Jumat, 29 Juni 2007

Gaya Rumah Dengan Lahan Minimalis

TANAH dengan luas terbatas bukan halangan bagi seseorang untuk membangun sebuah rumah idaman yang lengkap dengan tamannya. Semua tergantung pada Anda. Dan sebaiknya sebelum mem-bangun haruslah dikonsul-tasikan dahulu kepada ahlinya, arsitektur.

Berapa luas tanah yang kita punya, letaknya dimana, tata ruang yang kita inginkan serta peletakan taman agar terkesan asri serta dana yang harus disiapkan untuk mendirikan bangunan sebaiknya minta saran dari arsitektur atau developer.

Mengapa harus demikian? Karena penentuan bangunan rumah harus dilihat letaknya dimana, di kota, dekat jalan besar (umum), gang atau di desa. Letak tanah akan menjadi pertimbangan bagi arsi-tektur ataupun developer dalam mendesain bangunan.

Ada berbagai gaya (desain) dalam membangun rumah seperti gaya mediterranean, country, modern ataupun gaya campuran antara country dan tropis atau tropical contemporer, western farm house dan lainnya yang masing-masin serasi pada tempat atau lingkungan yang berbeda.

Misalnya, model bangunan di jalan besar (umum) paling cocok adalah gaya modern dan bisa juga modern dengan mediterranean sehingga rumah terlihat mewah.

Sedangkan perumahan di desa atau masuk gang atau juga tanah yang sedikit meninggi dari tanah lainnya paling pas adalah gaya country sehingga terlihat mewah dan indah.

Dan kemewahan bangunan ditunjang dengan perpaduan desain untuk ruang da-lam rumah seperti kamar tamu, ruang keluarga, kamar tidur serta kamar mandi. Bagian interior menentukan nilai bangunan tersebut.

Salah satu contoh bangunan rumah bergaya country adalah perumahan di Griya Asri yang terletak di Titi Ku-ning, Jl. Karya Darma.

Bangunan rumah di sini terlihat seperti villa mini de-ngan fasad rumah bernuansa tropis dan natural bergaya campuran antara mediterranean dan country.

Rumah di perumahan tersebut berukuran 45 m2 dan berdiri di atas tanah berukuran 6 m x 19 m. Bangunan yang memiliki dua kamar tidur, ruang tamu, kamar mandi dan ruang keluarga ini meng-habiskan dana sekitar lebih kurang Rp 45 jutaan lain dengan harga tanah. Karena harga tanah setiap daerah ataupun tempat berbeda-beda jadi kita tidak menghitungnya, sedangkan harga bangunan tersebut di atas merupakan perhitungan setelah terjadi kenaikan sekitar 30% dan setelah itu lebih cenderung tetap sehingga dapat diprediksi berapa harga seluruhnya, terang Sunardi, developer perumahan Griya Asri.

Menurut Sunardi, pendirian rumah seperti di Griya Asri konsep utamanya adalah rumah yang dapat menyatu dengan taman baik di depan maupun di belakang, tetapi itu semua terpulang pada kehendak si pembeli mau diapakan kelebihan tanah di bagian belakang dan depan, mau menambah ruang atau membuat taman mini untuk kesejukan rumah, tambahnya.

"Di sini kita tawarkan untuk perumahan seperti itu sekitar Rp 130 juta, jadi siapa yang ingin memesan boleh datang kok ke perumahan Griya Asri dan melihat langsung contoh rumahnya. Agar tidak bertanya-tanya, dapat melihat langsung bagian dalamnya," promosi Sunardi. Hamzah
Jasa Online Desain dan Pemborong Rumah

1 komentar: