Sabtu, 23 Juni 2007

Titik Rawan Pemborosan dalam Renovasi

ASAL mau meluangkan sedikit waktu untuk melakukan suatu perencanaan yang matang, pelaksanaan renovasi untuk sebuah rumah idaman dapat terwujud dengan biaya yang murah dan tidak menguras dana.

Merenovasi rumah atau apartemen bisa jadi masalah yang merepotkan dan membuat pusing lantaran menguras banyak dana. Oleh karena itu, membuat perencanaan yang cermat dan penuh perhitungan sangat disarankan.

Beberapa jenis pekerjaan yang "tersembunyi" kadang merupakan sumber pengeluaran yang besar jikalau tidak disiasati dengan baik. Beberapa item pekerjaan tersebut ialah pekerjaan elektrikal (instalasi listrik), plumbing (instalasi air bersih), dan sanitasi.

Jika rumah atau apartemen yang akan direnovasi merupakan bangunan baru tentu bukan suatu masalah karena instalasi elektrikal (kelistrikan) yang terpasang merupakan instalasi baru pula. Namun jika rumah yang akan mendapatkan renovasi adalah sebuah rumah/bangunan tua, perlu untuk memberi perhatian khusus terhadap instalasi elektrikalnya, misal: instalasi kabel, sakelar dan stop kontak, serta panil lainnya.

Hunian (rumah, apartemen) yang usianya telah melampaui 10 tahun layak diperbarui instalasi elektrikalnya. Kabel-kabel yang mengelupas oleh gigitan tikus atau lantaran kualitas karetnya yang kurang bagus, atau panil besi yang berkarat dan mengeropos, tentu sangat berbahaya dalam pengaliran arus listrik.

Kebakaran sering terjadi lantaran instalasi yang tidak memadai. Musibah ini sangat merugikan dan tidak diharapkan semua orang. Mengeluarkan dana demi pengamanan aset tempat tinggal keluarga sudah patut dan tak terhindarkan.

Meski demikian, ada baiknya melakukan konsultasi dengan kontraktor terlebih dahulu guna menyesuaikan dengan anggaran yang disediakan. Sebaliknya, melaksanakan pekerjaan instalasi listrik setelah selesai pekerjaan renovasi tentu bukan keputusan yang bijak dan jelas sangat merugikan dalam hal waktu dan finansial.

Sesuaikan keuangan dalam memilih bahan/material yang hendak dipergunakan. Material mahal atau kelas satu tentulah material yang baik namun peruntukannya biasanya untuk bangunan mewah pula seperti hotel atau apartemen. Material kelas menengah sudah memadai untuk sebuah rumah tinggal.

"Plumbing"

Plumbing (instalasi air bersih) harus direncanakan dengan baik guna menghindarkan pemborosan yang tidak perlu. Instalasi plumbing yang tidak direncanakan dengan baik (berkelok-kelok dan bercabang banyak) akan sangat merepotkan dalam pendistribusian air bersih. Gambar perencanaan instalasi ini mutlak diperlukan sebelum dilaksanakan pengerjaannya, terlebih jika ingin dimintakan sambungan pipa dari PDAM.

Setiap pemilik rumah biasanya cenderung melakukan reinstalasi terhadap sistem distribusi air bersih ini. Maka sangat penting untuk diingat: plumbing harus dilaksanakan sebelum pemasangan dinding keramik kamar mandi, ataupun sebelum pekerjaan pengecatan dinding tembok yang dilalui pipa plumbing.

Pemakaian pipa pada instalasi plumbing ada dua macam, yakni pipa yang terbuat dari logam dan yang terbuat dari PVC. Bahan PVC untuk pipa plumbing merupakan terobosan inovatif yang hebat dan sangat menghematkan konsumen. Selain itu, PVC merupakan material yang tak karat.

Satu-satunya kelemahan pipa PVC ialah rawan bocor apabila sistem pengelemannya kurang rapi. Meski demikian, pipa PVC merupakan alternatif yang paling banyak dipakai masyarakat luas saat ini.

Soal harga tergantung ketebalan pipa yang jadi pilihan. Pipa PVC jenis AW dengan ketebalan memadai cukup menjamin pendistribusian yang baik.

Instalasi sanitasi (air kotor) yang buruk dapat mengakibatkan pengeluaran dana yang berlipat-lipat di kemudian hari. Gambar dan perencanaan yang baik mutlak diperlukan. Instalasi air kotor yang umumnya "tersimpan" di bawah lantai ini harus merupakan instalasi yang paten dan bukan untuk diutak-atik. Bayangkan kalau instalasi ini bermasalah dan kita harus membongkar ubin keramik sepanjang rumah untuk mencari "penyakit"-nya.

Perhatian yang lebih layak diberikan untuk pengerjaan instalasi sanitasi, bahkan juga dari segi pembiayaannya. Meski demikian, perlu diingat bahwa sistem sanitasi (pemilihan pipa) pada tempat umum (hotel, mal, dan lain-lain) tentu berbeda dengan sistem sanitasi sebuah hunian (rumah tinggal).

Instalasi yang baik sudah tentu memerlukan bahan/material yang baik pula. Namun, semua menjadi sia-sia tanpa disertai dengan perencanaan dan pelaksanaan yang tepat dan efisien.

Sangat penting untuk mencari tenaga yang ahli dan menguasai bidangnya dengan baik.

Yoppy OL Pemerhati Rumah Kompas

Jasa Online Desain dan Pemborong Rumah

1 komentar: