Jumat, 12 Oktober 2007

Keamanan Rumah...

Friday
Keamanan Rumah...


"long time ago" sewaktu saya mendesain rumah salah satu klien saya, saya agak terkejut dengan reaksi mereka tentang keamanan rumah, pada saat itu saya anggap mereka agak berlebihan, namun tentu, sebagai desainer rumah tinggal, saya tetap mendengarkan dan membantu memikirkan hal ini.

Sampai pada suatu hari, dirumah saya sendiri, ada sekelompok orang yang mencoba mencuri mobil saya, 'untung' saya terbangun dan rencana tersebut dapat terhindarkan.

Sejak itu, pandangan saya tentang keamanan rumah menjadi sangat berbeda, apalagi hasil shock therapy dari oknum2 tersebut cukup sukses, alias, hampir satu tahun saya tidak bisa tidur. Memang ketika kita mengalaminya, akan berbeda sudut pandangnya dari pada sekadar 'teori' berikut input dari saya tentang keamanan di rumah anda.

1. Masalah keamanan rumah, salah satunya ada hubungannya dengan desain, ketika anda merencanakan rumah anda, sudah dapat dipikirkan mengenai hal ini.
2. Perhatikan semua sisi rumah anda, logikanya, bila tetangga anda 'setara' dengan anda secara ekonomi, kemungkinan maling masuk justru dari halaman depan.
3. Hati-hati dengan tanah kosong disebelah rumah anda, itu adalah basecamp empuk untuk masuknya para maling.
4. Penerangan, berbeda dengan 'kebiasaan' baik untuk hemat enerji, rumah yang terang benderang tentu lebih enggak didatangi maling.
5. Sinarilah area yang gelap, termasuk tanah kosong disamping rumah anda, walaupun itu bukan tanah anda dan mungkin isinya hanya sampah.
6. Tidak ada salahnya menyalakan radio didaerah yang sepi, terutama bila anda berpergian jauh dan lama.
7. ada 2 jenis 'maling' satu yang diam-diam, satu lagi terang-terangan alias rampok, yang terakhir, tidak ada jalan lain kecuali pasrah.
8.Walau tidak semua orang 'bisa', memelihara anjing memang ada gunanya untuk menjaga rumah anda
9.Motion sensor light bisa dipasang di beberapa daerah tertentu, dan harganya juga tidak mahal.
10. CCTV, walau kadang kita merasa terlalu berlebihan, kadang justru sangat efektif, dan letakkan justru ditempat yang sangat menyolok, kita ingin menghindari maling (yang jadi ragu dengan sistem keamanan ini) bukan ingin memergoki maling.


Mungkin ironisnya, bila ingin mendesain rumah yang aman, kita sendirilah yang harus berpikir seperti...maling ;-)

Take Care...rumah-tinggal.blogspot.com


Jasa Online Desain dan Pemborong Rumah 021-73888872

Desain Rumah Minimalis Design Interior Eksterior Jasa Renovasi Bangunan Arsitektur Moderen Gambar 3D Animasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar