artistik dan eksotik.

Adakalanya pemilik rumah menginginkan desain ruang keluarga yang simpel namun tidak terkesan kuno. Mudah saja, Anda harus menghindari terlalu banyak perabot. Cukup hadirkan sofa empuk dua dudukan atau tiga dudukan. Lalu, poles warna terang pada dinding. Terakhir, lengkapi dengan televisi layar datar yang mutakhir untuk menumbuhkan kesan modern. Tidak sulit, bukan?

1 komentar:

  1. artikel anda bagus dan menarik, artikel anda:
    http://www.infogue.com/
    http://rumah-taman.infogue.com/menata_ruang_keluarga

    anda bisa promosikan artikel anda di infoGue.com yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!

    BalasHapus