Minggu, 31 Agustus 2008

Rumah Asri, Rumah Asri Idaman, Rumah Asri Impian, Rumah Asri Keluarga dan Rumah Asri Aman Lingkungan

Rumah Asri, Rumah Asri Idaman, Rumah Asri Impian, Rumah Asri Keluarga dan Rumah Asri Aman Lingkungan



Rumah Asri, Rumah Aman Lingkungan

Rumah Asri, Rumah Idaman

Rumah Asri, Rumah Impian

Pengertian Asri

Pernahkah anda berkunjung ke suatu rumah dimana rumah tersebut terasa sejuk, asri dan teduh ? sekalipun rumah itu tanpa AC atau berada di dalam kota sekalipun. Jika kita pikirkan arti asri , bermakna arah pikiran kita teruju kepada warna hijau , yaitu warna rindangnya pepohonan , segarnya tanaman hias dan tanaman bermanfaat disekitar rumah.

Kita gunakan dulu daya imanijasi kita dalam membuat rumah asri dengan memilih jenis jenis tumbuhan / pepohonan yang cocok untuk rumah anda. Kami telah mencatat beberapa jenis pohon yang sangat cocok untuk ditanam di rumah , bahkan ada beberapa pohon masuk dalam kategori langka / perlu dilestarikan keberadaannya. Kita mulai membangun rumah asri dari memilih jenis tumbuhan yaitu :

1. Tanaman pohon / tumbuhan untuk halaman depan rumah asri.

Kami pilihkan jenis pepohonan yang rindang dan berbuah , sehingga ketika pohon ini sudah besar dan menghasilkan buah buah nan cantik , akan semakin menambah daya tarik rumah anda semakin menarik dan nyaman ditinggali. Jenis jenis pepohonan itu antara lain :

* Pohon Mundu
* Pohon Kesemek
* Pohon Salam
* Pohon Sawo
* Pohon Kedondong
* Pohon Nangka
* Pohon Jambu Merah
* Pohon Pakel
* Pohon Mangga
* Pohon Buni
* Pohon Jaboticaba
* Pohon Kecapi
* Pohon Delima
* Pohon Bisbul
* Pohon Sawo Kecik
* Pohon Sawo Bludru
* Pohon Tanjung
* Pohon Kepel
* Pohon Kokosan
* Pohon Duwet
* Pohon nam naman
* Pohon Gayam
* Pohon Maritam
* Pohon Gandaria
* Pohon Maltoa
* Pohon Mengkudu
* Pohon Avocado
* Pohon Kawista
* Pohon Jamblang
* Pohon Kweni
* Pohon Samolo
* Pohon Belimbing
* Pohon Jeruk Purut
* Pohon Kelengkeng

2. Untuk halaman depan atau tengah rumah asri seperti teras , pendopo dgn tanaman pendek seperti :

* Pohon Bungan Mawar
* Pohon Pakis
* Pohon Palem
* Pohon Bunga Kertas
* Pohon Bunga Dahlia
* Pohon Bunga melati
* Pohon Daun Plastik
* Pohon Palem
* Pohon Anggrek
* Pohon Orchid
* Pohon Suplir
* Pohon Paku
* Anthurium , Aglonema , Adenium , Euphorbia , Pachypodium dan Philodendrum

3. Tanaman pohon / tumbuhan di area belakang rumah asri.

Kami pilihkan jenis tumbuhan kesehatan yang mana selain menjadikan fungsi asri juga bisa dimanfaatkan untuk kesehatan secara alamiah. Berikut jenis tanaman itu :

* Pohon Adas
* Pohon Kunyit
* Pohon Temulawak
* Pohon Temu Kunci
* Pohon Jarak
* Pohon Jeruk Purut
* Pohon Tomat
* Pohon cabe Merah
* Pohon Tanduk Rusa
* Pohon Murbei
* Pohon melati
* Pohon Mengkudu
* Pohon Jambu Merah
* Pohon Lidah Buaya
* Pohon Kencur
* Pohon Kembang Sepatu
* Pohon Kecubung
* Pohon Kapulaga
* Pohon Jarak
* Pohon Jahe
* Pohon Ceremai
* Pohon Keladi Tikus
* Pohon Pepaya

Bagaimana ? sudah terbayangkan betapa asrinya rumah itu. Dari halaman depan , tengah sampai belakang ada tanaman tanaman yang sejuk , indah dan menarik. Untuk membangun rumah asri diperlukan sket / layout rumah yang memberikan ruang cukup untuk space tanaman ini.

Rumah Asriku, Rumah asrimu...

Rumah Asriku, Rumah asrimu...

Rumah Asriku, Rumah asrimu...


Sekarang, mari wujudkan rumah asri idaman Anda. Rumah asri yang sejuk membuat nyaman penghuni rumah. Jadikan rumah asri sebagai rumah yang Anda pilih untuk tempat tinggal. Dengan menerapkan konsep rumah asri kita juga telah melestarikan lingkungan. Rumah asri dapat mncegah pemaasan global atau global warming. Rumah asri baik untuk kesehatan. Selain itu, rumah asri juga dapat diwujudkan tanaman obat-obatan. Nah selain dapat manfaat kesejukkan dan kenyamanan, rumah asri juga dapat menciptakan kesehatan. Jika tananman yang ditanam di rumah asri berlebih hasil panennya maka kita dapat menjualnya. Lumayankan dapat menambah anggaran belanja rumah tangga Anda. apa sekarang Anda berminat membuat rumah asri?

Rumah Asriku, Rumah asrimu...

Rumah Asriku, Rumah asrimu...

Rumah Asriku, Rumah asrimu...




Kesimpulan:
Rumah asri banyak mempunyai nilai kehidupan dari nilai kelestarian lingkungan, nilai Kesejukkan dan kenyamanan, nilai kesehatan dan nilai ekonomis.


Rumah Asriku, Rumah asrimu...

Rumah Asriku, Rumah asrimu...

Rumah Asriku, Rumah asrimu...



Sumber modelrumah.wordpress.com



Jasa Online Desain dan Pemborong Rumah 021-73888872

Desain Rumah Minimalis Design Interior Eksterior Jasa Renovasi Bangunan Arsitektur Moderen Gambar 3D Animasi

Cari Arsitek, Cari Arsitek di Jakarta

Cari Arsitek, Cari Arsitek di Jakarta



Cari Arsitek Provesional

Cari Arsitek Terpercaya

Cari Arsitek yang Berpengalaman

Cari Arsitek-Arsitek Terkemuka di Jakarta

Rumah Merupakan tempat berteduh dan melepaskan lelah akibat aktivitas yang sangat padat. Rumah yang nyaman, asri, lengkap dengan arsitektur-arsitektur yang indah dan unik menjadi dambaan setiap orang. Dewasa ini, banyak orang mengidolakan rumah bergaya minimalis dan cluster. Tentu saja bagi kebanyakan orang yang tinggal di Jakarta dengan penghasilan yang lebih ingin mengikuti trend rumah masa kini. Tak jarang mereka mengambil arsitektur-arsitektur dari luar seperti arsitektur ala Mediterania. Perpaduan budaya barat dan timur menghasilkan suatu arsitektur yang indah, menawan serta menggemaskan bagi siapa saja yang melihat dan datang berkunjung ke rumah Anda.

Faktor ekonomi terkadang menjadi penghambat untuk mendirikan rumah idaman yang menjadi impian Anda. Setiap orang tentu berniat mendirikan tempat tinggal yang nyaman guna menjaga keharmonisan dalam berumah tangga. Selain itu, mendirikan sebuah rumah idaman perlu mencari seorang arsitek yang handal, jujur dan dap[at dipercaya. Banyak jasa arsitek yang menawarkan jasanya. Oleh karena itula, Anda harus barsikap selektif dalam mencari arsitek yang mempunyai kinerja bagus dan memadai sehingga dapat menciptakan rumah dengan arsitektur-arsitektur yang unik.

Anda Butuh Arsitek?

Anda bingung Mencari arsitek?

Jangan Khawatir! Kami punya Solusinya!!!

Desain Arsitek Rumah Tinggal Minimalis Jakarta
Wujudkan Rumah Impian Anda

Bersama Kami

Cepat, Berkualitas, Harga Ekonomis
Team bangun-renovasi-rumah
Jasa Bangun dan Renovasi Rumah | Jasa Online Sejak Tahun 1998

Silakan Hubungi:

Tel. 021-73888872
www.2u-sweethome.blogspot.com

Dijamin Anda puas dengan pelayanan kami. Anda Puas Kami senang!

Segera Wujudkan Rumah Impian Anda!



Jasa Online Desain dan Pemborong Rumah 021-73888872

Desain Rumah Minimalis Design Interior Eksterior Jasa Renovasi Bangunan Arsitektur Moderen Gambar 3D Animasi

Selasa, 26 Agustus 2008

Cari Arsitek Murah dan Berpengalaman

Cari Arsitek Murah dan Berpengalaman



Cari Arsitek Berpengalaman di Jakarta

Mau Bangun Rumah ?

Renovasi Rumah ?

Anda Butuh arsitek berpengalaman dengan harga terjangkau?

Rumah merupakan salah satu media penting dalam menjalani rutinitas keseharian kita. Rumah yang nyaman dan tertata rapi akan membuat betah bagi penghuni rumah tersebut. Rumah menjadikan cerminan keseharian bagi pemiliknya. rumah juga menjadi tempat pelepas lelah kita dari kejenuhan akibat banyak beraktivitas. Oleh karena itu, kita butuh seorang arsitek handal dalam menangani berbagai masalah di rumah anda. Dari masalah membangun dan merenovasi rumah, Anda harus benar-benar mencari arsitek yang dapat dipercaya mampu mewujudkan rumah idaman yang telah menjadi rumah impian anda sejak lama. Segeralah ciptakan rumah impian Anda agar keharmonisan keluarga tetap terjaga.

Jangan bingung cari arsitek, Kami punya solusinya.

Disini Tempatnya !

Desain Arsitek Rumah Tinggal Minimalis Jakarta
Wujudkan Rumah Impian Anda


Bersama Kami

Cepat, Berkualitas, Harga Ekonomis
Team bangun-renovasi-rumah
Jasa Bangun dan Renovasi Rumah | Jasa Online Sejak Tahun 1998

Tel. 021-73888872
www.2u-sweethome.blogspot.com

Adalah perusahaan yang melayani jasa lengkap kontruksi yang dikhususkan bagi personal maupun corporate yang sedang merencanakan project dan menginginkan ketepatan waktu, desain yang kreatif dan hasil pekerjaan yang berkualitas tinggi dengan biaya bersaing.

desain interior, gambar rumah, jasa renovasi,kontraktor proyek,rumah minimalis
www.2u-sweethome.blogspot.com

Layanan lengkap mulai dari nol hingga serah terima kunci yamg didukung oleh tenaga - tenaga arsitek, sipil dan tukang bangunan berpengalaman, telah puluhan tahun bekerja dan berkarya di bidang rancang bangun.

Memberikan solusi kepada Anda bukan hanya disain jasa arsitektur,bongkar rumah,desain rumah atau sketsa dan pelaksanaan proyek, tetapi juga kami memiliki solusi biaya yang dapat di hemat, dengan sistem pelaksanaan bangunan yang fleksibel sesuai budget keuangan dan kebutuhan Anda.

Segeralah Cari Arsitek dan Ciptakan Rumah Impian Anda!

Sumber : dunia-rumah.blogspot.com



Jasa Online Desain dan Pemborong Rumah 021-73888872

Desain Rumah Minimalis Design Interior Eksterior Jasa Renovasi Bangunan Arsitektur Moderen Gambar 3D Animasi

Senin, 25 Agustus 2008

Arsitek Islam, Membangun Visi Ke Depan Arsitektur Islam yang Lebih Maju

Arsitek Islam, Membangun Visi Ke Depan Arsitektur Islam yang Lebih Maju



Arsitek Islam dan Arsiyekturnya

Pada diskusi-diskusi oleh arsitek-arsitek ternama sebelumnya kita dapat memperhatikan kesamaan dari presentasi yang mereka sampaikan, mereka berusaha untuk membuka mata kita tentang masa depan. Mereka selalu berpikir secara jangka panjang kedepan, memperkirakan tren yang mungkin akan muncul pada tahun-tahun kedepan dengan memperhatikan kecenderungan yang ada pada saat ini.

Lebih jauh lagi pada video presentasi dari mvrdv, mereka bahkan berusaha untuk memprediksikan perubahan iklim yang ada pada lima puluh sampai seratus tahun kedepan. Dan menerapkan kecenderungan tersebut pada karya arsitekturnya.

Sejauh apa yang saya lihat dan perhatikan dari diskusi-diskusi di kampus dan forum-forum diskusi di internet, saat ini umat islam terlalu sibuk untuk merunut jati diri arsitektur islam dengan melihat jejak kebelakang. Kita sudah terlena dengan bayang-bayang kejayaan dunia islam di waktu lampau, sehingga tidak siap untuk menghadapi masa depan.

Masa lalu seharusnya tidak diperlakukan secara berlebihan, cukup menjadi track record dan catatan sejarah saja. Selanjutnya kita dituntut untuk lebih dinamis untuk menjawab tantangan perubahan zaman.

Kita harus dapat menjernihkan pikiran untuk dapat melihat kenyataan sebenarnya yang sedang terjadi pada masyarakat islam. Pokok-pokok ajaran islam yang terkandung dalam Al-Quran dan Al-Hadits berlaku sepanjang zaman. Tidak perlu khawatir islam akan bertentangan dengan perkembangan zaman. Yang ada hanya manusia yang tidak dapat menyeimbangkan dirinya dengan perkembangan sekitarnya.

The reason why Islam, and therefore its terminology is applicable universally, because it is not limited to a time period ( like Gothic) and a geographical space ( like Japanese) or a school of art like expressionism.

Akhtar Chauhan, January 4, 2005 [ archnet.org discussion forum ]

Saya pernah membaca tentang sebuah pondok pesantren, kalo tidak salah terletak di jawa timur. Jadi pondok pesantren itu sama sekali tidak menggunakan peralatan elektronik di dalam pondoknya. Menurut mereka televisi dan internet membawa lebih banyak mudharat ketimbang manfaatnya. Menurut saya tindakan mereka tidak baik untuk perkembangan islam kedepan. Bagaimana kita dapat menyusul perkembangan peradaban barat kalau belum-belum kita sudah mengisolasi diri dari perkembangan teknologi. Terkadang mungkin memang benar ada mudharatnya tapi kan ada juga manfaatnya. Disamping sinetron, televisi juga menampilkan tayangan berita yang dapat memperkaya wawasan santri, melihat daerah-daerah lain di dunia. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tekini. Hidup ini tidak hanya di akherat, islam mengajarkan untuk menyeimbangkan kehidupan dunia dan akherat. Beramal di dunia untuk pahala akherat. Jadi kita tidak dapat memisahkan kehidupan di dunia dan di akherat, atau memilih salah satunya. Menurut saya, disitulah terletak ujiannya, bagaimana kita dapat tetap istiqomah dalam memilih tayangan-tayangan yang bermanfaat diantara tayangan-tayangan yang mendatangkan mudharat. Sedikit banyak munculnya tayangan-tayangan tersebut juga merupakan andil kita, muslim yang baik akan memprotesnya. Bukan berdiam diri dan mencari amannya saja dengan tidak menonton televisi. Karena diakui atau tidak televisi telah menjadi salah satu media bagi masyarakat islam.

Islam is a ‘way of life’ - surely this fact alone would impact upon design in the sense that because we LIVE Islam, because our very souls are breathing the name of the Almighty, because Islam is a part of us, and anything that is a part of you comes through in your manner, character, personality and these are traits which essentially embody the designer in you, surely then there exists that which we classify as ‘Islamic Architecture’

Yumna Moosa, January 7, 2005 [ archnet.org discussion forum ]

Kembali ke fokus kita, jadi kesimpulan sementaranya, untuk dapat melihat visi ke depan kita tidak dapat mengabaikan kecenderungan-kecenderungan yang sedang berlaku di masyarakat kita saat ini. Karena jika kita mengabaikannya maka kita akan tercerabut dari akar masyarakat islam itu sendiri.

Kita harus dapat membedakan antara trend kebudayaan barat dan perkembangan kebudayaan kontemporer. perkembangan kebudayaan kontemporer berlaku secara umum di seluruh dunia. Seluruh dunia membangun satu peradaban besar. Hal ini mendapat pengaruh yang luar biasa dari teknologi informasi. Dimana jarak sudah tidak lagi berarti. Berbeda dengan dunia pada masa dahulu, dimana bermacam-macam kebudayaan dapat tumbuh secara parallel dengan mengembangkan cirri-ciri khasnya masing-masing. Namun sekarang hal itu sudah tidak berlaku. Saat ini dalam perkembangannya masing-masing kebudayaan tidak dapat berkembang tanpa mempengaruhi kebudayaan yang lain. Ditambah lagi dengan derasnya informasi yang semakin mempercepat akulturasi kebudayaan. Semakin mempersulit upaya-upaya untuk memisahkan kebudayaan barat dan timur, kebudayaan islam dengan kebudayaan lain dsb. Jangan sampai upaya tersebut dipaksakan, karena salah-salah upaya tersebut malah dapat mengaburkan keterkaitan masyarakat dengan islam.

Kita harus realistis bahwa keseharian masyarakat islam saat ini sudah tidak dapat dipisahkan dari teknologi dan informasi global. Para arsitek islam tidak hanya menyesuaikan arsitektur islami sesuai dengan tuntutan jaman namun juga sesuai dengan pedoman hidup umat islam yaitu Al-Quran dan Al-Hadits. Kita seharusnya tidak menentang itu semua melainkan dapat menggunakan sarana-sarana tersebut demi kemajuan arsitektur islam.

Apa yang saya maksudkan adalah arsitektur islam itu juga memiliki masa depan sama halnya dengan apa yang kita hadapi saat ini. Islam adalah agama pergerakan, kehadiran Islam di Arab merombak seluruh tatanan masyarakat yang ada saat itu di arab. Demikian pula dengan arsitektur islam kehadirannya dari masa kemasa harus disertai perkembangan yang dinamis. Tujuan kita tidak hanya menemukan apa yang sudah ditinggalkan oleh orang-orang sebelum kita melainkan juga merumuskan apa yang akan kita lakukan esok hari.

kita tidak akan tau harus menuju kemana sebelum mengetahui darimana kita berasal.

Tetapi, untuk dapat menyetir mobil kita harus melihat kedepan bukan?

Sumber : Sumber : kotakita.wordpress.com



Jasa Online Desain dan Pemborong Rumah 021-73888872

Desain Rumah Minimalis Design Interior Eksterior Jasa Renovasi Bangunan Arsitektur Moderen Gambar 3D Animasi

Arsitek Solo dan Arsitekturnya Yang Hilang

Arsitek Solo dan Arsitekturnya Yang Hilang



Arsitek Solo, Ir. thomas Karsen

Arsitek Solo Genius dan Arsitektur Modern Gaya Belanda dan Jawa

Arsitek Solo dan Arsitekturnya Yang Hilang

Pasar Gede Hardjonagoro (Jawa: Pasar Gedhé Hardjanagara) adalah pasar terbesar di Kota Surakarta atau Solo. Pasar Gede secara harafiah berarti “Pasar Besar” dalam bahasa Jawa.

Sejarah

Pada zaman kolonial Belanda, Pasar Gede mulanya merupakan sebuah pasar kecil yang didirikan di area seluas 10.421 hektar, berlokasi di persimpangan jalan dari kantor gubernur yang sekarang berubah fungsi menjadi Bailaikota Surakarta. Bangunan ini dirancang oleh seorang arsitek solo yang berasal dari Balanda, ia bernama Ir. Thomas Karsten. Ia adalah seorang arsitek yang pintar dan cerdas serta banyak mempunyai wawasan. Hal ini terbukti dari matangnya perencanaan dan konsep yang ditaruh pada setiap arsitekturnya. Kota Solo atau Surakarta ini merupakan salah satu kota pertama di Indonesia yang dibangun dengan konsep tata kota modern. Kraton yang dibangun berdekatan dengan Bebgawan Solo selalu terancam banjir. Karena itu dibangunlah tanggul yang hingga kini masih dapat dilihat membentang dari selatan wilayah Jurug hingga kawasan Solo Baru.

Bangunan pasar selesai pembangunannya pada tahun 1930 dan diberi nama Pasar Gedhé Hardjanagara. Pasar ini diberi nama pasar gedhé atau “pasar besar” karena terdiri dari atap yang besar. Seiring dengan perkembangan masa, pasar ini menjadi pasar terbesar dan termegah di Surakarta. Pasar gede terdiri dari dua bangunan yang terpisahkan jalan yang sekarang disebut sebagai Jalan Sudirman. Masing-masing dari kedua bangunan ini terdiri dari dua lantai. Pintu gerbang di bangunan utama terlihat seperti atap singgasana yang kemudian diberi nama Pasar Gedhé dalam bahasa Jawa.

Arsitektur atau Gaya Bangunannya

Arsitektur Pasar Gede merupakan perpaduan antara gaya Belanda dan gaya Jawa. Arsitek Solo yang bernama Karstenlh yang telah merancang bangunan-bangunan di kota Solo dengan gaya barat atau Belanda dengan Jawa. Arsitek inilah yang telah menciptakan suasana yang modern pada arsitektur bangunan-bangunan di kota Solo. Pada tahun 1947, Pasar Gede mengalami kerusakan karena serangan Belanda. Lalu Pemerintah Republik Indonesia yang kemudian mengambil alih wilayah Surakarta dan Daerah Istimewa Surakarta kemudian merenovasi kembali pada tahun 1949. Namun perbaikan atap selesai pada tahun 1981. Pemerintah indonesia mengganti atap yang lama dengan atap dari kayu. Bangunan kedua dari Pasar Gede, digunakan untuk kantor DPU yang sekarang digunakan sebagai pasar buah.

Pengrusakan dan Renovasi

Akhirnya arsitektur-arsitektur indah dan menawan yang dibuat oleh Karsten itu pun menghilang. Arsitek kota solo (Karsten) telah membangunnya dengan susah payah namun sekarang mulai menghilang. Selain pernah terkena serangan Belanda pada tahun 1947, Pasar Gede tidak luput pula terkena serangan amuk massa yang tidak bertanggung jawab. Meski luput serangan pada Peristiwa Mei 1998, pada bulan Oktober 1999 dengan tidak dipilihnya Megawati Soekarno Putri sebagai Presiden Indonesia meski mendapat suara terbanyak, Pasar Gede dibakar oleh amuk massa. Tentu saja pemerintah tidak tinggal diam. Namun usaha renovasi dengan mempertahankan arsitektur asli bisa berjalan dengan cepat dan dua tahun kemudian pada penghujung tahun 2001, pasar yang diperbaiki bisa digunakan kembali. Bahkan pasar yang baru tergolong canggih karena ikut pula memperhatikan keperluan para penyandang cacat dengan dibangunnya prasarana khusus bagi pengguna kursi roda.

Sumber : id.wikipedia.org



Jasa Online Desain dan Pemborong Rumah 021-73888872

Desain Rumah Minimalis Design Interior Eksterior Jasa Renovasi Bangunan Arsitektur Moderen Gambar 3D Animasi

Sabtu, 23 Agustus 2008

Arsitek-arsitek UI Ditantang Wapres Ciptakan Arsitektur Berciri Khas Indonesia

Arsitek-arsitek UI Ditantang Wapres Ciptakan Arsitektur Berciri Khas Indonesia


Arsitek-arsitek UI Ditantang Wapres Ciptakan Arsitektur Berciri Khas Indonesia

Artikel Arsitek Universitas Indonesia (UI)

JAKARTA, RABU - Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla, Rabu (19/3) malam, menantang para arsitek Universitas Indonesia (UI) untuk menciptakan bangunan yang berciri Indonesia. Bangunan tersebut bukan sekadar bercirikan kedaerahan seperti yang sering dlihat di bandar-bandar udara di daerah, akan tetapi bangunan yang bercirikan identitas dan keragaman budaya Indonesia.

Bahkan, menurut Wapres Kalla, saat memberikan sambutan di acara pembukaan Pameran Arsitektur 4 D atau 4 Dekade di Galeri Nasional Indonesia, Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, arsitek UI juga ditantang membangun bangunan dengan masalah utama yang kini dihadapi Indonesia, yaitu terbatasnya lahan tanah untuk bangunan, mahalnya energi akibat kenaikan harga minyak dunia, juga lingkungan dan aspek sosial yang muncul di sekitarnya.

"Itulah tantangan arsitek Indonesia, khususnya para insinyur alumnus Universitas Indonesia atau UI menghadapai kondisi masyarakat yang sekarang ini. Kalau sekadar membuat bangunan mewah dan modern, dengan keindahan dan serba menggunakan air condititon (AC) dan dengan harga yang sangat mahal Rp 10 juta per meter persegi, semua orang bisa. Akan tetapi, bagaimana membangun sebuah bangunan dengan kemutlakan yang dihadapi sekarang ini, seperti terbatasnya lahan, mahalnya energi, dengan biaya yang murah dan terjangkau masyarakat, itulah yang harus dihadapi," tandas Kalla.

Menurut Wapres, ia akan hadir lagi dalam pameran arsitektur Universitas Indonesia atau UI jika para arsiteknya bisa memenuhi tantangannya tersebut. "Terutama, membangun rumah susun yang menjulang ke atas, dengan ukuran Rp 2,5 juta per meter persegi bagi rakyat menengah ke bawah, itulah tantangan keahlian arsitektur," tambah Wapres. Wapres kemudian meminta Menteri Negara Perumahan Rakyat Yusuf As'yari untuk melibatkan rekan-rekan di Universitas Indonesia atau UI menciptakan bangunan berciri Indonesia tersebut.

"Kalau perlu buka sayembara untuk bisa menarik dan menciptakan bangunan berciri seperti itu, yang pada akhirnya bisa mengubah gaya hidup masyarakat Indonesia untuk tinggal di rumah susun," lanjut Kalla. Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo pun juga diminta berkonsultasi dengan para arsitek di UI untuk membangun rusun yang kini tengah digalakkan pemerintah dengan ciri-ciri Indonesia tadi, memanfaatkan terbatasnya lahan, mahalnya energi, harganya terjangkau, sesuai dengan lingkungan dan bisa memenuhi aspek-aspek sosial lingkungan sekitarnya. Pameran karya arsitektur dari sekitar 67 arsitek Universitas Indonesia atau UI itu direncanakan berlangsung selama 10 hari hingga 29 Maret mendatang.

Sumber : cyberforums.us



Jasa Online Desain dan Pemborong Rumah 021-73888872

Desain Rumah Minimalis Design Interior Eksterior Jasa Renovasi Bangunan Arsitektur Moderen Gambar 3D Animasi

Jumat, 22 Agustus 2008

Arsitek Kota Solo, Ir. Thomas Karsten Sang Arsitek Pemadu Unsur Barat dan Jawa di Kota Solo

Arsitek Kota Solo, Ir. Thomas Karsten Sang Arsitek Pemadu Unsur Barat dan Jawa di Kota Solo



Arsitek Kota Solo, Ir. Thomas Karsten Sang Arsitek Pemadu Unsur Barat dan Jawa di Kota Solo

Arsitek kota solo
Sejarah sebuah kota tidak hanya bisa ditelusuri dari perjuangan masyarakatnya. Selain melalui kondisi geologi, masih banyak saksi bisu lainnya yang bisa menceritakan perjalanan masa lalu sebuah kota, terutama ketika kota tersebut memasuki masa jaya, yaitu masa pembangunan. Di setiap kota-kota di Indonesia, pada zaman kolonial Belanda, pasti mempunyai tokoh dari kaum Eropa yang dinobatkan sebagai tokoh kunci dalam perkembangan kota itu sendiri. Contoh, ide brilian Simon Stevin diresapi Jan Pietersz Coen dalam mendirikan Kota Batavia tahun 1619.

Lalu, HT Tillema berhasil membumikan betapa pentingnya higiene dalam pembangunan kampung dan pembangunan sistem pembuangan air di Semarang tahun 1900-an. Kemudian, kehadiran arsitektur hibrid yang menjadi bukti perpaduan budaya Barat dan vernakular di Bandung, tidak lepas atas jasa Ed Cuypers, PAJ Moojen, dan Henri Maclaine Pont. Sedikit penasaran, apakah Kota Solo juga mempunyai “sutradara atau arsitek” pembangunan kota dari golongan Eropa?

Boleh dikata, sejak awal posisi golongan Eropa di Solo tidak menyenangkan dalam hubungan mereka dengan masyarakat dan pemerintah (kerajaan). Ini yang jelas terjadi dalam periode awal kolonial masuk. Sebut saja, interaksi warga kota sangat dibatasi serta diawasi. Betapa tidak, pembangunan Benteng Vastenburg disengaja untuk mengontrol keamanan kota dari pemberontakan. Warga tidak leluasa keluyuran malam, petugas yang berdiri di atas pos benteng, memukul lonceng sebagai jam malam (De Graff, 2002).

Jurang stratifikasi sosial semakin kentara setelah peraturan permukiman penduduk berdasarkan etnis (wijkstelsel) dijalankan. Bahkan, hal administrasi kerajaan pun tak luput dari monitoring. Misalnya, undangan perkawinan dari Keraton Kasultanan Yogyakarta untuk Paku Buwono X (1839-1939) harus melewati Residen terlebih dahulu (Kuntowijoyo, 2004).

Lain dengan seorang Ir Thomas Karsten (1884-1945). Meski keturunan Belanda, namun dia laksana orang pribumi (inlander). Karsten sebagai seorang arsitek kota solo . Dia cukup piawai memadukan unsur Barat dan Jawa dalam menyolek pembangunan fasilitas perkotaan. Keinginannya, dalam setiap membangun suatu bangunan harus ada keserasian dan kenyamanan antara pengguna, lingkungan sekitar dan indera mata manakala memandang. Kesewenang-wenangan arsitektur ia tanggalkan, yang mana kebanyakan arsitekBelanda sekadar ingin memindahkan gaya arsitektur Belanda ke tanah jajahan.

Pada riwayatnya, Karsten merupakan alumni Technisce Hoogesschool di Deff tahun 1914. Bubar lulus, Karsten hengkang dari Belanda menuju Indonesia atas undangan Maclaine Pont untuk bekerja pada biro pembangunan perumahan dan perencanaan kota. Ia melanglang buana, dari kota ke kota. Kota Banjarmasin, Palembang, Semarang, Bogor, Malang, Purwokerta, dan Medan pernah dirias Karsten.

Karya Karsten

Sebagai sebuah daerah yang mulai berkembang jadi kota, Kota Bengawan Solo mengalami penataan yang lebih komprehensif sejak tahun 1920-an. Dukungan dari penguasa lokal yaitu, Paku Buwono X dan Mangkunegara VII memudahkan Karsten untuk berajang kreasi. Nilai-nilai ke-Jawa-an diperoleh Karsten di Institut de Java. Di situ, kepeduliannya terhadap rakyat kecil terbangun. Di setiap rancangan, dia tidak pernah melupakan kepentingan wong cilik. Sungguh sesuatu yang jarang ditemui pada orang-orang Belanda pada waktu itu.

Pasar Gede Hardjanagara rakitan apik Karsten atau sang arsitek kota solo pada tahun 1929. Dari para pedagang, pembeli, buruh gendong hingga kaum difabel dapat merasakan kenyamanan Pasar Gede. Jalan masuk pasar yang ideal, dua jendela berbentuk pipih vertikal, dan rooster untuk lubang angin tambahan agar kesejukan ruang terpenuhi adalah menandakan Karsten sangat tanggap kebutuhan rakyat dengan kenyamanan pasar.
Bangunan eks kantor DPU yang terletak di jalan Urip Sumaharjo di sebelah barat Pasar Gede adalah ciptaan Karsten. Ada persenyawaan antara bentuk peninggalan gaya Eropa yang terlihat dari dinding yang tebal, kolom-kolom yang besar, dan kemudian dibubuhi aroma khas arsitektur Jawa dengan bahan penutup atap terbuat dari sirap mirip joglo dan limasan. Arsitek kota solo berkepala pelontos ini, juga menaruh perhatian pada pembangunan di dalam wilayah keraton. Sebagai bukti, gapura Mangkunegaran di bagian luar dan dalam tidak lain karya Karsten. Pada gapura luar kesannya lebih ringan, sedangkan pada gapura utama bersambung dengan dinding halaman Pura Mangkunegaran. Di pendhapa Mangkunegaran ada hiasan menawan yang disebut Kumudawati, borehan Karsten.

Pavilium Gusti Nurul (Pracimayasa) lahir dari ide Karsten. Bangunan ini perpaduan unsur arsitektur Barat-Timur. Di tempat itu dijumpai meja makan dan sebuah kamar ganti mewah yang diperuntukan permaisuri raja. Agar tampak asri, Karsten menambahkan jendela pada ruang makan yang terbuat dari kaca dengan hiasan motif suasana tradisional. Selanjutnya, eks rumah dinas Residen Surakarta yang berada di ruang publik Villapark Banjasari. Ini dibangun ketika Karsten menjadi penasehat atau konsultan perencanaan atau Arsitek Kota Solo.

Penyatuan lingkungan ruang terbuka dengan lingkungan Eropa kemudian menjadi tren. Itulah kecerdasan lain Karsten untuk menyertakan tata ruang dalam ranah sosial kemasyarakatan. Sehingga konsep garden city (kota kebun) yang dikembangkan di wilayah Solo bagian utara, bisa dinikmati para sinyo dan noni maupun rakyat di kala senggang. Tak hanya itu saja, arsitek yang dilahirkan pada 22 April 1884 di Amsterdam itu, juga berperan dalam pembangunan Stasiun KA Balapan, Lapangan Manahan, dan Masjid Al Wustha di Mangkunegaran.

Simbiosis

Selain Bandung dan Semarang, kota yang dipimpin Pak Jokowi ini sebenarnya termasuk salah satu kota di Indonesia yang beruntung karena masih memiliki salah satu saksi sejarah masa lalunya Karsten yang bisa dibaca lewat bangunan-bangunan tua dengan berbagai langgam arsitekturnya. Melalui salah satu kekayaan itu, setiap orang bisa menelusuri perjalanan sejarah kota dan masyarakat Solo yang begitu disayangi Karsten waktu itu.

Tidak berlebihan ia dipandang sebagai peletak dasar-dasar perencanaan kota “utopis” di Hindia Belanda. Beliau telah menolak pendekatan metode rasionalisasi perumahan gaya Eropa, yang disebutnya tidak akan berhasil diterapkan di Hindia jika tidak mampu berkompromi dengan tradisi budaya lokal. Dalam konteks menanggulangi segregasi sosial, Karsten memperkenalkan metode simbiotis, sebagaimana tercermin di Pasar Gede, Villapark, dan arena olahraga Manahan. Sayang, kalau bangunan-bangunan yang bisa menceritakan tentang sejarah kota, kebudayaan lokal dan kemuliaan Karsten pada suatu hari nanti diruntuhkan. Solo disebut kota yang tak pernah tidur. Begitu juga Karsten yang senantiasa terjaga lewat karyanya.

Pentingnya keberadaan warisan Karsten atau arsitek kota solo yang sarat humanisme ini, terletak pada kontribusi memorialnya dalam membentuk karakter lingkungan binaan di sekitarnya, namun bukan menuju pada romantisme belaka! Hal penting yang harus diperhatikan Pemkot jika ingin pelestariannya berhasil adalah (1) apa yang perlu dilestarikan? (2) mengapa ingin dilestarikan? (3) dan untuk siapa melakukan pelestarian? Kalau ketiga hal itu belum terjawab, jangan diharap pelestarian heritage di Kota Solo berhasil dengan baik.

Sumber : harianjoglosemar.com



Jasa Online Desain dan Pemborong Rumah 021-73888872

Desain Rumah Minimalis Design Interior Eksterior Jasa Renovasi Bangunan Arsitektur Moderen Gambar 3D Animasi

Izin Mendirikan Bangunan (IMB), dan Segala Ketentuan yang Terkait dengan Izin Mendirikan Bangunan (IMB)

Izin Mendirikan Bangunan (IMB), dan Segala Ketentuan yang Terkait dengan Izin Mendirikan Bangunan (IMB)



Izin Mendirikan Bangunan (IMB), dan Segala Ketentuan yang Terkait dengan Izin Mendirikan Bangunan (IMB)


* Definisi
Izin Mendirikan Bangunan adalah izin yang diberikan oleh pemerintah daerah kepada orang Pribadi atau badan untuk mendirikan suatu bangunan yang dimasuk agar desain, pelaksanaan pembangunan, sesuai rencana tata ruang yang berlaku, sesuai dengan koefisien dasar bangunan, koefisien luas bangunan, koefisien ketinggian bangunan yang ditetapkan sesuai dengan syarat-syarat keselamatan bagi yang menempati bangunan tersebut.


* Dasar Hukum
Qanun Kabupaten Pidie Nomor 23 Tahun 2002 tentang Tentang : Retribusi Izin Mendirikan Bangunan


* Persyaratan
Untuk Surat Izin Mendirikan Bangunan Baru , dibutuhkan Dokumen Sebagai Berikut :
o Permohonan kepada Bupati
o Fotokopi Kartu Tanda Penduduk
o Fotokopi Surat Tanah
o Asli dan Fotokopi NPWPD (kalau ada)
o Gambar Rancangan Bangunan
o Gambar Sketsa Lokasi Bangunan
o Rekomendasi Lurah /Geuchik dan Rekomendasi Camat


* Biaya
Untuk Pembuatan Surat Izin Mendirikan Bangunan Baru , dikenakan biaya retribusi yang ditentukan dengan rumus sebagai berikut :

o Perhitungan Biaya IMB terdiri dari Jumlah Biaya Rooi per luas lantai bangunan ditambah Biaya Retribusi.

o Besar Biaya Rooi = Harga Dasar Bangunan x Koef.Guna x Koef.Luas x Koef.Kelas x Koef.Tingkat .

o Besar Biaya Retribusi Bangunan =Rp 50.000 x Koef.Guna x Koef.Luasx Koef.Kelas x Koef.Tingkat.


* Waktu
Untuk Pengurusan Surat Izin Mendirikan Bangunan Baru dibutuhkan waktu antara 1(satu) s.d. 2 (dua) hari kerja terhitung mulai berkas masuk dengan persyaratan lengkap.

Sumber : pidie.go.id



Jasa Online Desain dan Pemborong Rumah 021-73888872

Desain Rumah Minimalis Design Interior Eksterior Jasa Renovasi Bangunan Arsitektur Moderen Gambar 3D Animasi

Arsitektur Dan Arsitek Pengalaman

Arsitektur Dan Arsitek Pengalaman


Arsitektur Dan Arsitek Pengalaman

Apa yang diperlukan untuk mendesain atau membuat karya besar arsitektur? Anda akan memerlukan banyak inspirasi dan kreativitas, tetapi pertama-tama Anda akan memerlukan kualifikasi.

Fondasi kuat untuk masa depan Anda

Sebagai mahasiswa arsitektur, Anda akan mempelajari segala hal dari desain teknik dan struktural, manajemen bangunan dan proyek, grafik dan desain, sampai bisnis.

Apabila Anda ingin belajar yang lebih luas lagi, pertimbangkan gelar ganda—Anda dapat menggabungkan arsitektur dengan arsitektur lansekap, konstruksi dan bahkan hukum.

Anda akan menghabiskan banyak waktu di studio desain dan pada tugas praktik di luar universitas. Seperti dokter dan pengacara, arsitek memerlukan pengalaman yang luas di bidangnya sebelum mereka dapat melakukan praktik. Anda dapat melihat bahwa universitas Anda akan memasukkan pengalaman kerja ke dalam mata kuliah Anda.

Sebagian besar program studi tingkat pascasarjana dirancang bagi para arsitek profesional untuk meningkatkan keahlian mereka. Tetapi, apabila seperti banyak profesional lainnya, Anda melihat arsitektur sebagai suatu disiplin ilmu dan juga praktik, Anda dapat bergabung dengan banyak mahasiswa riset yang memperluas pengetahuan mereka melalui gelar master dan doktor dalam arsitektur, seni atau desain.

Apabila Anda memilih untuk studi di lembaga pendidikan dan pelatihan kejuruan (VET/vocational education and training), Anda akan menemukan banyak program studi para-profesional atau kejuruan yang tersedia. Anda dapat menemukan informasi lebih lanjut dalam profil ‘tata lingkungan bangunan’.

Pengakuan profesional untuk karir global

Di Australia, sebelum Anda terdaftar sebagai seorang arsitek, Anda harus melakukan beberapa pengalaman praktik, sebelum menempuh ujian. Persyaratannya akan sedikit berbeda pada setiap negara, tetapi begitu Anda memenuhi syarat di Australia, gelar Anda bisa membawa Anda ke mana pun Anda inginkan.

APEC Architecture Register telah menjadikan bekerja di luar negeri jauh lebih mudah. Arsitek yang memenuhi syarat di Australia dan negara anggota lainnya dapat mengajukan izin praktik di Kanada, China, Hong Kong, Jepang, Republik Korea, Malaysia, Meksiko, Selandia Baru, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand dan Amerika Serikat.

Mata kuliah arsitektur adalah beberapa dari mata kuliah yang paling menyenangkan dan memperkaya diri, terutama saat Anda mempunyai pengalaman belajar di luar negeri.

Gunakan fungsi Search (Pencarian) kami untuk melihat daftar lembaga Australia yang menawarkan kualifikasi dalam bidang ini.

Sumber : studyinaustralia.gov.au



Jasa Online Desain dan Pemborong Rumah 021-73888872

Desain Rumah Minimalis Design Interior Eksterior Jasa Renovasi Bangunan Arsitektur Moderen Gambar 3D Animasi

Kamis, 21 Agustus 2008

Rancangan Arsitek Tidak Boleh Lari Dari Geometri

Rancangan Arsitek Tidak Boleh Lari Dari Geometri


Rancangan Arsitek Tidak Boleh Lari Dari Geometri

Geometri dalam pengertian dasar adalah sebuah cabang ilmu yang mempelajari pengukuran bumi dan proyeksinya dalam sebuah bidang dua dimensi. Cabang ilmu ini pun berkembang sesuai dengan perkembangan arsitektur yang pada dasarnya memiliki keterkaitan satu sama lain. Satu hal yang menjadi pemikiran saya dalam melihat arsitektur adalah bahwa seorang perancang tidak bisa ‘lari’ dari geometri. Pernyataan ‘lari’ disini adalah apa pun yang kita lakukan dalam merancang suatu rancangan, tidak bisa lepas begitu saja tanpa melihat geometri dari rancangan tersebut. Dunia arsitektur telah membuka mata saya bahwa tidak ada batasan dalam geometri. Tidak ada suatu titik dimana kita tidak perlu lagi memikirkan geometri dari sebuah rancangan. Seluruhnya mempunyai aturan geometri. Mungkin memang bukan aturan geometri mendasar seperti yang dikemukakan oleh Euclid dalam 13 buku Euclid’s Elements-nya, tetapi lebih luas lagi pengertian geometri mencakup kenyataan bahwa selalu saja ada aturan, selalu saja ada alasan atau argumentasi mengapa sebuah bentuk itu memiliki bentuk yang demikian. Dalam tulisan singkat ini saya akan memberikan penjabaran bahwa dalam arsitektur kita tidak bisa ‘lari’ dari geometri. Tidak ada bentuk, rancangan, konsep dalam arsitektur yang bisa lepas dari geometri. Dengan kata lain geometri dalam arsitektur bersifat mengikat.

Definisi

Geometri: Geometri dalam pembahasan ini adalah bukan hanya geometri yang terkait dengan ilmu ukur bumi atau penggambaran proyeksi muka bumi dalam selembar kertas dengan elemen titik, garis dan bidang, tetapi mencakup geometri yang terkandung dalam proses perancangan termasuk topologi.

Arsitektur: Hasil dari proses merancang sebuah wadah bagi manusia yang memiliki fungsi tertentu sesuai dengan kebutuhan dengan memasukkan nilai-nilai tambah lain.

Mengikat: Mengikat disini berarti memberikan aturan-aturan sebagai acuan dimana aturan-aturan tersebut selalu bisa diaplikasikan dalam semua hal.

Argumentasi

Untuk mendukung pernyataan bahwa geometri dalam arsitektur memiliki sifat mengikat, saya mempunyai 3 buah argumentasi yang saling terkait yaitu:

Pertama, geometri merupakan alat dasar berkembangnya arsitektur.
Kedua, geometri sebagai cabang ilmu pengetahuan berkembang cepat untuk bisa digunakan dalam proses perancangan arsitektur.
Ketiga, perkembangan geometri yang begitu luas sudah menciptakan cabang ilmu baru yang terkait sehingga tidak ada suatu arsitektur yang tidak berada dalam pembahasan geometri.
Ketiga argumentasi ini merupakan sebuah kesatuan terkait yang merupakan pemetaan perkembangan geometri sesuai dengan perkembangan jaman dan ilmu pengetahuan.

Geometri merupakan alat dasar berkembangnya arsitektur.

Arsitektur terlahir akan adanya dorongan kebutuhan manusia yang hidup di dunia ini. Kebutuhan untuk mempertahankan keberadaan diri manusia membuat manusia untuk memikirkan cara untuk berlindung dari hal-hal yang bisa mengancam keselamatannya. Pada jaman dahulu, arsitektur lahir dari proses trial and error, tanpa perancangan. Tujuannya hanya satu yaitu melindungi diri sendiri. Pada saat itulah geometri terlahir. Ilmu untuk mengukur bumi mulai berkembang seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan manusia. Jadi, arsitektur menggunakan ilmu geometri untuk mulai memahami konsep dasar bentuk yang nantinya akan diaplikasikan langsung di permukaan bumi.

Dokumentasi tertua dalam geometri ditemukan di Mesopotamia, Mesir dan Lembah Indus sekitar 3000 tahun sebelum Masehi [1]. Dokumentasi ini berisikan tentang konsep panjang, sudut, luasan dan volume yang pada saat itu dikembangkan untuk keperluan praktis dalam konstruksi, survey dan astronomi. Lalu barulah pada tahun 300 sebelum Masehi buku teks terpenting dalam geometri ditulis oleh Euclid yang memuat definisi dasar elemen-elemen dalam geometri [2]. Definisi elemen tersebut lalu menjadi sebuah patokan geometri selama lebih dari 21 abad (3 abad sebelum Masehi dan 18 abad setelah Masehi) sampai pada abad ke-19 ditemukannya sebuah konsep bentuk non-Euclidian, oleh matematikawan Rusia Nikolai Ivanovich Lobachevsky [3].

Pada waktu yang bersamaan (abad ke-19 sampai abad ke-20) arsitektur mengalami suatu perubahan yang sangat pesat. Muncul konsep-konsep baru yang menjadi patokan rancangan pada masa tersebut. Louis Sullivan dengan ungkapan “form follows function” memicu perkembangan gaya modern dalam arsitektur. Revolusi industri di Inggris juga mendorong perubahan yang signifikan dalam arsitektur, yaitu international style yang diprakarsai oleh arsitek-arsitek muda seperti Mies van der Rohe, dengan menggunakan teknologi terbaru hasil dari revolusi industri. Dalam masa ini geometri digunakan sebgai alat utama dalam merancang sebuah komposisi yang lalu dikembangkan dengan sentuhan modern, sehingga muncul ucapan “less is more”.

Namun seperti halnya dengan arsitektur, geometri tidak berhenti di situ. Pada saat arsitektur mencapai perkembangan untuk bisa mengatakan “less is bore” dan “think outside the box”, geometri sudah mengembangkan cabang geometri berjudul Topologi selama lebih dari 300 tahun. Solusi akan permasalahan Königsburg Bridge sudah terjawab oleh Leonhard Euler pada tahun 1736 [4]. Topologi pun digunakan dalam arsitektur kota sebagai sarana informasi yang jelas dan memang sesuai dengan yang dibutuhkan. Penggunaan topologi pada peta sistem transportasi dilakukan pertama kali di Inggris untuk menggambarkan peta skematis kereta bawah tanah oleh Harry Back pada tahun 1931.


Gambar 1. Peta London Tube dengan Topologi [5]


Gambar 2. Peta London Tube tanpa Topologi [6]

Informasi yang terkandung dalam peta topologi adalah informasi terpenting yang kita butuhkan dalam sistem transportasi yaitu bagaimana hubungan antara satu titik dan titik lain.

Geometri, sebagai cabang ilmu pengetahuan, berkembang cepat untuk bisa digunakan dalam proses perancangan arsitektur.

Geometri merupakan sebuah cabang ilmu matematika yang memiliki perkembangan yang sebanding dengan berkembangnya ilmu pengetahuan. Perkembangan geometri saat ini bisa digunakan untuk proses perancangan arsitektur yaitu [7]:br>
Practical Geometry: Geometri dasar yang ditujukan untuk keperluan praktis seperti, panjang, lebar, sudut, luasan, volume dll.

Axiomatic Geometry: Sebuah cara untuk menghitung jarak dari sebuah titik ke titik lain yang tidak bisa dilakukan dengan mengukur.

Geometric Construction: Metode penggambaran bentuk-bentuk geometri dasar dengan menggunakan jangka dan penggaris.

Numbers in Geometry: Angka-angka dalam geometri dimunculkan oleh Phytagoras dengan rumus segitiga siku-sikunya yang kemudian disadari bahwa angka Fibonacci memegang sebuah peran besar dalam proporsi yang ada di dunia ini.

Geometry of Position: Dalam geometri posisi bisa dinyatakan dalam sebuah diagram kartesius yang setiap angka memiliki nilai tertentu dalam menentukan posisi sebuah titik. Hal ini lalu dikembangakan menjadi sebuah system GPS (global Positioning System).

Geometry beyond Euclid: Geometri non-euclidian yang pada dasarnya merupakan perkembangan lanjutan dari Euclid memberikan bentuk-bentuk geometri baru dalam proporsi yang berbeda dengan proporsi golden section.

Symmetry: Merupakan geometri yang mendasar dan memunculkan sifat kesempurnaan dalam keesimbangan.

Modern Geometry: Geometri modern merupakan sebuah pengembangan geometri lebih dalam lagi kepada bidang-bidang lain seperti matematika dan pemetaan. Topologi merupakan bagian dari geometri modern yang pada dasarnya makna geometri itu sendiri sudah mengalami pergeseran namun tetap memiliki unsur-unsur geometri.

Dari kedelapan kategori diatas terlihat bahwa keterkaitan geometri dalam arsitektur itu sangat mendalam. Kita tidak bisa memisahkan antara arsitektur dan geometri. Kita tidak bisa merancang sebuah arsitektur tanpa mempertimbangkan geometri.

Perkembangan geometri yang begitu luas sudah menciptakan cabang ilmu baru yang terkait sehingga tidak ada suatu arsitektur yang tidak berada dalam pembahasan geometri.

Geometri saat ini sangat luas cakupannya. Hampir seluruh bidang yang terkait dalam Arsitektur memiliki makna geometri. Untuk memperjelas, saya membagi menjadi 3 kategori bidang yang terkait dalam geometri dan arsitektur yaitu matematika, alam dan seni:

Matematika:
Memang awalnya geometri merupakan ilmu turunan langsung dari matematika. Dari sini seluruh ketentuan dasar definisi dari titik, garis, bidang, sudut, bentuk dua dimensi dan 3 dimensi dasar yang hampir selalu digunakan dalam arsitektur.

Alam:
Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan, saat ini ditemukan bentukan-bentukan geometri yang ada di alam ini [8]. Unsur terkecil di alam semesta ini memiliki susunan geometri baik itu bentuk bola, ataupun gugusan sambungan yang berbentuk segi tiga, segi empat, segi lima, dan seterusnya. Tata surya dan system perbintangan lain juga memiliki geometri yang tersusun secara rapi. Tak lupa pula bentuk geometri yang ada di dunia biologi. Bentukan segi enam yang ada pada sarang lebah, tulangan pada dedaunan, bantuk pintalan sarang laba-laba, semuanya memiliki komposisi geometri. Arsitektur sekarang ini sudah banyak memasukkan unsur biologi dalam perancangannya, mulai dari proporsi, bantuk modul, atau bahkan tulangan dari daun pun bisa dijadikan konsep perancangan. Disini terlihat bukti lain bahwa Arsitektur tidak bisa lepas dari geometri.

Seni:
Dalam bidang seni, geometri menjadi patokan komposisi dan bentuk. Baik itu dalam seni dua dimensi atau tiga dimensi. Komposisi dalam sebuah lukisan atau komposisi dalam susunan patung. Dalam seni musik, komposisi nada-nada baik tinggi maupun rendah mengandung unsur geometri. Arsitektur juga bisa dirancang dari sebuah terjemahan karya seni baik itu dari karya seni dua dimensi, tiga dimensi atau bahkan dari musik [9]. Hal ini juga mendukung bahwa arsitektur yang terkait dengan dunia seni tidak lepas dari geometri.

Kesimpulan

Dari penjabaran di atas kita dapat melihat bahwa geometri telah mengalami suatu perkembangan yang sangat pesat dari kemunculannya pertama kali. Demikian pula arsitektur. Pada saat ini proses perancangan merupakan inti dari sebuah perancangan arsitektur. Keduanya berkaitan baik secara langsung maupun tidak langsung. Ada saat-saat geometri digunakan sebagai alat untuk mencapai sebuah rancangan arsitektur. Ada pula saat-saat geometri digunakan untuk menjelaskan sebuah arsitektur untuk dipelajari proses merancangnya.

Geometri sekarang ini sudah berkembang menjadi sebuah bidang yang sangat luas. Hampir semua yang ada di dunia ini bisa dikaitkan dengan geometri. Dengan demikian, arsitektur pun tidak luput dari geometri. Arsitektur yang proses perancangannya sederhana (hanya merupakan susunan komposisi dan proporsi) sampai arsitektur yang proses perancangannya sangat kompleks (dengan memasukkan parameter-parameter kebutuhan manusia, bahkan parameter waktu) semuanya memiliki unsur-unsur geometri yang harus dikaji dan dipelajari. Ide apa pun yang ada di dalam kepala kita sebagai awal ide perancangan, bisa kita kaitkan ke geometri untuk lebih memperkaya, bukan hanya bentuk, melainkan juga sirkulasi dan esensi yang ada dalam rancangan kita. Oleh karena itu, saya berpendapat bahwa dalam merancang sebuah arsitektur tidak bisa lari dari geometri. Geometri dalam arsitektur memiliki sifat mengikat, karena sebagai perancang tidak bisa tidak mempertimbangkan geometri.

Sumber : arsitektur.net



Jasa Online Desain dan Pemborong Rumah 021-73888872

Desain Rumah Minimalis Design Interior Eksterior Jasa Renovasi Bangunan Arsitektur Moderen Gambar 3D Animasi

Arsitek Lansekap VS Perubahan Iklim Global Yang Extrem

Arsitek Lansekap VS Perubahan Iklim Global Yang Extrem


Arsitek Lansekap VS Perubahan Iklim Global Yang Extrem

Saat sekarang ini issue perubahan iklim global sedang melanda dunia dan perubahan nyata terjadi dimana-mana akibatnya berbagai kebijaksanaan pemerintah negara dirumuskan dan beraneka-ragam tindakan dan slogan kampanye dari organisasi-organisasi lingkungan seakan saling berlomba-lomba mencari solusi dan strategi yang jitu untuk meredam dampak akibat perubahan iklim.

Indonesia pun di penuhi dengan berbagai diskusi, seminar dan bahkan demonstrasi mengenai pentingnya menemukan strategi pembangunan yang berkelanjutan serta berwawasan lingkungan hidup, semua itu seakan menjadi ‘parameter’ ke ikutsertaan pemerintah RI dalam gerakan meredam dampak perubahan iklim tersebut.

Dalam kaitannya terhadap perubahan iklim yang terjadi seorang Arsitek Lansekap sudah seharusnya mempunyai beban tanggung jawab dalam mereduksi segala aktifitas yang berdampak negative bagi planet bumi.

Kenapa….????

Oleh karena didalam Ilmu Arsitektur Lansekap terkandung 3 nilai dalam pengaplikasiannya yang menjadi 3 pilar utama. Yaitu;

- Tanggung jawab terhadap lingkungan

- Peningkatan kualitas estetika

- Keseimbangan fungsi-fungsi sosial

Ke 3 pilar ini jugalah yang menjadi Batasan dan Kerangka ( frame-work) bagi seorang Arsitek Lansekap bekerja dalam menangani setiap proyek bagi perorangan maupun komunitas yang lebih luas.

Meskipun kadang alasan ekonomi menjadi ‘tembok penghalang’ dan membuat rasa empati menjadi semakin hambar untuk menemukan dan menciptakan suatu strategi yang jitu demi menyiasati dampak akibat perubahan iklim.

akan tetapi berbekalkan sebuah MANTRA “Lakukan yang terbaik bagi Komunitas Masyarakat” di landasi dengan sikap mental altruisme, diharapkan seorang arsitek lansekap dapat menjadi agen-agen perubahan yang dapat berperan memberikan motivasi dan memberikan keteladanan atas pemberdayaan suatu modul strategis yang jitu dan bermanfaat bagi masyarakt luas .

Sumber : smartlandscape.wordpress.com



Jasa Online Desain dan Pemborong Rumah 021-73888872

Desain Rumah Minimalis Design Interior Eksterior Jasa Renovasi Bangunan Arsitektur Moderen Gambar 3D Animasi

Rabu, 20 Agustus 2008

Rumah Tumbuh Sebagai Rumah Trend Masa Kini dan Masa Depan, Solusi Bagi Pemilik Dana Terbatas

Rumah Tumbuh Sebagai Rumah Trend Masa Kini dan Masa Depan, Solusi Bagi Pemilik Dana Terbatas


Rumah Tumbuh Sebagai Rumah Trend Masa Kini dan Masa Depan, Solusi Bagi Pemilik Dana Terbatas

SETIAP orang berhak merancang dan merencanakan kehidupannya di masa depan, termasuk rencana untuk memiliki hunian atau rumah pribadi yang layak. Tak peduli orang tersebut adalah seorang lelaki yang sudah uzur dengan 12 cucu atau wanita separuh baya yang masih lajang, atau pria muda yang eksekutif sukses.

Bagi kalangan berduit tentu bukanlah masalah, karena spesifikasi rumah yang mereka idamkan dapat terpenuhi dengan mudah oleh dukungan dana yang tersedia. Namun, bagi kalangan yang kurang mampu mestilah cermat dalam menyusun rencana dan ketat dalam anggaran finansialnya.

Terjadi perbenturan dua masalah pokok, yakni keinginan memiliki rumah yang nyaman dan kemampuan finansial yang terbatas. Bagaimana mengatasinya?

Rumah tumbuh

Salahkah jika seorang lajang mempersiapkan sejak dini rumah bagi pasangan hidup dan beberapa orang anaknya kelak?

Tentu tidak salah dan bukan masalah. Yang jadi masalah ialah jika ia belum memiliki dana yang cukup pada saat ini untuk mewujudkan rencana masa depannya itu. Berarti ia mesti menunda membeli rumah? Menunggu bertahun-tahun lagi hingga dananya mencukupi? Boleh jadi bertahun-tahun kemudian harga rumah sudah membubung tinggi.

Membangun sekarang sesuai dengan kemampuan, namun "nyambung" pula jika suatu saat nanti mau dikembangkan menjadi rumah yang besar sesuai berkembangnya jumlah anggota keluarga, apakah mungkin?

Rumah tumbuh! Tepat! Yaitu rumah yang dapat dikembangkan pada suatu saat tertentu nanti guna memenuhi kebutuhan akan ruang dan privasi yang lebih memadai.

Hal penting yang wajib disimak dalam mempersiapkan dan merancang sebuah rumah tumbuh ialah soal konstruksi.

Sebuah rumah tumbuh boleh jadi dikembangkan ke samping asal memiliki areal tanah yang luas. Jika demikian, maka masalah konstruksi mungkin tidak mengalami perubahan yang signifikan.

Namun, umumnya rumah tumbuh mengalami proses pemekaran ke atas, terutama jika mengingat lahan pertanahan di perkotaan yang begitu mahal dan sulit. Jika pemekaran rumah tumbuh dirancang ke bagian atas, maka masalah konstruksi patut digarisbawahi sejak awal. Konstruksi merupakan realisasi dari hitungan-hitungan teknik yang menentukan kekuatan tegaknya bangunan.

Pada kondisi rencana menambah satu level lantai rumah berarti harus menyiapkan konstruksi yang aman terhadap tambahan beban yang cukup besar, terlebih bila yang direncanakan berupa lantai pelat beton. Maka perlu diantisipasi dengan menyiapkan rancangan kolom dan balok yang kekuatannya setara untuk mendukung beban itu.

Pelat beton

Kelak, bagaimana prosedur pelaksanaan penambahan lantai pelat beton di bagian atas rumah, sedangkan semua kolom dan baloknya sudah berbentuk konstruksi beton (pada saat ini) dan berfungsi sebagai pendukung rangka atap?

Kolom beton (tiang/pilar vertikal dari beton dengan tulangan rangka besi) dan balok beton (balok horizontal dari beton dengan tulangan rangka besi) dapat dipapas minimal sete- ngah dari ketebalan yang ada sehingga terpampang besi tulangannya. Maksudnya, agar penulangan untuk pelat beton dan kolom beton lanjutan yang hendak dibuat dapat disambungkan dan saling kait dengan kuat.

Ini merupakan suatu inisiatif konstruksi praktis yang secara teknis kekuatannya relatif lebih lemah dibandingkan dengan konstruksi yang dilaksanakan secara utuh dan lengkap.

Toh inilah satu-satunya upaya yang mudah, cepat, dan hemat dalam pelaksanaan pengembangan rumah tumbuh.

Namun, selain itu, perlu pula diupayakan suatu sistem pembesian (penulangan beton) yang berkualitas dalam artian benar pelaksanaan kerjanya serta tepat spesifikasi materialnya. Pembesian mutlak akurat dan kuat, terutama pada pengembangan atau penambahan lantai atas rumah tumbuh berupa pelat beton.

Sedangkan jika pengembangannya hanya berupa lantai papan dengan rangka balok kayu, tentu lebih mudah lagi karena hanya melanjutkan pembuatan kerangka beton (kolom dan balok) yang tujuannya hanya sebagai kerangka penguat dan pengikat "tubuh" bangunan.

Tentu lebih bijak bila terlebih dahulu meminta pendapat dan saran pada konsultan atau seorang yang ahli sebelum pelaksanaan pembangunan sebuah rumah tumbuh sebab konstruksi adalah bidang yang sangat berbau teknik dan memerlukan hitungan-hitungan nan akurat.

Yang paling pelik dari pelaksanaan sebuah rumah tumbuh ialah masalah desain. Desain yang dibuat haruslah "nyambung" antara pelaksanaan awal dan pengembangannya di kemudian hari. Dan terutama pula, apakah pelaksanaan awal rumah tumbuh tersebut cukup nyaman sebagai sebuah hunian sebelum dikembangkan nantinya.
Faktor desain juga sangat menentukan banyak-tidaknya perombakan yang akan terjadi pada saat pengembangan lanjutan rumah tumbuh tersebut. Maka dibutuhkan desainer tata ruang yang cerdas serta jarak waktu yang cukup sebelum menetapkan pilihan terhadap suatu konsep rumah tumbuh, rumah "tabungan" masa kini untuk masa depan bersama keluarga.

Penting untuk senantiasa diingat tujuan dan proses pelaksanaan sebuah rumah tumbuh. Secara sederhana, rumah tumbuh ialah rumah yang dibangun serta direncanakan dengan matang untuk dikembangkan lebih luas di kemudian hari.

Desain, konstruksi, dan pemakaian material pada sebuah rumah tumbuh sejak awal dipersiapkan secara tepat untuk mendukung pengembangan rumah tumbuh itu sendiri sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan.

Rumah tumbuh sangat berkaitan erat dengan dana yang terbatas. Kendati demikian, rumah tumbuh bukan merupakan konsep yang keliru dalam dunia arsitektur.

Ia merupakan siasat yang pas untuk merancang masa depan dalam situasi ekonomi yang kurang ngepas.

Sumber : 64.203.71.11



Jasa Online Desain dan Pemborong Rumah 021-73888872

Desain Rumah Minimalis Design Interior Eksterior Jasa Renovasi Bangunan Arsitektur Moderen Gambar 3D Animasi

Feng Shui Tata Letak Ruang, Keajaiban dan Tips Memperbaiki Feng Shui Rumah Agar Membawa Hoki

Feng Shui Tata Letak Ruang, Keajaiban dan Tips Memperbaiki Feng Shui Rumah Agar Membawa Hoki


Feng Shui Tata Letak Ruang, Keajaiban dan Tips Memperbaiki Feng Shui Rumah Agar Membawa Hoki

Seni tata letak feng shui bertujuan mengelola sumber chi. Prinsipnya, mengalirkan chi ke dalam ruangan akan membawa energi menguntungkan dalam kehidupan Anda.

Ruang keluarga dan ruang makan:

Bagian tengah rumah mewakili keberuntungan dalam keluarga. Maka paling baik digunakan untuk ruang keluarga atau ruang makan. Kegiatan keluarga, seperti nonton TV atau bermain di ruang tengah akan menciptakan energi feng shui yang baik Bagian ini juga sangat baik untuk menggantungkan potret keluarga.

Dalam ruang keluarga, tempatkan perabot simetris (persegi empat). Hindari pengaturan perabot tidak simetris (berbentuk L atau U). Penting pula untuk mempertimbangkan keleluasaan gerak penghuninya. Gerakan chi dibuat berkelok-kelak lembut.

Dapur dan kamar mandi:

Sudut barat laut akan sangat “terluka” jika digunakan untuk WC, dapur atau gudang karena akan mengusir keberuntungan kepala keluarga. Dapur di sudut barat laut lebih buruk lagi. Kompor atau pemasak di sana menyebabkan pengaruh sangat menghancurkan.

Jika WC berada di sudut barat daya, semua wanita di rumah itu bisa mengalami masalah percintaan, karena laki-laki di rumah itu punya WIL (wanita idaman lain). Atau, mereka berat jodoh.

Posisi tangga:

Hindari menempatkan tangga di ruang tengah, apalagi tangga melingkar. Penempatan seperti ini melambangkan kematian. Pindahkan tangga ke sisi tepi, atau biarkan daerah di antara tangga kosong. Hindari membangun WC, dapur, dan godang di bagian tengah rumah.

Posisi tangga yang baik di bagian tepi rumah. Ingat pula, jangan menggelar karpet merah di anak tangga. Jangan pula menaruh bentuk air (akuarium, lukisan danau, lukisan sungai, air terjun) di bawah tangga, karena bisa “melukai” anak-anak.

Kamar tidur:

Pedoman untuk kamar tidur agar terhindar dari ancaman energi negatif.

* Sebaiknya gunakan satu kasur
* Bentuk ruangan beraturan (persegi).
* Tidak di antara dua pintu, atau menghadap langsung ke pintu.
* Posisi terbaik diagonal antara pintu dan tembok di belakangnya.
* Tidak berada tepat di bawah palang menonjol, jendela, atau kamar mandi.
* Tempatkan kamar tidur di sektor sejuk dan tenang, gunakan teori yin dan yang untuk warna tirai, seprai, dan karpet. Yang adalah putih terang, sedangkan yin hitam, gelap.
* Usahakan posisi kepala mengarah ke sheng chi (energi menguntungkan) Anda.
* Hindari benda bentuk tajam mengarah ke posisi tidur Anda
* Hindari tempat tidur yang terpantul pada cermin.
* Hindarkan bentuk air di kamar tidur. Hindari pula tanaman hidup, lukisan binatang, benda tajam, atau pistol.

Pedoman untuk pintu utama:

* Berbahan solid. Hindari bahan kaca dan plastik keseluruhan.
* Sebaiknya dengan dua daun.
* Posisi tidak terancam energi negatif.
* Tidak menghadap jalan lurus menuju rumah.
* Sebaiknya menghadap ruangan terbuka.
* Tidak menghadap tanah tinggi atau tepat di bawah kamar mandi.
* Tidak terhalang pohon, tiang, perabot, dll.
* Tidak menghadap ke kamar mandi, tangga, pintu lain, dinding bercermin, atau gudang berantakan.
* Lampu di sisi kanan dan kiri pintu utama meningkatkan keberuntungan.
* Pintu dalam dan pintu keluar tidak satu garis lurus, supaya tidak menyebabkan aliran energi mematikan. Jika ada tiga dalam satu lorong, letakkan penyekat di depan pintu kedua.

Menghindari energi beracun:

Hindari energi negatif yang bisa “melukai “Anda. Pilar, furniture, palang menonjol bisa menciptakan ancaman, gara-gara chi terhalang. Jika ada pilar menghalangi aliran energi, bisa diperluas dengan menempatkan tanaman atau membalut pilar dengan cermin.

Bentuk energi negatif bisa bermacam-macam. Misal, sudut yang menonjol tajam, tiang tunggal. Bisa juga karena munculnya energi lurus, atau adanya tiga pintu dalam satu garis lurus. Sementara tanaman dan lonceng bisa memperlambat laju energi. Tanaman juga menyerap energi pembunuh.

Sha: Chi terpotong.

Pagar tanaman, maupun tembok bata, permukaan rata lainnya, serta lapangan menyalurkan energi sangat cepat. Aliran energi ini menimbulkan kesulitan bagi tanaman yang dilaluinya. Ruang antara rumah, garasi, dan sisi tembok menimbulkan efek sirkulasi chi kurang baik.

Sheng: Energi menguntungkan

Angin disaring tanaman di sisi kanan rumah, untuk dapat menerima aliran udara. Konstruksi depan pagar yang terbuka menyaring energi yang meliuk-liuk perlahan menuju ke bagian pinggir dan meliuk menyusuri rerumputan. Semak belukar di sudut rumah ikut mencegah terjebaknya chi di tempat itu.

Menyeimbangkan Chi

Chi! (energi vital) mengalir melewati dan mengelilingi rumah kita. Dengan pedoman pola pa-kua (lambang feng shui 8 sisi) dan unsur alam, Anda dapat mengoptimalkan chi untuk menciptakan keharmonisan dalam kehidupan Anda.

Ada beberapa saran praktis - sebutlah Delapan (Langkah) Perbaikan - untuk meningkatkan energi Anda dan membawa perubahan.

Cahaya. Gunakan lampu penerangan ruangan, atau cermin untuk memantulkan cahaya. Cahaya penting untuk memastikan chi tidak terfokus pada arah yang salah.

Suara. Di pekarangan, tanam tumbuhan yang bisa melembutkan tiupan angin, atau mengatur ketersediaan air. Sementara lonceng angin di dalam rumah mengaktifkan chi yang lemah dan menghalau kekuatan negatif.

Warna. Untuk memfokuskan ruangan dan mempengaruhi kehidupan Anda, gunakan warna yang tepat sesuai pa-kua.

Kehidupan. Akuarium ikan dalam rumah. Burung-burung di taman, dan persemaian menambah semangat. Aktivitas kehidupan merupakan ekspresi kuat dan membawa chi,

Pergerakan. Air di dalam maupun di luar rumah akan menyediakan chi melalui alirannya. Anda dapat juga menggunakan kipas angin atau tanaman untuk memperbaiki tiupan angin.

Peralatan mekanis. Bisa meliputi ornamen yang bergerak ditiup angin dan pompa air. Ini akan memperluas pergerakan. Dengan begitu peralatan mekanis juga menyebarkan chi.

Keteduhan. Batu-batuan dan patung di pekarangan juga berperan penting. Anda dapat menggunakan gambar yang melukiskan kedamaian atau ornamen yang membangkitkan keteduhan di dalam rumah.

Garis lurus. Kadang-kadang chi dapat diam di sudut ruangan rumah. Bentuk garis lurus dapat meneruskan energi. Contoh, pegangan tangga. (Intisari)

14 Tips Memperbaiki Feng Shui di Rumah

Coba perhatikan Feng Shui Rumah Anda? Kemudian perbaiki Feng Shui rumah Anda agar membawa hoki. Berikut ini tips memperbaiki Feng Shui rumah Anda.

1. Perhatikan pintu utama: apakah ada sandal atau sepatu berserakan di depan sana? Hindari ini sebisa mungkin. Jaga agar pintu depan terlihat selalu bersih dan rapi. Energi (chi) datang bersama angin dan akan membawa bau sepatu serta sandal itu ke dalam rumah, sehingga menimbulkan penyakit. Kalau bisa, buat air mancur kecil atau kolam ikan untuk menangkap energi ini.

2. Sebaiknya jangan meletakkan televisi di ruang tidur. Bila tidak mungkin memindahkannya dari ruang tidur, tutup televisi itu dengan plastik, bukan kain.

3. Hindari cermin yang berhadapan atau bersebelahan dengan tempat tidur karena akan menyebabkan ada pihak ketiga dalam hubungan Anda.

4. Kolam ikan bila ditempatkan dengan benar akan memberikan keberuntungan. Sebaliknya, bila diletakkan sembarangan akan menyebabkan kebangkrutan, tekanan di tempat kerja, dan banyak masalah lain. Perhatikan seama empat bulan apakah Anda punya banyak masalah setelah menempatkan kolam ikan. Bila ya, pindahkan ke tempat lain.

5. Pastikan bahwa kompor tidak berhadapan dengan lemari es, mesin cuci, pencucian piring, dan toilet. Air dan api yang berhadapan akan membuat keluarga tidak rukun.

6. Jangan biarkan anak-anak tidur di matras karena akan membuat mereka menjadi sering sakit. Alasannya karena chi tidak mengalir di bawah tempat tidur. Idealnya energi chi harus bersirkulasi di sekitar tempat tidur agar anak tetap sehat.

7. Untuk anak-anak yang masih kecil, sandarkan punggung ke tembok selagi menulis. Tempatkan meja belajar dekat tembok yang kokoh. Ini akan membuat anak betah duduk dan belajar lebih lama.

8. Jangan biarkan anak-anak tidur di bunk bed (tempat tidur yang bisa didorong masuk ke yang lebih tinggi untuk menghemat tempat). Anak yang tidur di tempat tidur lebih rendah akan cenderung sakit-sakitan karena tidak mendapat chi yang segar. Namun, bila terpaksa memakai bunk bed, pasang bola kristal di pintu untuk memecah chi yang tidak baik di sekitar tempat tidurnya.

9. Tempat tidur sebaiknya didukung oleh tembok yang kuat di belakangnya. Ini penting agar Anda bisa beristirahat dengan tenang dan nyenyak, sehingga ketika bangun terasa segar. Pada akhirnya akan membuat Anda bisa berkonsentrasi di kantor dengan lebih baik.

10. Jangan letakkan tiang di atas tempat tidur karena akan menghalangi chi, sehingga membuat Anda hidup tertekan.

11. Bila Anda punya tekanan yang banyak di tempat kerja, mungkin sebabnya adalah meja makan terbuat dari marmer. Ganti saja dengan meja kayu.

12. Bila anak sering jatuh sakit, pindahkan ke kamar lain atau pasang lonceng-loncengan dengan tali logam berjumlah enam karena elemen itu akan memecah semua energi bumi di ruangan itu.

13. Jangan gunakan sofa warna merah karena melambangkan elemen api. Konsultasikan dengan ahli feng shui untuk penggunaan warn ini. Sofa merah akan meningkatkan tekanan kerja, kesulitan, dan hambatan.

14. Selalu buka jendela kamar setidaknya selama 20 menit sehari untuk membiarkan udara bersih masuk. Bila tidak, Anda akan tidur dengan chi yang basi sepanjang malam. Tak heran bila keberuntungan tidak juga datang pada Anda.

Sumber : kompas.com



Jasa Online Desain dan Pemborong Rumah 021-73888872

Desain Rumah Minimalis Design Interior Eksterior Jasa Renovasi Bangunan Arsitektur Moderen Gambar 3D Animasi

Arsitek Bandung Pencetus Sejarah Proklamasi Indonesia

Arsitek Bandung Pencetus Sejarah Proklamasi Indonesia


Arsitek Bandung Pencetus Sejarah Proklamasi Indonesia

KETOKOHAN Soekarno dalam bidang politik di era tahun 1920-an sampai 1960-an, telah dikenal luas oleh masyarakat nasional maupun internasional. Telah banyak penulis dalam dan luar negeri membahas sepak terjangnya di bidang politik, termasuk juga perjalanan hidupnya. Namun kajian tentang Soekarno sebagai seorang negarawan yang juga sekaligus seorang arsitek belumlah dikenal luas oleh publik. Padahal, gelar Doctor Honoris Causa dalam bidang teknik yang dianugerahkan kepadanya dari Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tanggal 13 September 1962 merupakan pengakuan atas sumbangsihnya dalam dunia rancang bangun di Indonesia. Soekarno dianggap telah memelopori dan berhasil menangani projek- projek besar, antara lain Kompleks Asian Games, Hotel Indonesia (HI), Jakarta-Bypass, Masjid Istiqlal, dan Tugu Monumen Nasional (Monas). Projek-projek yang dapat dikategorikan berazaskan Pro Bono Publico atau memihak kepada kepentingan publik. Kekosongan kajian tentang Soekarno di bidang ini, kiranya terjawab dalam buku ini. Suatu penelusuran karya-karya Soekarno semenjak meraih gelar Ingenieur dari Technische Hogeschool (TH-Bandoeng sekarang Institut Teknologi Bandung) di tahun 1926 sampai tahun 1965 (saat meletusnya peristiwa G-30-S) yang dapat dianggap sebagai masa akhir kepemimpinannya. Yang menarik dari pembahasan buku ini adalah pendekatan kajian terhadap karya-karya Soekarno. Berbagai karyanya dalam rentang waktu 40 tahunan ditelusuri melalui pendekatan sejarah mentalite-nya. Sebuah pendekatan yang relatif baru dalam kajian sejarah. Mentalite dapat diartikan sebagai alam pikir bawah sadar dari seorang tokoh yang mampu membuat perubahan dalam struktur masyarakat. Alam pikir bawah sadar ini juga dapat diibaratkan sebagai brainbox, bank data, kumpulan memori yang akan berpotensi sebagai sumber ilham dalam berkarya atau mencipta. Penelusuran sejarah mentalite Soekarno membuat pemahaman atas pengaruh dari latar belakang keluarganya yang multikultural, pendidikan formal di lingkungan Belanda, budaya Jawa dan pewayangan, spirit nasionalisme dari HOS Tjokroaminoto, pendidikan yang ditempuhnya di Technische Hogeschool serta keterlibatannya dalam dunia politik mulai dari skala nasional sampai skala internasional menjadi penting. Semua itu merupakan titik-titik yang memengaruhi alam pikir Soekarno dalam merancang atau mentalite artistiknya. Melalui penelusuran sejarah mentalite inilah, sumber ide, hal-hal yang melatarbelakangi Soekarno mencipta serta simbol, makna yang dikandung pada karya-karyanya pun terungkap. Pemahaman karya-karyanya–dengan ciri rancangan adanya sentuhan “padu padan”– menjadi terintegrasi dengan konteks ruang, waktu dan tempat, ketika karya-karyanya tercipta. Salah satu contohnya adalah pengaruh lawatan Soekarno ke berbagai mancangegara secara maraton dari bulan Mei sampai Juli di tahun 1956. Kota-kota bertaraf internasional seperti di Amerika Serikat, Kanada, Italia, Jerman Barat dan Swiss dikunjunginya. Cakrawala alam pikir Soekarno pun semakin kaya dalam menata Indonesia secara holistik dan menampilkannya sebagai negara baru merdeka, tetapi dapat diperhitungkan di dunia internasional. Soekarno kemudian “membidik” Jakarta sebagai “Wajah Muka Indonesia”. Jakarta pun kemudian berkembang pesat. Didirikanlah bangunan indah dan megah kala itu–seperti Hotel Indonesia, Masjid Istiqlal–tidak ketinggalan dilengkapi patung berskala kota sebagai tengaran kota, seperti Tugu Selamat Datang, Monumen Pembebasan Irian Barat, dan Patung Dirgantara. Sedangkan “padu padan” gaya, salah satunya terlihat pada bagian Hotel Indonesia. Pada beberapa tempat, pengolahan eksterior maupun interiornya memadukan arsitektur modern yang tengah berkembang saat itu dengan kebudayaan lokal Indonesia. Kajian buku ini sangat menarik, karena yang dikupas tidak saja karya-karya Soekarno di bidang arsitektur, akan tetapi juga di bidang tata ruang kota, interior, kria, simbol, mode busana dan teks pidatonya yang kaya dengan terminologi arsitektural. Selain itu, informasi-informasi berbagai hal, baik yang menyangkut latar belakang kehidupan Soekarno sampai keadaan sosial, politik, ekonomi, budaya yang berkembang di Indonesia dan di luar Indonesia yang mengiringi gerak langkah Soekarno pun menjadi bagian dari bahan kajian. Sungguh suatu kajian yang terintegrasi. Buku ini tetap merupakan sesuatu yang sangat menarik dan berharga untuk dibaca dan dipahami. Melihat Soekarno dari sisi yang berbeda. Melihat betapa sesungguhnya Soekarno, seorang negarawan sekaligus seorang arsitek.

Sumber : cisral.unpad.ac.id



Jasa Online Desain dan Pemborong Rumah 021-73888872

Desain Rumah Minimalis Design Interior Eksterior Jasa Renovasi Bangunan Arsitektur Moderen Gambar 3D Animasi

Arsitek Bali di Karibia

Arsitek Bali di Karibia


Arsitek Bali di Karibia

Satu lagi kiprah orang Bali di luar negeri yang membuat saya bangga sebagai orang Bali. Adalah tayangan di Travel Channel yang berjudul Owned Islands, sebuah acara TV yang berisi listing pulau-pulau terkenal yang dimiliki secara pribadi di seluruh belahan dunia termasuk Karibia yang ternyata mendominasi kepimilikan pulau2 pribadi. Kenapa Karibia? Selain faktor keindahan pantai dan mudahnya birokrasi pembelian pulau, faktor pentingnya adalah karena jaraknya yang dekat pusat kapitalis Amerika. Negara2 yang masuk kawasan Karibia bisa dilihat disini.

Salah satu pulau yang masuk dalam daftar tersebut adalah Necker Island yang terletak di British Virgin Island. Luas pulau tersebut hanyalah 74 acre dengan sebuah resort pribadi yang berdiri diatasnya. Pemilik pulau pribadi tersebut adalah Sir Richard Branson, yang punya Virgin Airlines dan juga raksasa industri Virgin Music di US sana. Yang cukup mengesankan adalah resort pribadi tersebut bergaya 80% nuansa Bali yang tentu saja diarsiteki oleh orang Bali. Sayang dalam narasinya tidak disebutkan nama, hanya disebut Balinese architect. Memang dalam tayangan itu jelas sekali terlihat gaya Balinya baik dari segi bentuk bangunan, atap maupun dari segi landscaping, plus tentunya patung2 batu yang banyak dijumpai di daerah Gianyar. Bahan2pun langsung didatangkan dari Bali.

Mau liburan ke sana? Harganya ‘hanya’ $56.000 sehari (akomodasi tok, excluding makan dll). Bookingnya yang susah. Pulau tersebut sudah fully booked untuk 10 tahun ke depan. Jadi kalau mau liburan ke sana tahun 2018, harus booking dari sekarang. Saya hanya wonder, dengan level seperti itu, kira2 bagaimana bayaran arsitek dari Bali itu?

Satu lagi kiprah orang Bali di luar negeri yang membuat saya bangga sebagai orang Bali. Adalah tayangan di Travel Channel yang berjudul Owned Islands, sebuah acara TV yang berisi listing pulau-pulau terkenal yang dimiliki secara pribadi di seluruh belahan dunia termasuk Karibia yang ternyata mendominasi kepimilikan pulau-pulau pribadi. Kenapa Karibia? Selain faktor keindahan pantai dan mudahnya birokrasi pembelian pulau, faktor pentingnya adalah karena jaraknya yang dekat pusat kapitalis Amerika. Negara2 yang masuk kawasan Karibia bisa dilihat disini.

Salah satu pulau yang masuk dalam daftar tersebut adalah Necker Island yang terletak di British Virgin Island. Luas pulau tersebut hanyalah 74 acre dengan sebuah resort pribadi yang berdiri diatasnya. Pemilik pulau pribadi tersebut adalah Sir Richard Branson, yang punya Virgin Airlines dan juga raksasa industri Virgin Music di US sana. Yang cukup mengesankan adalah resort pribadi tersebut bergaya 80% nuansa Bali yang tentu saja diarsiteki oleh orang Bali. Sayang dalam narasinya tidak disebutkan nama, hanya disebut Balinese architect. Memang dalam tayangan itu jelas sekali terlihat gaya Balinya baik dari segi bentuk bangunan, atap maupun dari segi landscaping, plus tentunya patung2 batu yang banyak dijumpai di daerah Gianyar. Bahan2pun langsung didatangkan dari Bali.

Mau liburan ke sana? Harganya ‘hanya’ $56.000 sehari (akomodasi tok, excluding makan dll). Bookingnya yang susah. Pulau tersebut sudah fully booked untuk 10 tahun ke depan. Jadi kalau mau liburan ke sana tahun 2018, harus booking dari sekarang. Saya hanya wonder, dengan level seperti itu, kira-kira bagaimana bayaran arsitek dari Bali itu?

Sumber : devari.org



Jasa Online Desain dan Pemborong Rumah 021-73888872

Desain Rumah Minimalis Design Interior Eksterior Jasa Renovasi Bangunan Arsitektur Moderen Gambar 3D Animasi

Arsitek UI Jebolan Berperan dalam Pembangunan Ibukota

Arsitek Jebolan UI Berperan dalam Pembangunan Ibukota


Arsitek Jebolan UI Berperan dalam Pembangunan Ibukota


Foto: Dok./beritajakarta.com

Kesempatan untuk ikut membangun Ibukota akan terus dibuka selebar-lebarnya bagi seluruh alumni dari Fakultas Teknik Arsitektur Universitas Indonesia (UI), yang saat ini telah menjadi arsitek. Hal itu karena arsitek lulusan UI sudah menjadi ahli dalam hal membangun, dan kemampuanya tidak perlu diragukan lagi.

"Silahkan bangun Jakarta ini lebih baik, saya percaya lulusan UI adalah ahlinya. Coba kita lihat, hampir seluruh bangunan Jakarta mulai dari tempat hiburan seperti Taman Mini Indonesia Indah, sampai gedung bioskop dibangun oleh arsitek dari UI, belum lagi ratusan gedung-gedung lainya," ujar Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo saat menghadiri peluncuran dan pameran Arsitektur 4 Dekade UI di Galeri Nasional Indonesia Jl Medan Merdeka Timur, Sabtu (29/3).

Menurut Gubernur, pihaknya sebelum merancang suatu pembangunan, terlebih dulu akan mengadakan sayembara, dan melalui sayembara itulah para arsitek dari UI bisa ikut. "Saya akan lebih banyak lagi membuat sayembara-sayembara rancangan pembangunan,"katanya.

Gubernur berharap agar para arsitek dari UI dapat menghadapi tantangan untuk memecahkan masalah bangsa dalam bidang pembangunan, khususnya perumahan rakyat. "Wakil Presiden Jusuf Kalla pernah mengemukakan tentang apa yang bisa dilakukan para arsitek Indonesia guna menyelesaikan masalah perumahan yang saat ini menjadi permasalahan yang krusial, khususnya di kota besar seperti Jakarta. Itu adalah tantangan yang harus dihadapi para arsitek dan kita semua untuk membangun perumahan yang selain murah dan terjangkau bagi rakyat juga ramah lingkungan," ungkap Gubernur.

Sementara itu Ketua Departemen Arsitektur Universitas Indonesia, Kemas Ridwan Kurniawan mengatakan, jika pameran 4 Dekade Arsitektur dan peluncuran buku tersebut merupakan sebuah momentum penting dalam sejarah perjalanan arsitektur di Indonesia, karena bukan hanya isi karya-karya yang sudah dipamerkan didalamnya yang memuat kilasan perkembangan pemikiran dari para praktisi arsitektur dari generasi tahun 60-an sampai generasi baru tahun 2000-an saja, tapi juga memperlihatkan hubungan yang erat antara dunia akademik dan profesional. Isi buku adalah perjalanan sejarah karya danulasan sistempendidikan UI selama 43 tahun.

"Pameran dan peluncuran buku ini diharapkan menjadi salah satu media penting bagi masyarakat untuk melihat 4 dekade perkembangan arsitektur di Indonesia. Dan kegiatan ini diharap juga bisa menjadi inspirasi bagi kegiatan-kegiatan kreatif lainya di masa datang," katanya.

Dalam kesempatan itu Gubernur menyempatkan diri melihat-lihat pameran yang telah digelar sejak tanggal 19 Maret hingga 29 Maret 2008 tersebut. Isi pameran sendiri diantaranya, gambar-gambar hasil karya arsitek UI seperti Mei Mumpuni yang telah mengarsiteki pembangunan Bandar Udara Adisucipto serta arsitek-arsitek lain seperti Aditya Pitrianto serta Anita Pramesti.

Selain itu Gubernur juga menuliskan kesan-pesanya pada papan yang disiapkan panitia, isi kesan dan pesan gubernur berbunyi pameran 4D merupakan rangakaian hasil karya yang membanggakan, dan semoga di waktu mendatang kualitas arsitek UI semakin mewarnai arsitektur di Indonesia.

Sumber : beritajakarta.com



Jasa Online Desain dan Pemborong Rumah 021-73888872

Desain Rumah Minimalis Design Interior Eksterior Jasa Renovasi Bangunan Arsitektur Moderen Gambar 3D Animasi

Arsitek ITB, Raih Gelar Magister Komik dari AS

Arsitek ITB, Raih Gelar Magister Komik dari AS


Arsitek ITB, Raih Gelar Magister Komik dari AS

Christiawan Lie, Komikus Indonesia yang Tampil di Ajang San Diego Comic-Con

Bagi sebagian besar orang, komik hanyalah sebatas hobi. Namun, Christiawan Lie berhasil menembus industri komik mainstream Amerika. Sulung tiga bersaudara ini telah menghasilkan 40 komik yang diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa dan 25 tokoh karakter komik. Chris pun menjadi satu-satunya orang Indonesia yang tampil di ajang San Diego Comic-Con, Juli lalu.


KOMIK teranyarnya, Return to Labyrinth, terjual habis hanya dalam dua hari di ajang komik terbesar di dunia, San Diego Comic-Con 2006, Juli lalu. Di komik itu, Chris berperan sebagai ilustrator. Penulis ceritanya Jake Forbes. Komik terbitan Tokyopop tersebut memang sedang digandrungi para pecinta komik. Tak heran jika sekitar 900 orang rela antre demi mendapatkan tanda tangannya di ajang yang sama.

Tak ada yang menyangka bahwa komikus itu berasal dari Indonesia. Komikus bernama beken Chris Lie tersebut hingga sekarang masih memegang kewarganegaraan Indonesia. Kiprahnya sebagai komikus dunia dimulai sejak dia melanjutkan studi ke jenjang master. Di AS, arsitek jebolan Institut Teknologi Bandung (ITB) itu memilih jurusan yang tidak lazim, magister komik.

Pria kelahiran Bandung, 5 September 1974, itu tahun lalu merampungkan studi untuk meraih magister komiknya di Savanah College of Art and Design, Savannah, Georgia. “Aku ambil master of fine arts jurusan sequential art, atau kalau diterjemahkan, jurusan komik,” terangnya.

Chris memang sudah berniat menyeriusi komik. Baginya, komik bukan lagi sekadar hobi. Namun, sudah menjadi panggilan jiwanya. “Mencari sekolahnya ini yang susah, kebetulan aku dapat beasiswa fullbrigth S-2 di Amerika ini,” ujar pria yang dinobatkan menjadi lulusan terbaik program S-2 itu. Komikus sudah menjadi cita-cita Chris sejak kecil. Kecintaannya kepada buku cerita bergambar itu dimulai ketika dia duduk di bangku kelas 3 SD. Chris sangat menyukai komik petualangan Tintin.

Hobi membaca tersebut kemudian berkembang menjadi hobi menggambar komik. Umur 13 tahun, Chris sudah mahir membuat tokoh-tokoh komik buatannya sendiri.Komik pertama yang dibuatnya adalah adaptasi dari animasi Centurion. “Film ini dulu ditayangkan di TVRI, aku gambar sendiri ke dalam versi komik,” ujarnya. Komiknya itu sempat “terbit” tiga jilid. Tentu saja, hanya di kalangan terbatas, beredar dari tangan ke tangan melalui teman-teman terdekatnya saja.

Hingga 1998, anak pasangan Lie Hong Ing dan Tan Hwa Kiem ini benar-benar mempunyai komik yang diterbitkan, berjudul Katalis. Setelah itu, beruntun karyanya mulai menghiasi sejumlah toko buku dengan Amoeba, Petualangan Ozzie, Ophir, dan 16 judul buku lainnya. Kepiawaiannya menggambar komik dikukuhkan dengan beragam gelar juara tingkat Asia. Mulai MTV Faces of the Millennium (2000), AXN-Asia Strip Contest (2001 dan 2002), serta Singapore Comic Competition (2002).

Setelah itu, kiprahnya semakin tak terbendung. Selama menjalani kuliah S-2, Chris sempat magang di Devil’s Due, penerbit yang memegang lisensi komik GI Joe. “Secara tak terduga, desainku disukai Hasbro (perusahaan mainan raksasa pemegang lisensi pusat GI Joe),” paparnya. Perusahaan itu menyukai gaya desain dan gambar karya Chris.

Sejak akhir 2004, Chris terlibat proyek yang berkaitan dengan GI Joe Sigma 6, yang merupakan reinkarnasi serial GI Joe. “Karakternya tetap sama, hanya konsep dan penggambarannya yang dibuat modern, disesuaikan dengan budaya masa kini,” imbuhnya.

Chris menangani pembuatan desain action figures, ilustrasi untuk cover DVD, packaging, dan bentuk promosi lainnya yang berkaitan dengan komik tersebut. “Seperti mainan dan bentuk-bentuk promosi lain di Burger King dan beberapa restoran besar lainnya,” sambung penggemar tokoh Spiderman itu. Sekitar 25 buah action figure GI Joe Sigma 6 lahir dari tangannya.

Kreativitasnya tak berhenti hanya di situ. Chris mulai merambah ke komik-komik lainnya. Sejauh ini, komik karyanya yang sudah diterbitkan di Amerika, antara lain 6 buku GI JOe Sigma 6, GI JOe Arashikage Showdown (GN - Graphic Novel), Return to Labyrinth (GN) volume 1, Josie and The Pussycats short stories ( 12 buku), Dungeon and Dragons; Eberron volume 1.

Penggemar Srimulat itu juga sedang terlibat dalam proyek terbarunya, Return to Labyrinth. Dalam sequel dari kisah klasik Labyrinth (1986) yang diproduseri Jim Henson (kreator Muppet Show) dan George Lucas (Star Wars) itu, Chris bertindak sebagai ilustrator. Berkat karyanya ini, Chris mulai terlibat dalam berbagai even komik internasional, seperti San Diego Comic Con sejak 2004. “Terus terang, Comic-Con yang lalu memang sangat berkesan dibandingkan dengan event lainnya,” tuturnya.

Pasalnya, buku terbarunya itu habis terjual hanya dalam dua hari. Selain itu, gelaran diskusi panel yang menghadirkan dirinya dipenuhi ratusan penggemar komik. “Mereka rela antre untuk mendapatkan tanda tangan saya,” lanjutnya. Meski sudah meraup sukses, Chris mengaku belum sepenuhnya puas.

Saat ini, Chris sedang mengerjakan tantangan berikutnya berupa cerita pendek. Di proyek itu, Chris berkolaborasi dengan John Rogers, penulis cerita Transformer: The Movie. “Aku selalu antusias dengan semua karya baru, kita lihat saja nanti hasilnya,” imbuhnya lagi. Selain merampungkan cerita pendek itu, Chris juga ingin berkolaborasi dengan penulis Indonesia. “Aku sangat tertarik bikin Graphic Novel di Indonesia, ingin kolaborasi dengan novelis berbakat Indonesia,” tandasnya.

Sumber : jambi-independent.co.id



Jasa Online Desain dan Pemborong Rumah 021-73888872

Desain Rumah Minimalis Design Interior Eksterior Jasa Renovasi Bangunan Arsitektur Moderen Gambar 3D Animasi

Artikel Arsitek, "Arsitek-arsitek Mungil di Alam"

Artikel Arsitek, "Arsitek-arsitek Mungil di Alam"


Artikel Arsitek, "Arsitek-arsitek Mungil di Alam"

Binatang-binatang di alam sungguh menarik perhatian kita, terutama struktur tubuh mereka. Misalnya, citah memiliki sistem rangka dan sistem otot yang sempurna untuk berlari; elang memiliki desain aerodinamis paling unggul di dunia; dan lumba-lumba memiliki kulit serta tubuh yang diciptakan secara khusus, sehingga dapat berenang dan menyelam di air dengan sempurna. Gambaran tubuh binatang yang sempurna tanpa cacat ini adalah bukti untuk mengingatkan kita, bahwa tiap jenis makhluk hidup diciptakan oleh Allah.

Tapi, memiliki tubuh yang sempurna belumlah cukup. Sebab pada saat yang sama, binatang harus mengetahui bagaimana meng-gunakan bagian-bagian tubuhnya tersebut. Misalnya, sayap seekor burung hanya bermanfaat jika burung berhasil terbang, meluncur dan mendarat dengan sayapnya.

Berbagai satwa memperlihatkan keahlian mereka sejak saat mereka dilahirkan. Sebagai contoh, hanya perlu waktu setengah jam saja bagi bayi rusa yang baru lahir untuk berdiri dan berlari; bayi kura-kura yang sebelum menetas ditimbun dalam pasir oleh induk betinanya tahu, bahwa mereka harus memecah cangkang telur mereka dan bergerak ke permukaan pasir. Bahkan, mereka telah diajari bahwa segera setelah muncul di permukaan pasir, mereka harus mencapai lautan. Seolah-olah, semua binatang muncul di dunia ini dalam keadaan telah terlatih dengan baik.

Contoh paling menakjubkan dari ketrampilan mengagumkan yang dimiliki binatang adalah rumah yang mereka bangun sendiri dengan sangat ahli. Ketika kita memperhatikan arsitek-arsitek lain di alam, kita dapat dengan jelas melihat bahwa tiap-tiap mereka adalah keajaiban penciptaan. Marilah kita pelajari sebagian kecil saja dari ribuan contoh yang ada.

'Si Buta Pembuat 'Gedung Pencakar Langit'

Rayap adalah serangga kecil yang menyerupai semut. Mereka hidup berkoloni dan membangun sarang raksasa untuk diri mereka sendiri. Satuan terkecil pembangun sarang tersebut adalah bata-bata mungil yang terbuat dari tanah, yang dibuat rayap-rayap pekerja dengan mencampurkan air liur mereka sebagai bahan perekat. Ukuran sarang rayap kadang dapat mencapai tiga sampai empat meter. Arsitektur sarang yang menyerupai bangunan pencakar langit raksasa bila dibandingkan dengan ukuran tubuh rayap itu sendiri, sungguh sangat menakjubkan.

Bagian dalam sarang rayap dipenuhi dengan lorong-lorong sempit. Di bagian dalam lorong-lorong tersebut, terdapat sekitar satu setengah juta rayap yang bekerja bersama dengan keharmonisan yang luar biasa.

Ketika kita mengamati penampang melintang sebuah sarang rayap, kita akan menemukan sebuah bilik khusus untuk ratu, sejumlah areal pertanian, gudang-gudang penyimpan dan lorong-lorong pengatur kondisi udara.

Rayap melakukan pekerjaan pembangunan dan perbaikan sarang. Selain itu, mereka juga senantiasa siap menghadapi musuh yang mungkin datang, serta bercocok tanam dalam sarang mereka dengan menanam jamur.

Kelangsungan hidup populasi besar seperti ini tergantung pada kondisi terpenting, yaitu kestabilan suhu dalam sarang dan keseim-bangan kadar air. Pemecahan masalah ini benar-benar sempurna. Papan-papan paralel dibuat di areal atap sarang rayap ini. Papan-papan yang terbuat dari lumpur tersebut mampu menyerap kandungan air yang dikeluarkan oleh tubuh rayap. Air ini menguap akibat panas di bagian dalam dan keluar menuju bagian atas melalui celah-celah pengatur kondisi udara pada sarang tersebut. Penguapan ini menurun-kan suhu dalam sarang dan juga menjamin kesinambungan sirkulasi udara. Panel-panel dalam sarang rayap melakukan fungsinya sebagai pengatur kondisi udara secara sempurna tanpa cacat.

Terdapat contoh memukau lainnya tentang pengetahuan konstruksi rayap. Spesies rayap lain, yang hidup di dataran Australia Utara, membuat sarang dengan bentuk menyerupai pisau belati, yakni sangat lebar dengan bagian tepi yang sangat tipis. Rahasia sarang ini terletak pada posisi sudutnya terhadap matahari. Rayap membangun sarangnya dengan sudut tertentu sehingga pada siang hari, ketika matahari berada di puncak ketinggi-an, sangat sedikit permukaan sarang yang terkena sinar matahari. Dengan demikian, panas yang diterima menjadi minimum. Sudut yang sama dipakai pada setiap sarang rayap jenis ini tanpa kesalahan.

Tapi, yang sesungguhnya paling menakjubkan adalah rayap yang mengerjakan semua bangunan megah ini ternyata buta. Jadi, bagaimana makhluk teramat kecil yang tak mampu melihat barang sesentimeter pun di depannya, mampu membangun menara raksasa berdasarkan perhitungan teknik yang rumit? Bagaimana satu setengah juta rayap dalam satu sarang mampu melakukan kerjasama sempurna seperti ini?

Ahli biologi David Attenborough, seorang naturalis terkenal berkebangsaan Inggris, berkomentar tentang pertanyaan ini pada salah satu dokumentasinya:

masing-masing (rayap) pekerja meletakkan adonan lumpur pada suatu tempat tertentu sebagaimana diinginkan oleh sebuah Rancangan Induk. Bagaimana mereka mampu mengerjakan hal tersebut, kita masih belum mengetahuinya.

Rancangan luar biasa yang tidak dapat dimengerti manusia, namun dipatuhi rayap tanpa sanggahan tersebut, adalah ilham yang diberikan Allah kepada makhluk ini.

Apartemen Bertingkat dari Kertas

Makhluk hidup lain yang mengingatkan kita pada lebah madu dengan kemampuan arsitektu-ralnya adalah lebah liar pembuat kertas. Spesies lebah ini mengunyah kayu dan menggu-nakannya untuk membuat selulosa, yakni kertas, di dalam mulutnya. Lalu ia menggunakan kertas ini untuk membangun sendiri sarangnya yang melingkar.

Ia membuat kantung-kantung heksagonal-persis seperti pada lebah madu-dari kertas yang ia rekatkan pada bagian dalam atap rumah. Ia menempatkan satu telur pada masing-masing heksagon pada atap rumah. Sekitar tiga minggu kemudian, larva menetas dari telur-telur tersebut. Larva ini menunjukkan kecerdasan yang mengejutkan dengan menutup lubang kantung yang sengaja dibiarkan terbuka oleh induknya. Dengan cara demikian, mereka menghindarkan diri jatuh ke lantai karena beban tubuh mereka. Setelah tumbuh beberapa minggu, mereka muncul dari dalam kantung sebagai lebah liar dewasa.

Lebah liar muda ini tidak menyia-nyiakan waktu dalam menjalani kehidupan. Setiap kewajiban yang harus mereka kerjakan telah diilhamkan dalam diri mereka oleh Pencipta mereka, yakni Allah.

Lebah muda tersebut memperbesar bangunan yang telah dimulai oleh induk-nya. Pada akhirnya, koloni yang lebih besar muncul. Sarang lebah tersebut kini telah menjadi sebuah blok apartemen bertingkat. Setiap lebah liar yang lahir di sini akan patuh secara penuh pada ilham yang diberikan kepadanya.

Rumah dari Lumpur

Pot kecil, yang mungkin pernah Anda jumpai dalam hidup anda, telah dibuat oleh spesies lebah liar lainnya. Lebah liar ini membuat lumpur lengket dengan mencam-purkan air liurnya dengan tanah lembab. Ia membuat pot-pot yang sangat seragam dengan menggunakan lumpur yang dibuatnya. Ia membuat bentuk pada lumpur tersebut dengan memutarnya secara terus-menerus. Ini adalah teknik yang sama sebagaimana yang digunakan manusia dalam pembuatan pot. Ketika pot selesai dibuat, ia tidak lupa untuk memberi leher dan lubang potnya. Ketika segala sesuatunya telah selesai, lebah tersebut memutar pantatnya ke arah mulut pot dan meletakkan telur di dalamnya. Setelah menambahkan sejumlah bahan makanan ke dalam pot, ia menutup rapat lubang mulut pada pot dan terbang pergi. Larva-larva yang menetas dari telur tersebut akhirnya akan memecah pot dan keluar untuk memulai hidup mereka secara mandiri.

Lebah-lebah muda yang lahir, mulai membangun pot-pot sempurna, persis seperti yang dilakukan oleh induknya, tanpa menjalani pendidikan dan pelatihan terlebih dahulu. Ketrampilan sempurna yang mereka miliki diilhamkan dalam diri mereka oleh Allah, yang telah menciptakan mereka.

Oleh karena itu, yang seharusnya kita takjubi dan puji ketika menyaksikan segala bentuk keindahan, estetika dan kemegahan adalah kebesaran Allah, yang menciptakan dan mengilhami semua konsep ini sebagaimana yang Dia kehendaki pada diri makhluk hidup ciptaan-Nya.?

Sumber : harunyahya.com



Jasa Online Desain dan Pemborong Rumah 021-73888872

Desain Rumah Minimalis Design Interior Eksterior Jasa Renovasi Bangunan Arsitektur Moderen Gambar 3D Animasi