Minggu, 20 April 2008

Memilih Cat yang Tepat

Memilih Cat yang Tepat

Pilihan warna ruangan menentukan suasana yang akan dihadirkan. Pilihan warna cerah akan menghadirkan suasana yang yang ceria dan hangat. Sedangkan warna lembut akan menciptakan suasana tenang dan nyaman. Karena penting, pilihan warna harus tepat. Salah satunya dengan memilih cat yang tepat pula, baik dari sisi bahan pembuat maupun warnanya.

Dari sisi bahan pembuatnya, pilihlah cat yang aman dan ramah lingkungan. Yaitu cat yang tidak mengandung bahan berbahaya seperti logam merkuri (Hg) dan timah hitam atau timbal (Pb). Bahan-bahan tersebut tidak baik bagi kesehatan manusia dan bahkan berpotensi membahayakannya. Karena itu, sebelum membeli cat, perhatikan komposisi bahan pembuatnya agar tak salah pilih. Cat juga memiliki fungsi melindungi lapisan bawah (substrate).

Dengan adanya cat, permukaan dinding juga jadi lebih mudah dibersihkan. Secara umum ada empat jenis cat yang kita kenal. Yaitu berdasarkan substrate, jenis pengikat, pelarutnya, dan fungsinya. Dari sisi substrate terdapat cat kayu, besi, tembok, batu, kaca, dan sebagainya.

Berdasarkan jenis pengikatnya, cat terdiri atas cat akrilik, melamik, nitrocellulose, epoxy, synthetic, dan sebagainya. Dilihat dari pelarutnya, cat dibedakan menjadi cat pelarut solvent/thinner dan cat pelarut air. Dan yang terakhir, berdasarkan fungsinya kita kenal dempul (wood filler), wall filler, plamur, primer, surfacer, sanding sealer, dan sealer topcoat.

Selain itu, cat juga bisa dibedakan antara interior dan eksterior. Cat untuk bagian dalam rumah atau interior lebih menonjolkan sisi keindahan atau estetika.

Sebaliknya, cat eksterior atau bagian luar rumah memiliki sifat protektif terhadap cuaca. Sebab dinding luar yang terkena panas matahari, hujan, dan perubahan cuaca akan mudah rusak jika tidak ada lapisan pelindungnya (cat). Maka, sebelum membeli, perhatikan hal-hal ini.

1. Warna yang tepat. Untuk interior, semua jenis warna bisa digunakan dan tergantung selera dan keinginan. Namun untuk eksterior, hindari warna yang mengandung unsur merah sebab warna jenis ini memiliki ketahanan terhadap sinar matahari yang rendah.

2. Pilihlah cat yang mencantumkan secara jelas dan transparan kandungannya. Tidak semua perusahaan cat melakukan hal tersebut. Karena itu, sebelum memutuskan untuk memilih, bandingklanlah cat produksi perusahaan A dengan yang lain. Produsen yang bertanggung jawab akan mencantumkan data teknis cat hasil produksinya sehingga konsumen memiliki pengetahuan dan informasi yang lengkap. Pilihlah cat yang seperti itu.

3. Pilihlah cat yang berkualitas. Ini bisa dilihat dari beberapa aspek, yaitu daya sebar, daya tutup, mudah menggunakannya, dan aman bagi kesehatan lingkungan.

Selain itu, cat yang berkualitas juga lebih tahan terhadap cuaca, antijamur, tidak pudar, bisa menutup retak rambut, serta mudah dibersihkan. Namun untuk ini, kita harus mengeluarkan biaya yang lebih sebab cat yang berkualitas harganya lebih mahal. jar/ dari berbagai sumber Republika

Jasa Online Desain dan Pemborong Rumah 021-73888872

Desain Rumah Minimalis Design Interior Eksterior Jasa Renovasi Bangunan Arsitektur Moderen Gambar 3D Animasi

1 komentar:

  1. terkadang cat yang bermutu membutuhkan biaya yang banyak, kita dapat mengatasi dengan pemilihan warna yang terang dengan didukung pencahayaan alami yang banyak semisal dengan desain jendela yang lebar atau pemakaian kaca sebagai tembok, selain menghemat lampu, pemakaian cat juga dapat diminimalisir

    BalasHapus