Sabtu, 29 Desember 2007

Arsitek Indonesia Bakal Berkembang Pesat

Arsitek Indonesia Bakal Berkembang Pesat



Dunia arsitektur terus berkembang. Tidak hanya nama-nama yang terkenal, tapi juga karya-karya yang monumental terus lahir. Corak dan desainnya pun terus berkembang seirama dengan perkembangan zaman.

Bagi suatu bangsa, memiliki sebuah bangunan berarsitektur megah yang mencirikan budaya setempat adalah sebuah kebanggaan. Monuman Nasional (Monas) pernah menjadi kebanggaan bangsa Indonesia karena merupakan karya monumental pada masa Presiden Soekarno berkuasa. Belum lagi dengan karya-karya arsitektur lainnya yang juga menjadi sebuah kebanggan.

Arsitektur, menurut bos Ciputra Grup, Ir Ciputra, memang menjadi kebanggaan suatu bangsa. Dan kini, perkembangan dunia arsitektur sangat pesat.

Namun harus diakui, katanya, Indonesia kalah dan tertinggal jauh dibandingkan dengan perkembangan arsitektur negara-negara lain. ''Lambang kesuksesaan sebuah kota adalah karya-karya arsitektur yang dihasilkannya. Ini akan menjadi kebanggaan sebuah bangsa,'' katanya dalam sebuah diskusi di Jakarta, pekan lalu.

Ciputra menyatakan, negara-negara lain, seperti Malaysia, Cina, dan Dubai, mengalami perkembangan arsitektur yang sangat pesat. Mereka menggunakan karya arsitektur tersebut untuk promosi negaranya .

Yang bisa disaksikan, negara-negara itu berlomba untuk menciptakan karya arsitektur yang bermutu, terbesar, dan tertinggi. Misalnya Grand Tower di Kuala Lumpur yang didesain oleh seorang arsitek Amerika yang terkenal. Gedung itu menghiasai angkasa Kuala Lumpur dan Asia. Itu gedung tertinggi. Tapi di Shanghai lebih tinggi lagi. Dan yang tertinggi adalah sebuah gedung di Dubai yang mencapai 700 meter.

Melihat perkembangan tersebut, kata Ciputra, dalam lima tahun mendatang, dirinya memprediksi Dubai akan menjadi kota dengan arsitektur terindah di dunia. Mereka menggunakan jasa arsitek terhebat di dunia untuk merancang kotanya.

Mereka, lanjutnya lagi, membangun hotel dan kantor tertinggi di dunia. Bahkan, sewa hotel di Dubai mencapai 2.000 dolar AS atau sekitar Rp 20 juta per hari. Semua didesain oleh arsitek Amerika. ''Abad Asia kini sudah muncul. Dan itu dilambangkan dengan karya-karya aristektur yang hebat,'' ujarnya menambahkan.

Dunia arsitektur, katanya, hampir sama dengan dunia mode. Artinya, model dan ternyata akan selalu berkembang. Perkembangan ini mulai dari Gothic, renaissance, klasik, semi klasik, hingga yang kini berkembang adalah gaya minimalis.

Dan, saat ini menuju minimalis final. Khusus untuk gedung-gedung megah, modelnya menuju organik. ''Ini dilambangkan pada semua bandara. Di Shanghai dan Kuala Lumpur bandara begitu indah. Mereka bekerja dengan aluminium dan stainless steel. Di Bangkok juga hebat. Tapi Dubai akan menjadi yang paling hebat. Biaya pembangunan bandara di Dubai mencapai 10 miliar dolar AS. Dan harus diakui bandara kita sudah jauh tertinggal,'' papar Ciputra.

Lalu bagaimana dengan para arsitek dalam negeri? Menurut arsitek yang banting stir menjadi developer ini, tradisi arsitekur Indonesia masih tertinggal. Ini bisa dipahami karena Indonesia masih sebagai negara berkrembang. Karenanya, arsitek Indonesia pun masih berkembang.

Untuk desain rumah dan ruko yang harganya Rp 1 miliar hingga Rp 10 miliar, arsitek Indonesia sudah cukup ahli. Tapi untuk bangunan yang harganya di atas itu, kebanyakan developer di Indonesia masih menggunakan jasa arsitek asing.

''Saya baru saja dari Beijing. Saya lihat kompleks perumahan di sana harga satu unitnya sekitar Rp 150 miliar. Arsitekturnya memang sangat hebat. Pilihan bahan bangunan yang dipakai juga sangat hebat,'' ujarnya.

Meski demikian, Ciputra mengharapkan para arsitek Indonesia untuk tidak berputus asa dan terus mengembangkan diri. Dia juga melihat perkembangan arsitektur di sini cukup pesat, meski masih kalah dengan negara lain.

''Tapi kita jangan putus asa. Maju terus. Hujan batu di negeri sendiri lebih indah daripada hujan emas di negeri orang. Arsitek kita perlu diberi kesempatan. Saya yakin kita bisa berkembang dengan pesat,'' katanya optimis.


Jasa Online Desain dan Pemborong Rumah 021-73888872

Desain Rumah Minimalis Design Interior Eksterior Jasa Renovasi Bangunan Arsitektur Moderen Gambar 3D Animasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar