Selasa, 17 Juni 2008

Rumah Warna-Warni

Rumah Warna-Warni

KEINDAHAN warna bisa diterapkan pada dinding rumah. Selain untuk estetika, warna pada rumah juga memiliki fungsi lain. Apakah itu?

Saat ini banyak rumah dicat dengan warna yang tidak selalu putih atau krem, melainkan dengan warna yang lebih mencolok, seperti merah dan hijau. Bahkan, ada rumah yang catnya merupakan kombinasi dua warna atau lebih.

Sedikit bermain dengan warna cerah dapat membuat hunian Anda terasa menyenangkan dan segar untuk dipandang. Selain itu, penggunaan warna lebih dari satu pada rumah juga banyak manfaatnya.

Hal ini diungkapkan desainer interior I Oetomo Aryo Bimo. Menurut dia, manfaat cat rumah warna-warni antara lain untuk memberi aksentuasi atau kesan yang berbeda agar bisa menimbulkan tampilan yang lebih variatif dan mempertegas konsep ruangan.

Sementara itu, desainer interior dari Merak Interior Decoration Tonny Harjanto mengatakan, penggunaan warna yang beragam pada interior rumah lebih tepat jika rumah tersebut luas dan lebar agar kesan terlalu luas bisa dikurangi.

Jika rumah itu kecil, menggunakan banyak warna malah akan membuat ruangan di dalamnya terasa semakin sempit. Misalnya, rumah bergaya studio, sangat tepat jika bermain warna sehingga bagian-bagian ruang jelas terlihat meskipun tanpa pembatas. Untuk bermain warna, sebaiknya disesuaikan dengan selera sang penghuni rumah.

Beberapa pakem tetap harus menjadi perhatian. Salah satunya, penggunaan warna berbeda, tetapi masih turunan warna dasar. Misalkan warna yang sama, tapi lebih soft atau bahkan lebih tua.

Aryo menuturkan, rumah bergaya minimalis modern cenderung dapat lebih leluasa memainkan warna.Warna-warnanya bisa kontras dan berani.

Begitu juga interior bergaya klasik. Tidak menutup kemungkinan mengaplikasikan warna yang berbeda pada dinding-dindingnya. Hanya, pada interior klasik, dari empat sisi ruangan, biasanya hanya satu yang berbeda warna. Itu pun lebih baik diupayakan warnanya masih turunan dari ketiga sisi yang lain.

Bisa saja rumah yang bergaya selain minimalis modern bermain otak-atik warna. Namun, jangan terlalu dipaksakan karena justru akan tidak menarik untuk dipandang. Pasalnya, setiap warna memiliki kesesuaian atau sebaliknya jika dipadukan.

Misalkan rumah tropis yang beraksen alam, dengan dinding dari kayu-kayuan, akan tampak aneh dan rancu jika diberi warna merah, hijau, biru, dan lain-lain. Pasalnya, rumah tropis lebih cocok dicat dengan warna-warna monokromatik.

Selain interior, eksterior juga bisa berwarna lebih dari satu. "Tapi, jangan lebih dari dua kalau ingin menggunakan warna-warna kontras. Bisa-bisa malah terlihat seperti taman kanak-kanak,"

Namun, jika Anda menginginkan bermain warna lebih dari satu, hal itu bisa saja dilakukan. Asalkan gaya dasar rumah Anda pantas untuk bermain warna.

Jangan sampai rumah Anda yang misalnya bergaya Mediteranian mengaplikasikan warna-warna kontras. Kalau ingin terlihat berbeda, dapat menggunakan warna monokromatik dengan warna turunannya.

Asal Anda paham, kombinasi warna apa yang cocok digunakan untuk rumah tercinta dan sesuai dengan selera, maka rumah Anda akan tampil berbeda dengan rumah tetangga. Atau mungkin lebih menarik. Bahkan, buah hati Anda mungkin bakal lebih menyukainya.

Sumber : lifestyle.okezone.com



Jasa Online Desain dan Pemborong Rumah 021-73888872

Desain Rumah Minimalis Design Interior Eksterior Jasa Renovasi Bangunan Arsitektur Moderen Gambar 3D Animasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar