Senin, 06 Agustus 2007

Tips Buat Pencahayaan Ruang Hunian Minimalis

Pilih Warna Cerah
Meski minimalis bukan berarti tertutup kemungkinan untuk melakukan kreasi maksimal. Khususnya berkenaan dengan pencahayaan ruang hunian minimalis. Sesusi standar kesehatan, rumah harus memiliki pencahayaan yang cukup selain sirkulasi udara yang lancar.

Khusus pencahayaan ruang sendiri, pemilihan warna dinding ruang punya peran penting. Saiful menyarankan hindari warna gelap dan pilih warna lembut dan terang seperti warna pastel, gading atau krem. Karena mengacu pada sifat warna, cahaya akan terpantul kembali ketika menimpa warna terang. Sebaliknya, warna hitam atau gelap akan menyerap cahaya yang ada. Sehingga kesan ruang yang sempit kian sumpek.

Hindari Sekat Permanen

HUNIAN corak modern minimalis kini lagi ngetren di Batam. Tidak cuma untuk hunian kelas menengah ke atas namun juga hunian menengah ke bawah. Termasuk ruko mau pun rukan juga mengadopsi corak yang dicirikan dengan tarikan garis lurus dan bangun geometris ini.

Khusus hunian tipe menengah ke bawah, corak minimalis dianggap lebih menjangkau daya beli masyarakat. Namun, keterbatasan lahan tidak membuat hunian menjadi "minimalis" dalam penataan ruangnya. Kesan lapang dan lempang tetap bisa dihadirkan pada hunian sederhana ini.

Menurut Saiful Bahri, arsitek sekaligus pemilik Studio ArchiDesign, Rabu (4/10), kesan itu dapat disiasati dengan menciptakan penataan ruang yang meminimalkan sekat pembatas antar ruang. "Kalau pun menggunakan, pilih sekat temporer atau asesoris yang hanya berfungsi memisahkan namun tak membatasi," ucapnya seraya menyebut tirai sebagai contoh.


Tips lain, antara ruang tamu dan keluarga yang merupakan ruang publik dan semi publik bisa disatukan dengan meniadakan sekat permanen. Saiful menyebut, partisi bisa dimanfaatkan untuk jadi sekat interior ruangan ini. Atau gunakan dudukan tanah yang dikombinasikan dengan vas bunga. "Sehingga kesan lapang masih terlihat," ujarnya. Tujuannya agar struktur ruang tetap harmonis.

Jasa Online Desain dan Pemborong Rumah 021-73888872

Tidak ada komentar:

Posting Komentar